Yuk Simak Teknis JLPT 2018 dalam Pengalaman Mengikuti JLPT N4 2018

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan memuat artikel mengenai pengalaman mengikuti JLPT N4 2018 日本語能力試験
N4. Tulisan ini akan syarat dengan makna subjektifitas penulis, karena memang penulis sendiri yang mengikuti JLPT N4 2018 ini.


Yuk bagi kamu yang memang berencana mengikuti JLPT N4 baik bulan Juli ataupun bulan Desember bisa disimak cerita saya mengikuti JLPT. Di sini juga akan diberikan tips belajar, teknis dan seputar JLPT lainnya. Yuk baca sampai tuntas!

Pengalaman JLPT N4

Sekapur Sirih

Cara mengikuti jlpt, lulus jlpt, pengalaman jlpt, seputar jlpt, jlpt n4, jlpt n2, jlpt n3, jlpt n1
tentunya semua orang ingin lulus jlpt. Source: Flickr

Sedikit berbeda mungkin bagi kamu yang masuk ke artikel ini dengan yang mencari JLPT N5. Pastinya sudah pernah mengikuti JLPT sebelumnya dan sudah tahu apa itu JLPT hehe. Itu akan mempersingkat pembahasan artikel ini, atau jangan-jangan kamu memang pertama kali dan langsung ngambil N4? It is ok, kamu bisa baca pengalaman saya sebelumnya di JLPT N5.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti JLPT N5 2017

Saya akan menjelaskan secara singkat saja untuk mengenalkan. JLPT atau juga Japanese Language for Proficiency Test atau
Jepangnya Nihongo noryokushiken
日本語能力試験 merupakan tes yang ditujukan bagi mereka yang memang bukan berbahasa ibunya Jepang. Tes ini seperti yang sudah diketahui memiliki 5 tingkatan dengan tingkatan 1 yang paling tinggi. Kamu perlu lulus paketnya untuk dapet sertifikat paket tersebut.

Kronologi JLPT N4 2018

Periode Pendaftaran

Seperti biasa, karena saya mengikuti tes bulan Desember, maka pendaftaran tes tersebut dilakukan di bulan akhir Agustus. Prosesnya kamu bisa mengunjungi website Jlptonline.or.id dan registrasi dengan mengisi informasi diri anda. Kemudian kamu akan diinformasikan untuk membayar beberapa uang. Untuk N4 biayanya sebesar Rp. 130.000. Kemudian kamu harus mengupload bukti pembayaran yang dituliskan nama, tanggal lahir, dan level test beserta foto diri untuk konfirmasi.

Oh iya pas pendaftaran itu, kamu akan dikasih kode regitrasi atau User ID dan password yang telah kamu buat diregistrasi. Nah User ID dan Password tersebut harus kamu ingat, supaya nanti bisa ngecek hasil ujiannya. Biasanya bulan Februari keluar bagi yang tes bulan Desember. So ingat itu ya guys!. Setelah kamu konfirmasi pembayaran, pihak penyelenggara akan mengirimkan detail nomor ujian kamu dan kota tes. Lebih detail mengenai lokasi tes akan diinformasikan dua minggu sebelum ujian dimulai ya.

Hari Tes JLPT N4

Dua minggu sebelum tes, saya mendapatkan e-mail dari pihak penyelenggara tentang lampiran di mana detail lokasi tes. Kebetulan saya mendapatkan tes di SMKN 15 Jakarta, tepatnya di deket Universitas Al-Azhar Indonesia atau Blok M. Saat itu juga saya sudah bisa mengunduh kartu ujian di Jlptonline.or.id. Kartu ini sifatnya penting dan harus kamu bawa ketika hendak ke lokasi ujian.

Oh iya, untuk lokasi tes N5-N3 rata-rata di sekitaran Blok M guys, jadi ga akan jauh dari sekolah-sekolah di sana. Sehingga kamu bisa memprediksi dan merencanakan akan naik apa dan jam berapa berangkatnya. Kebetulan untuk JLPT sendiri pasti diadakannya hari minggu guys.

Baca juga: Belajar Bahasa Jepang Secara Praktis ? Baca Buku Ohayou Gozaimasu

Baik kronologi pengalaman saya untuk tes kali ini seperti sebelumnya sih. Ketika ikut JLPT N5 saya berangkat sebenarnya dari Ciamis dan beruntung sampe Ciputat tepat waktu. Kali ini saya belum mempersiapkan kartu ujian dan membeli peralatan tempur buat ujian. Untuk kartu ujian itu hal yang gampang karena H-20 jam baru saya print wkwk.

Namun saya bingung masalah pensil dan temannya. Alhasil sebelum berangkat pertama kalinya beli paket pensil faber castell wkwk. By the way ternyata lupa mereka pihak panitia membawa pensil dan penghapus bagi yang tidak bawa, mantaf kan. So, bilamana kamu tak punya peralatan, tidak usah khawatir karena mereka akan memberikan pinjaman pensil dan penghapus loh.


Kemudian untuk jadwal tes JLPT dimulai jam 09.30 WIB, di waktu ini panitia memberikan arahan dan petunjuk. Ujian dimulai jam 10.00 untuk sesi pertama. Sesi pertama menguji pengetahuan vocabulary dan kanji. Waktu yang diberikan yaitu 30 menit dengan soal sekitar 35an. Kemudian istirahat hanya 10 menit di setiap sesi. Sesi ke dua dilanjut dengan bacaan dan Grammar atau bunpou dan diakhiri dengan sesi Choukai atau listening.

Baca juga: Buat Kamu Pembelajar Bahasa Otodidak, Daftar Situs Belajar Bahasa Asing Gratis Bisa Jadi Rujukan

Penting diperhatikan, untuk sesi listening kamu harus siap ketika bagian pertama yang biasanya dibacakan yaitu rei atau contoh. Setelah contoh biasanya akan langsung dimulai. Tanda dimulainya membacakan soal yaitu bunyi teng nong gitu deh pokoknya wkwk. Oh iya, untuk review tes kali ini yaitu kamu harus siap terdistrak jika kurang beruntung. Distraction ketika listening yaitu suara tape di ruang lain. Ini memang merugikan kita dan error hasil tes berada di luar kita sehingga ini tidak terstandard dengan baik. Terakhir, ujian JLPT berakhir tepat pukul 12.45 WIB. Saat itu kamu boleh keluar dan pulang.

Sedikit bercerita deh, ketika berada di dalam kelas peserta ujian akan ada beragam orang. Ada yang baru lulus SD, kawula muda, dan orang tua. Kamu juga harus membawa identitas diri ya. Untuk tes tadi kebetulan tidak benar-benar dicek. Namun bukan berarti bisa curang ya hehe.

Baca juga: Situs Belajar Online Secara Gratis

Oke deh mungkin informasinya hanya itu saja hehe. Selebihnya kamu harus terus berlatih untuk masalah kelancaran pengerjaan mah. Karena untuk N4 kanji yang dipakai yaitu N5 dan N4. Untuk kanji N4 dibagian selain pengetahuan kanji dan kosakata ada furigana nya, namun kanji N5 tidak ada. So, harap diingat-ingat lagi. Tambahan juga, di tiap sesi dibagi lagi ke dalam beberapa jenis pertanyaan, nanti ada contohnya di atas beserta cara menjawabnya. Jangan lupakan itu, karena pas dibagian memahami bacaan ini penting untuk diperhatikan.

Penutup

Bukankah damai lebih baik daripada bersitegang terus?. Source: Pexels.com

Untuk kali ini dicukupkan sampai di sini saja ya. Semoga apa yang kamu harapkan bisa tercapai dan terealisasikan. Saya harap artikel ini bisa menjadi sedikit pencerahan bagi kamu yang hendak mengikuti JLPT baik nanti bulan Juli ataupun bulan Desember. Sehingga tidak kaget ketika ujian dilaksanakan. Bagi yang kebetulan mengikuti JLPT tahun ini semoga hasilnya bisa seperti yang diinginkan ya.


Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkan itu ke alamat e-mail: Aripviker@gmail.com

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

3 tanggapan untuk “Yuk Simak Teknis JLPT 2018 dalam Pengalaman Mengikuti JLPT N4 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: