Mengenal Anak Autis dari Sebuah Film. Review Film Kuchibiru ni Uta o

Yosh selamat siang.

Mengenai anak autis, banyak orang yang sering salah kaprah dibuatnya. Bahkan sering mendiagnosis sendiri orang yang cenderung normal atau tidak memenuhi kriteria anak autis. Karenanya, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat anak autis, kamu bisa menonton film ini. Namun, dalam film ini, aktor yang berperannya sudah dewasa, jadi untuk yang autisnya anak-anak mungkin sedikit berbeda hhee.


Disamping itu, film ini menyajikan juga pemandangan indah [Kamu bisa membaca rekomendasi anime berlatar indah disini] pulau di prefektur Nagasaki, dan paduan suara yang sangat merdu loh. Coba aja nonton aman kok bagi semua umur dan dijamin seru.

Informasi Film

Judul

Judul            : Kuchibiru ni Uta O (    唇に歌を). Have A Song on Your Lips (English).

Tahun            : 28 Februari 2015

Adaptasi        : Taishi Mori (Manga) dan Eiichi Nakata (Novel)

Negara            : Jepang

Genre            : Drama, Musik, Remaja

Produser        : Mitsuru Uda

Retrieved from    : Youtube.com

Tokoh

kuchibiru-ni-uta-wo-2015-mkv_snapshot_00-32-00_2015-09-25_21-33-21 Ritsunodorama
Sumber : Ritsunodorama
  • Yui Aragaki – Yuri Kashigawa
  • Yuri Tsunematsu – Nazuna Tsunematsu
  • Shota Shimoda – Satoru Kuwahara
  • Wakana Aoi – Chinatsu Sekiya
  • Kyoka Shibata – Eri Tsuji
  • Mayu Yamaguchi – Kotomi Hasegawa
  • Hayato Sano – Keisuke Mukai
  • Hibiki Muroi – Riku Mitamura
  • Fumino Kimura – Haruko Matsuyama
  • Kenta Kiritani – Tetsuo Tsukamoto
  • Daichi Watanabe – Akio Kuwahara
  • Hideakazu Mashima – Yuki Nakamura
  • Hikari Ishida – Sizuru Nakamura
  • Tae Kimura – Teruko Kuwahara
  • Shigemitsu Ogi – Koichi Kuwahara

Sinopsis

maxresdefault
Sumber: Google

Film ini merupakan film layar lebar dari Jepang yang dirilis pada tahun 2015 dan disutradarai oleh Takahiro Miki. Film ini menceritakan tentang seorang pianis berbakat yang sudah terkenal di Tokyo, Yuri Kashigawa. Ia memutuskan kembali ke kampung halamannya di Pulau Goto setelah sukses di Tokyo. Di kampung halamannya, dia mulai bekerja sebagai seorang guru sementara di sebuah sekolah menengah (SMP) sekaligus menjadi pembimbing bagi kelompok paduan suara sekolah, untuk menggantikan Haruko Matsuyama – teman masa mudanya yang mengambil cuti untuk melahirkan. Paduan suara ini sedang bersiap-siap untuk mengikuti sebuah kompetisi. Namun sikap Yuri yang dingin dan sangat bertolak belakang dengan Haruko membawanya dalam konflik dengan Nazuna, ketua paduan suara, serta anggota lainnya.


Karena lagu yang akan dibawakan paduan suara ini bercerita mengenai sebuah pesan di usia remaja, maka Yuri memberikan tugas untuk membuat surat dengan judul “untuk diriku 15 tahun mendatang”. Ternyata surat ini mengantarkan Yuri masuk dalam masalah hidup Nazuna serta salah satu anggotanya bernama Kuwahara yang mempunyai seorang kakak yang autis – Akio. Didalam suratnya Kuwahara menuliskan pikirannya tentang alasan kenapa ia dilahirkan yaitu untuk menjaga kakaknya yang mengalami keterbelakangan mental disaat orang tuanya nanti sudah tidak ada.

Ciri Anak Autis

autism
Sumber Google

Pada film ini terdapat seorang anak yang bernama Akio yang mengidap gangguan autisme. Autisme adalah gangguan perkembangan parah yang dicirikan oleh masalah mendalam pada interaksi sosial, komunikasi, perilaku stereotip, minat dan, aktivitas. Gejala-gejala autism spectrum disorder dalam DSM V antara lain yaitu :

  1. Defisit yang terus-menerus dalam komunikasi sosial dan interaksi sosial di berbagai konteks sebagaimana dimanifestasikan oleh hal-hal berikut :
    1. Defisit dalam timbal balik sosio-emosional, misalnya dari pendekatan sosial abnomal; ke mengurangi berbagi ketertarikan, emosi, atau afeksi; ke gagal merespon dalam interaksi sosial
    2. Defisit dalam perilaku komunikatif non-verbal yang digunakan untuk interaksi sosial, misalnya dari integrasi komunikasi verbal dan non-verbal yang buruk; ke abnormal dalam kontak mata dan bahasa tubuh atau defisit dalam memahami dan menggunakan gerak tubuh; ke kekurangan total dalam ekspresi wajah dan komunikasi non-verbal.
    3. Defisit dalam mengembangkan, mempertahankan, dan memahami hubungan, misalnya dari kesulitan menyesuaikan perilaku agar sesuai dengan berbagai konteks sosial; kesulitan dalam berbagi permainan imajinatif atau dalam mencari teman; tidak ada minat pada teman sebaya.


  2. Pola perilaku yang dibatasi dan berulang sebagaimana dimanifestasikan setidaknya dua dari hal-hal berikut :
    1. Stereotipe atau pergerakan motor yang berulang, menggunakan objek, atau perkataan (misalnya stereotipe motor sederhana, menyusun mainan atau membalikkan objek, echolalia, frasa idiosyncratic)
    2. Ketekunan pada kesamaan, kepatuhan yang tidak fleksibel terhadap rutinitas, atau pola ritual perilaku verbal dan non-verbal (misalnya, tekanan ekstrem pada perubahan kecil, kesulitan dengan transisi, pola pikir kaku, ritual ucapan, perlu mengambil rute yang sama atau makan makanan yang sama setiap hari)
    3. Minat sangat terbatas yang abnormal dalam intensitas atau fokus (misalnya keterikatan yang kuat atau keasyikkan dengan benda-benda yang tidak biasa, kepentingan yang terlampau lebar atau persuasif)
    4. Hyper- atau hyporeactivity dalam input sensori atau minat tidak biasa pada aspek sensori dari lingkungan (misalnya, ketidakpedulian yang jelas terhadap rasa sakit/suhu, tanggapan balik yang merugikan terhadap suara atau tekstur tertentu, mencium bau yang berlebihan atau menyentuh objek, daya tarik yang sangat kuat terhadap cahaya atau pergerakan).

Download dan Tonton Filmnya





Atau kamu bisa download disni [Download Kuchibiru ni uta O sub Indo]

Daftar Pustaka

American Psychiatric Association, (2013), Desk Reference to the Diagnostic Criteria from DSM-5, Washington DC: American Psychiatric Association.

Wikipedia, “Kuchibiru ni Uta o”, Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Kuchibiru_ni_uta_o. Diakses tanggal 25 Mei 2018.

Isi artikel ini dibuat bersama dengan teman sekelas saya sebagai tugas analisis film

Oke untuk kali ini dicukupkan sampai disini. Semoga kamu bisa lebih mengenal lebih dalam tentang gangguan-gangguan dalam psikologi. Meskipun kamu bukan akademisi psikologi, kamu juga perlu mengetahui gangguan tersebut. Gangguan autis memiliki sebab kebanyakan lewat turunan. Namun spesifiknya belum diketahui penyebab keturunannya. Untuk kamu yang ingin mengenal gangguan lain karena stres dalam psikologi bisa dibaca disini [Gangguan Kepribadian Ganda dan Gangguan Disosiatif lainnya].

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bisa mengirimkan itu ke e-mail : arifbudimanalfariz@arifkeisuke.com

Kata Kunci : Mengenal Gangguan Autis, Nonton Film Kuchibiru ni uta o sub indo, Download kuchibiru ni uta o sub indo, film tentang gangguan Autis, film dengan lagu yang merdu.

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: