Cara Mendapatkan Instalan Windows Resmi atau Legal dan Download di IDM

Saat ini rata-rata pengguna komputer atau laptop pasti menggunakan sistem operasi dari microsoft. Coba kamu perhatikan setiap komputer milik teman atau tetangga kamu pasti mereka menggunakan windows sebagai sistem operasinya. Ini memang tidak bisa ditampik, karena kepopuleran windows dan lebih mudah digunakan banyak kalangan.

1_72cktuehSngJboCjBkOXew Monday Note com
Sistem operasi populer dari desktop dan android. Source: Mondaynote.com

Berdasarkan data yang dikeluarkan GlobalStats, pengguna Window di dunia mencapai 82.88% loh, diikuti OS X sebesar 12.52% dan sisanya yang lain seperti Linux dsb. Dari data ini dapat kita simpulkan bahwa windows masih merajai dan mendominasi pasar dunia. Pantesan Bill Gates, sang pencipta Microsoft, menjadi orang terkaya di dunia.


Namun dalam platform secara keseluruhan baik di mobile dan di desktop sistem operasi android mengungguli pesaingnya, mungkin ini karena smartphone lebih banyak dimiliki.

Di dalam sistem operasi windows, pendatang baru Windows 10 menjadi penguasa komputer di dunia per Juli 2018 dengan pengguna sebesar 47.25% yang mengalahkan veterannya. Pendahulunya yaitu Window 7 hanya 39.06% diikuti win 8.1, Xp, win 8, dan win vista.

Padahal perlu kamu tahu, windows itu berbayar alias engga gratis. Yang dapet gratis itu versi bajakan atau illegal, sama seperti saya hehe hayo loh. Penggunaan aplikasi yang tertanam dalam piranti komputer kita akan rentan terkena pembajakan atau bahaya deh intinya bagi data kamu.

Lalu bagaimana dong untuk dapat yang legal ?

Freya-system-settings-tool Linux Com
Linux juga keren loh, tuh mirip MacOS. Source: Linux.com

Di luar sana sebenarnya ada beberapa sistem operasi yang tersedia dengan gratis, tapi ya belum banyak dilirik serta kurang friendly baik sama user atau piranti pendukungnya. Sebagai contoh nih, bukan promosi tentunya wkwk, sistem operasi dari Linux tersedia gratis bagi pengguna komputer atau laptop. Linux yang tentunya lebih murah dan tidak melanggar hak cipta bagi pembuatnya dapat melindungi komputer kamu.

Di samping itu juga linux
tidak memakan hardware yang terlalu besar. Namun, stigma ketika menggunakan linux yaitu hanya dipakai untuk mereka yang sering hacking komputer, ya ga ?. Padahal benar juga hehe. Karena linux lebih mendukung untuk kamu yang hobi mengulik source code sistem operasi ini untuk kinerja yang lebih otipmal dan maksimal boleh.

Jadi ngelantur ya wkwk, tapi tidak juga karena ini membahas sistem operasi yang legal.

Langsung saja ke pointnya yuk.

Hal yang harus kamu persiapkan

Jika kamu sudah memiliki lisensi sebelumnya baik itu window 7, kamu bisa mengupgrade nya ke window 10 loh dan tentunya legal.

Dell_Alienware_17_1920 microsoft com
Windows 10 memang mantap. Source: Microsoft.com

Kedua pastikan kamu menggunakan aplikasi google chrome untuk lebih mudah dan sama.

Setelah google chrome kamu terpasang di desktop, kamu harus memasang plug in atau extension tambahan. Coba kamu cari User-Agent Switcher for Chrome di google seperti gambar di bawah ini.

Screenshot (135)
Coba klik yang paling atas.

Kemudian kamu akan masuk ke halaman di bawah ini, dan tekan Add to chrome di atas.

Screenshot (136)
User-Agency Switcher for Chrome

Hasil pemasangannya akan kamu lihat di pojok sebelah kanan di atas.

Kemudian kamu harus juga memasang aplikasi internet download manager atau lainnya yang sering kamu gunakan. Dan jangan lupa juga kamu harus memasang extension nya di google chrome dengan nama yang sama biasanya. Untuk saya karena memakai IDM sudah terpampang foto di atas extension IDM berdekatan sama User-Agent Switcher for Chrome tadi.

Langsung Menuju TKP

Oh iya, sebelumnya ini bagi kamu untuk mengupgrade sistem operasi windows 7 kamu ke windows 8.1 atau windows 10.

Pertama, kamu bisa masuk ke website microsoft dengan menggunakan link berikut [Software Download Microsoft]. Disana kamu akan menjumpai download software untuk window 10. Namun jika kamu ingin mendownload windows 8.1, kamu bisa pilih di menu “Windows” di atas lalu pilih window 8.1, selebihnya sama saja.

Kamu akan menjumpai halamannya seperti berikut;

Screenshot (138)
Tampilan sebelum menggunakan Extension

Sebenernya, kamu bisa juga mendownload secara langsung dengan memiliki “Download tool now“, namun prosesnya akan memakan waktu yang lama dan koneksinya harus super stabil. Kalau tidak begitu ya bakalan gagal di tengah jalan.

Untuk itu kita menggunakan User-Agent Swticher for Chrome.

Coba kamu klik tandanya di atas kanan, kemudian pilih mode safari dan pilih mac safari 7 atau apapun itu mau yang Firefox terus Mac Firefox 33 atau Pakai Internet Explorer yang harus pakai IE Versi 7. Yang panting kamu bisa menemukan halaman yang seperti di bawah ini.

Screenshot (139)
Halamannya harus kayak gini gan.

Setelah itu kamu tinggal sesuaikan saja dengan yang mau di download. Misal pilih edisi windows 10 lalu tekan tombol konfirmasi.

Setelah proses konfirmasi kamu akan disuruh untuk memilik waktu dan bahasa atau region windows yang kamu inginkan. Saya asumsikan pilih English International saja ya. Lalu pilih konfirmasi.

N.B. Jangan harapkan ada bahasa Indonesia ya wkwk.

Setelah itu, pilih versi berapa bit windows yang kamu inginkan. Biasanya saya pilih 64-Bit. Perbedaan simple nya yaitu aplikasi yang support 64-bit tidak bisa digunakan di 32-bit. Namun tentunya ada perbedaan lainnya juga guys.

Setelah kamu pilih versinya, kamu hanya perlu menunggu link generate dari IDM. Atau jika tidak muncul juga, kamu bisa mengcopy linknya dengan cara klik kanan lalu Copy link address. Selanjutnya kamu hanya perlu mempaste link tersebut ke add url di IDM atau aplikasi lainnya, dan Happy downloading.

Untuk kamu yang menggunakan Mozilla tinggal pilih Add ons yang sama di halaman add ons.


Well, mungkin begitu saja untuk kali ini. Tinggal kamu jalankan atau lakukan instal ulang desktop atau laptop kamu. Buat kamu yang pengen tahu cara instal ulang perangkat, mungkin nanti akan saya bagikan beberapa caranya baik lewat flash disk atau lewat Compact Disk atau CD.

Bagi kamu yang ingin tahu cara membuat blog ayo kunjungi ini [Cara membuat blog mudah dan cepat]

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bisa mengirimkannya ke e-mail : aripviker@gmail.com .

Kata kunci: Cara download Windows dengan Legal, Cara mendapatkan windows resmi, Mendapatkan windows dengan gratis dan resmi.

 

Facebook Comments

arifkeisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: