Resensi Buku “Dunia Sophie”

Bismillahirrohmanirrohim. Assalamu’alaikum Wr.Wb.Selamat siang para pembaca yang pastinya para pemburu buku *Sotoi gue :D. Sebelum mulainya dunia perkuliahan ada banyak waktu luang bukan bahkan buat yang maba diterima jalur undangan itu berbulan – bulan liburnya :D. Tapi gak kalah lama yang masuk lewat jalur lain juga ya, apalagi yang masuk jalur tes tulis perjuangannya pasti berasa deh hehe. Atau buat kalian kelas XII yang lagi bingung mau nentuin jurusan apa atau yang udah kuliah tapi galau – galau karena asal milih jurusan tanpa alasan, mungkin perlu baca ini “My Journey has Guided with Zenius

sophiesworld

Ada yang sudah pernah baca bukunya ? Saya harap belum sih kalian berkunjung kesini juga untuk mencari tahu atau kalian yang susah move on dari Sophie usai membacanya ? Apapun alasannya lanjutkan aja *Horasss :D. Buat para mahasiswa jurusan Filsafat khususnya ataupun yang di dalamnya berkaitan dengan materi filsafat (e.g. Psikologi, Matematika etc) saya sangat menyarankan buku ini sebagai bahan referensi bacaan menyenangkan untuk mengetahui sejarah filsafat, dipadukan dengan novel yang setiap babnya dibumbui aroma detektif.

Keterangan Buku.

Dunia Sophie Sebuah Novel Filsafat (Gold Edition)l

Judul buku : Dunia Sophie (Sophie’s World)
Penulis : Jostein Gaarder
Genre : Novel Filsafat
Bahasa : Indonesia. Originally published in Norwegian under the title Sofies Verden, 1991.
Penerbit : Mizan (Gold Edisi)
Cetakan : I. Agustus 2010, XI. Desember 2013, XII. Maret 2014
ISBN 978-979-433-574-1

Penulis.

JOSTEIN GAARDER lahir pada 1952 di Oslo, Norwegia. Dia memulai karier sastranya pada 1986 dengan kumpulan cerita pendek, kemudian disusul oleh dua novel untuk remaja. Pada 1990, dia menerima penghargaan dari Norwegia Literary Critics dan hadiah sastra dari MenDikBud untuk bukunya The Solitaire Mystery. Gaarder mengajar filsafat sebelum memulai karier menulisnya.

Pengantar Terbit

Dunia Sophie karya Jostein Gaarder ini adalah sebuah novel tentang sejarah filsafat sejak awal perkembangannya di Yunani hingga abad ke dua puluh. Buku ini pertama kali terbit pada 1991 dalam bahasa Norwegia dengan judul Sofie’s Verden dan hingga kini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari limapuluhtiga bahasa; duapuluhenam juta eksemplar tercetak, dengan tiga juta eksemplar terjual di Jerman saja.

Resensi Dunia Sophie

Seperti yang sudah dikutip sebelumnya Dunia Sophie menceritakan sejarah filsafat dari abad sebelum zamannya Socrates, zaman Socrates (Socrates, Plato, dan Aristoteles), abad pertengahan sampai abad ke 20 tepatnya saat buku ini ditulis yaitu tahun 1990an. Kalian akan dihadapkan dengan pertanyaan – pertanyaan mendasar yang sebenarnya dekat dengan kita tetapi kita tidak menyadarinya seakan hal itu adalah sesuatu yang membuang – buang waktu.

Dimulai dari bab pertama yang berjudul “Taman Firdasu ku” yang merujuk ke tempat tinggal Sophie. Kehidupan Sophie yang pada awalnya biasa – biasa saja sepertinya halnya anak 14 tahun lainnya, bermain, pulang sekolah bersama dsb, tiba – tiba dia dikejutkan dengan sebuah surat yang berisi “Siapakah kamu ?”, “Darimana asalnya dunia ini ?”. Yang mana membuat Sophie tergerak rasa keingin tahuannya dan mencoba menjawab dengan akal rasionalnya. Karena sebelumnya dia tidak pernah memikirkan hal itu. Tapi Sophie juga bertannya – tanya siapa yang mengirim surat itu. Karena dia tinggal di Oslo, Norwegia. Sedangkan pengirim surat yang dicap dari Lebanon dapat tersampaikan dalam waktu satu hari dan alamat yang sebenarnya Hilde Moller Knag tapi malah sampai di rumahnya, hal itu membuat Sophie kebingungan.

Bab berikutnya memaparkan tentang filsafat alam, kehidupan bahkan eksistensi manusia dipertanyakan dalam buku ini. Zaman eropa dari masa kegelapan sampai renaissans di kupas tuntas oleh buku ini. di bab berikutnya Sophie dikejutkan dengan bertemunya dengan si pembuat surat dan dia diberi tahu bahwa Sophie, si pembuat surat itu dan yang lainnya “apakah kita benar – benar nyata hidup atau hanya sebatas ide yang dikendalikan seseorang.”

Buku yang berjumlah 700an halaman ini cocok dibaca bagi orang yang ingin memperdalam Filsafat dengan santai dan mengubah pandangan terhadap filsafat yang seakan sulit dimengerti. Di buku ini kamu akan membaca novel sekaligus mengenal sejarah filsafat, serta kalian akan disuguhkan dengan beragam pertanyaan – pertanyaan seorang filsuf dan membuat kalian berfikir dengan rasionalis. Pembaca juga akan diajak berfikir layaknya seorang detektif filsuf karena harus mencari tahu kebenaran tentang kehidupan. Kelemahan buku ini tidak jelas akhirnya dan diserahkan kepada pikiran pembaca sekalian dan ada tutur kata yang lumayan sulit dicerna. Di samping itu saya sangat merekomendasikan buku ini menjadi bahan bacaan kalian.

Seputar Filsafat


Mengapa filsafat berasal dari Yunani ?. Kenapa filsafat tidak muncul di Italia, Arab ataupun India dan China ?. Jawabannya sangat simpel karena di Yunani, tepatnya di Athena, menggunakan sistem pemerintahan tanpa kasta. Rakyat diajak menuangkan pendapatnya, seperti demokrasi sekarang. Namun begitu Socrates yang berusaha mencari kebijakan, tepatnya mengubah, kepercayaan masyarakat setempat terhadap dewa – dewa dan mengajak mengkaji kembali dengan akal mereka, harus berakhir dengan meminum racun dan mati di usia mudanya. Socrates yang berusaha mencari kebijakan

Daftar pustaka :

Dunia Sophie

https://en.wikipedia.org/wiki/Jostein_Gaarder

Untuk download pdf dunia sophie boleh disini Dunia Sophie [Google Drive]

Facebook Comments

arifkeisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

8 thoughts on “Resensi Buku “Dunia Sophie”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: