Road to UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bismillahirrohmanirrohim. Assalamu’alaikum wr.wb.

Yosh selamat malam semuanya. Kali ini setelah dipikir baik – baik *Ciyee baik-baik kelagian gue mikir baik 😀 mungkin saya akan banyak posting tentang kuliahan gue. Soalnya jarang banget yang masuk ke kampus gue dari daerah sini, Ciamis dan sekitarnya. Bukan promosi sih tapi mengenalkan aja *Sama ajah yee :D. Tapi ga apalah yang penting pada manfaat bae postingannya hhee.

Logo_UIN_Syarif_Hidayatullah_Jakarta
Logo kampus ane.

Mungkin postingan seperti ini ga akan panjang – panjang seperti yang sebelumnya. Karena frequensinya yang banyak jadi rada ribet kalau banyak – banyak mah hehe. Oh ya kalau ada yang mau menghabiskan waktu baca buku aja deh, kan baca buku itu jendela ilmu. Baca ini deh “Resensi Buku Dunia Sophie“. Dijamin itu buku seru banget (Jangan lupa beli yang asli ya Respect to the author).

Cara menuju kampus 1 UIN Jakarta


Buat kalian Mahasiswa Baru tentunya mengunjungi kampus untuk pertama kali merupakan hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Karena jika sebelumnya belum pernah menjamah kampus tersebut kalian akan dipusingkan naik apa kesana, harus turun dimana, disambung naik apa, dan sebagainya *Jujur aja deh kalian pada rindu moment pertama masuk kampus, buat yang sudah keluar atau yang sudah mau wisuda :D. Admin sendiri banyak mengalami lika – liku menuju kampus UIN SyaHid, mulai dari banyak tanya ke petugas kereta atau sopir bahkan ke nenek2 yang melintas, *enggalah masa nenek – nenek garing oke sip :D, sampai ke salah naik angkot :D. Tapi yang paling penting kita berani bertanya dan lakukan saja, jika kalian tidak Suudzan akan ada yang berbuat jahat maka kamu akan berasa dikelilingi oleh orang jahat begitu sebaliknya. Jadi Husnudzan saja Insya Allah orang sana pada baik asal kitanya baik. Oke langsung saja buat MaBa yang dari Priangan Timur (Pangandaran, Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang atau Bandung) atau daerah yang searah bisa naik beberapa transportasi diantaranya :

  1. Naik Kereta : Jika rumahnya deket stasiun bisa naik kereta Serayu, Purwokerto – Pasar senen, nanti berhenti di Pasar Senen. Lanjut naik KRL (Commuter Line) jurusan ke Bogor atau Depok, transit di Tanah Abang, lanjut naik jurusan Parung, Serpong atau Maja. Turun di Stasiun Pondok Ranji. Setelah itu naik angkot S10 turun di pertigaan UIN dan jalan ke selatan sedikit. Estimasi biaya dan Jadwal* : Kereta Serayu Rp. 67.000, Commuter Line : Rp. 3.000 dan Angkot S10 : Rp. 5.000. Jadwal kereta Serayu : Ada dua pagi dan malam jadwal tergantung stasiun masing – masing. *Harga dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu. Atau yang dari Bandung bisa naik Argo Parahiyangan jurusan Bandung – Gambir. Lanjut naik KRL dari stasiun terdekat dari Gambir ke Manggarai, Transit dan pindah arah ke Tanah Abang dan lanjut yang ke Pondok Ranji.
  2. Naik Bus Budiman: Pertama naik Bus Budiman. Jika naik bus Budiman maka akan turun di Pasar Rebo atau Kampung Rambutan jurusan Banjar/Tasik/Banjarsari/Pangandaran – Jakarta. Lanjut naik Koantas Bima 510 jurusan Kampung Rambutan – Ciputat. Dan turun di depan kampus UIN satu. Estimasi biaya dan Jadwal : Belum mencoba. *Jadwal bus budiman tiap jam sampai jam 23.00
  3. Naik Bus Primajasa : Yang dari Pangandaran, Banjar dan Ciamis harus naik bus kota dulu yang jurusan Tasikmalaya dan turun di Pool Primajasa. Kemudian naik bus Primajasa jurusan Tasik – Lebak Bulus. Kalau turun di Lebak Bulus lanjut naik angkot D01 (Jurusan Ciputat – Kebayoran Lama) atau D02 (Jurusan Ciputat – Pondok Labu) turun di depan kampus UIN satu. Estimasi biaya* : Bus kota Rp.10.000, Bus Primajasa Rp. 60.000 dan Angkot : Rp. 5.000
  4. Naik pesawat : Gue belum nyoba :D. Kalo iya naik aja turun di Pondok Cabe, pamulang.

Cara menuju kampus 2 UIN Jakarta


Setelah membaca yang di atas mungkin kalian pada dapet Fakultas yang ada di Kampus dua seperti F. ISIP, F. Psikologi, F. Kedokteran, Pascasarjana, Syahida Inn, Pusat TIK Nasional dsb. Hanya tinggal melanjutkan perjalanan lintas Jl. Kerta mukti (ada gapura UIN Kampus II) naik Ojek, Gojek atau Grab, naik taxi, naik becak atau jalan dengan jarak kurang lebih 500m dari Jl. Ir. H. Juanda (Kampus I UIN).

Info : Buat yang berasal dari priangan bisa gabung dengan KBM Galuh Jaya. Sebuah oraganisasi resmi, punya asrama, untuk mahasiswa Ciamis, Banjar, Pangandaran yang kuliah di JaBoDeTaBek. Lokasinya di Ciputat dekat kampus UIN.

N.B : Kahade nyasab di lembur batur tah, ulah hilap tataros ka petugas sapertos Polisi, ulah naros kanu nu ditato atawa rarai na nu salangar mah panteus nyasab oge. Ulah hilap oge ngadu’a ka gusti anu maha nangtayungan. *Butuh terjemahan komen aja 😀

Yosh sudah hanya itu saja untuk kali ini tentang Road to Kampus 1 dan 2 UIN Syahid tunggu postingan saya berikutnya yaitu “Pengalaman Ikut TOEFL dan TOAFL” di UIN Jakarta. Jika dirasa info belum cukup tinggal komentar aja di bawah atau hubungi : aripviker@gmail.com

Sumber : Pengalaman pribadi.

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

3 tanggapan untuk “Road to UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: