Rekomendasi Anime Dengan Latar Cerita Masa Lalu dan Sejarah Keren

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan memuat artikel mengenai rekomendasi anime dengan latar cerita masa lalu dan sejarah keren. Artikel ini hanya berupa saran subjektif yang hanya sepengetahuan penulis saja.

Yuk bagi kamu yang ingin menghilangkan penat dengan nonton anime bisa dibaca artikelnya hingga tuntas!.


Rekomendasi Anime Berlatar Sejarah dan Masa Lalu

Gerbang sejarah 1000 di Jepang. Source: Pexels.com

Menghilangkan penat dari segala kesibukan dan tuntutan weekday memang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Salah satu caranya yaitu bisa nonton anime, jalan-jalan ke luar, kumpul bersama keluarga, membantu orang lain dsb. Ini bisa menjadi strategi coping diri dalam menangkan stres. Sebab tidak ada yang ingin larut dalam stres yang berkepanjangan dan tidak terselesaikan. Dampaknya bisa sangat fatal jika stres sudah menahun loh.

Baca juga: Rekomendasi Anime dengan Latar Pemandangan Indah Part 1

Di sini saya hanya akan menawarkan salah satu strateginya yaitu dengan menonton movie atau anime. Anime memang terdengar kekanak-kanakan. Namun tentunya alur cerita ataupun segala sudut seninya tidak bisa dipahami oleh anak-anak. Terlebih menonton anime dalam artian positif bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik setelah weekend berakhir.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan rekomendasi anime berlatar pemandangan indah, dipenuhi sawah, dan desa yang mengagumkan membuat hati tenang. Selain itu ada juga anime misteri yang bakal melibatkan pikiran kita untuk ikut di dalamnya. Nah kali ini, yuk simak rekomendasi anime dengan jalan cerita masa lalu dan sejarah yang bisa kamu tonton.

Katsugeki Touken Ranbu

Anime tentang sejarah Jepang. Source: Anime-Planet.com

Anime ini menggunakan periode waktu masa depan dan masa lalu. Masa depan di sini karena waktu yang dipakai memang tahun 2025. Tahun tersebut memiliki teknologi yang sangat mumpuni yaitu bisa menghidupkan objek benda mati. Di waktu yang sama mereka kembali ke masa lalu untuk mengusir roh jahat yang ingin mengubah masa lalu.

Satu hal yang jadi problematika yaitu benda mati yang berupa pedang tersebut tidak ingin menemui tuannya yang telah wafat. Mereka akan merasa tidak kuat jika bertemu dengan tuannya, sehingga misi untuk mempertahankan sejarahpun kadang kabur. Seperti dalam adegan episode terakhir ketika dua pedang Hijikata menyaksikan fakta tentangnya. Yuk simak aja, dijamin seru deh suasana jaman awal Meiji muncul di Jepang. Yang mana polemik tradisi dan modern akan beradu.

Akatsuki no Yona

Ini bercerita dalam kerajaan guys. Source: Amazon.com

Ini memang bukan diadaptasi dari sejarah Jepang, namun suasana dalam anime ini yang mencirikan masyarakat jaman dulu jauh dari kemajuan teknologi. Anime yang berpusat dalam beberapa kerajaan dan anime mengalir di pemain utama yaitu Yona. Yona harus mengumpulkan naga supaya bisa merebut tahta keluarga kerajaannya kembali.

Anime ini tentunya sarat akan suasana masa lalu. Bagi kamu yang memang rindu sesuatu yang saat ini tidak ada, bisa menikmati anime ini. Kamu akan terbawa kembali ke jaman abad sebelum mesin uap ditemukan. Yuk dilihat aja animenya.

Gintama

Nah anime akhir jaman Edo masuk ke era Meiji. Source: Flickr.com

Jika kamu perhatikan anime Gintama, anime ini merupakan parodi dari sejarah Jepang ketika membuka diri dari isolasi. Gintoki yang diidentikan dengan pedekar samurai terakhir dan kawan-kawannya sangat membenci amanto (orang barat dalam sejarah asli). Sehingga Gintama memiliki kemiripan dengan Katsugeki Touken Ranbu. Dimana Hijikata dengan Shinsenguminya menjadi polisi keamanan di Jepang pada masanya.

Baca juga: Anime Berlatar Pemandangan Indah Part 2

Kalau saya perhatikan, anime ini sebagai kritik terhadap sejarah ataupun pandangan mangaka pada perubahan Jepang ketika masa transisi Jaman Tokugawa atau Edo ke Jaman Meiji. Coba kamu perhatikan saja, jalanan masih tanah tapi sudah memiliki pesawat super canggih layaknya film sci-fi lainnya.

Hotaru no Haka

Lumayan sedih loh gan. Source: Flickr.com

Hotaru no haka menawarkan kisah hidup ketika Jepang berada dalam Perang Dunia II. Sang pembuat cerita berusaha menampilkan kehidupan rakyat Jepang ketika masa-masa kekalahan perang. Rakyat menderita bahkan kesusahan pangan dan kehilangan orang terkasih, harapan, impian di mana-mana. Terutama berpusat di Setsuko dan Seita yang masih anak-anak dan ditinggal mati kedua orang tuanya.


Nasib mereka setelah Jepang kalah Perang Dunia II tahun 1945 sangat mengkhawatirkan. Terlebih ketika mereka harus hidup dalam gua dan berujung pada kematian Setsuko.

Kaze Tachinu

Salah satu scene menenangkan. Source: Devianart

Masih di masa Perang Dunia II, kali ini cerita berpusat pada seorang tokoh penting Jepang yaitu Jirou Horikoshi. Kalau di Indonesia mah Habibie. Jirou memiliki impian untuk membuat kapal terbang yang canggih di masanya. Akhirnya muncul pesawat Mitsubishi A6M Zero yang digunakan Jepang untuk menyerang Pearl Harbour.

Di sini juga mengkisahkan bagaimana kehidupan di Kanto pada tahun 1923, yang mana terjadi gempa besar yang meluluhkan Kanto. Film ini pokoknya mantaf betul, ditambah film ini merupakan rilisan dari Studio Ghibli.

Kono Sekai no Katsumi ni

Di salah satu sudut dunia ini. Source: Common Wikipedia

Masih bercerita pada tahun-tahun Perang Dunia II tepatnya tahun 1944. Saat itu Suzu Urano pindah ke kota Kure di Hiroshima dan menikah dengan Shuusaku Houjou. Mereka harus hidup dalam suasana pelik kesusahan kondisi perang. Namun pada tahun 1945 pengeboman mencapai Kure, sehingga menghancurkan kota tersebut dan mengubah gaya hidup masyarakatnya.

Baca juga: Nonton Anime Ini Kamu Akan Dibuat Berpikir Menyelesaikan Misteri. 10 Rekomendasi Anime Misteri Paling Seru

Suzu harus tetap hidup dan harus menjalani sepenuhnya meski kondisi yang sangat pelik ketika pengebom atoman di Hiroshima oleh militer AS. Semoga kita dapat mengambil pesan yang dalam ketika kondisi peperangan terjadi.

Mushishi

Anime bercerita pencarian makna hidup dari mushi. Source: myhotposters.com

Anime mushishi merupakan anime yang cukup supranatural. Mushi sendiri bisa berarti serangga ataupun bentuk kehidupan paling mendasar di dunia. Mereka mampu meniru dengan kehidupan di dunia ini. Dalam anime ini pertanyaan dan pencarian Mushi dilakukan oleh seorang Mushishi yaitu Ginko. Dia berusaha untuk menemukan apa itu Mushi. Jalan cerita anime ini merumuskan dan mengajarkan kita pada pencarian makna kehidupan.

Satsuberi: Miss Hokusai

Kanji anime Hokusai jaman Edo. Source: Common Wikipedia

Ketika tadi berada pada masa pelik transisi, kini masuk ke Jaman Edo. Cerita berpusat pada Tetsuzo. Dia adalah seorang seniman yang mampu menghabiskan hari-harinya demi karya yang menakjubkan dari Bodhidharma dengan ukuran raksasa. Terlepas dari itu semua, latar anime ini sangat khas dengan detail suasana Edo. Rumah-rumah kayu berjejeran dan kamu bisa menyusuri jalanan tanah keras.

Di sana sering terlihat pula cuplikan kehidupan jaman dulu yang berjalan kemana-mana. Scene yang saya suka dari anime ini yaitu ketika menampilkan kota Edo dari jembatan yang cukup ramai dikunjungi masyarakat saat itu. Pokoknya keren deh.

Golden Kamuy

Anime Golden Kamuy bercerita suku Ainu. Source: Holiekay

Cerita anime ini berada di Hokkaido. Ketika memasuki era Meiji, ada orang bernama Sugimoto. Dia dijuluki orang yang tidak bisa mati ketika perang Russo-Nippon di Era Meiji. Di Hokkaido dia berusaha untuk mencari emas untuk kehidupannya di Tokyo.

Baca juga: Review Film Little Forest Live Action. Keindahan Alam dan Kemandirian di Pedalaman Jepang

Namun selama disana dia menemukan petunjuk simpanan emas tersembunyi oleh pejabat yang korup. Sehingga dia bekerja sama dengan seorang gadis suku Ainu. Mitra tersebut juga sebagai sarana bertahan hidup di iklim dingin Jepang utara.

Battle of Surabaya

Anime karya anak bangsa loh. Source: Motasefilm.com

Setelah melanglang buana ke Jepang dan beberapa periodenya, terakhir mari kita pulang ke Indonesia. Animasi yang dibuat oleh Amikom ini merupakan anime yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia saat Perang Surabaya. Memang dalam anime ini tidak disorot secara langsung semua perjuangannya. Anime ini lebih berpusat pada kehidupan Musa dan Yumna. Mereka mengkisahkan jalan hidupnya pada masa itu.

Kamu akan menemukan kenangan masa lalu seperti barang-barang jaman dulu, suasana kehidupan yang menggambarkan masa itu. Sangat menenangkan dan natsukashii.

Penutupan

Weekend memang enak kalau diisi dengan ketenangan. Source: Pexels.com

Oke and that`s it. Untuk kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga dengan ini kamu bisa lebih bersantai dan menikmati hari libur di weekend meski banyak tugas numpuk. Anime ini memang tidak mencakup keseruan anime sejarah secara keseluruhan.


Bagi teman-teman yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini dan mungkin juga inign mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkan itu ke alamt e-mail: Aripviker@gmail.com

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

3 tanggapan untuk “Rekomendasi Anime Dengan Latar Cerita Masa Lalu dan Sejarah Keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: