Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan kembali merekomendasikan salah satu buku yang bertema sejarah islam. Dalam buku ini, kamu akan diajak menyelami dan mengunjungi masa kejayaan islam mulai dari kondisi sebelum lahirnya Nabi Muhammad Saw sampai keruntuhan tiga raja besar yaitu Ottoman, Mugal dan Syafawi. Buku karya Firas Alkhateeb ini dituangkan dalam bentuk time line sejarah islam secara runut dan keadaan sosial, politik, ekonomi dsb tiap jamannya.


Yuk bagi kamu, penikmat masa lalu yang gagal move on, yang memang berminat meraup banyak pelajaran hidup dari sejarah bisa membaca artikel Memahami kejayaan islam dalam sejarah – resensi sejarah islam yang hilang; Menelusuri kejayaan muslim pada masa lalu. Ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal tentang buku tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengunduh atau membacanya secara online. Mari lanjutkan!

Memahami kejayaan islam dalam sejarah – resensi sejarah islam yang hilang

Informasi Buku

Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang.

Judul Buku    : Lost Islamic History; Reclaiming Muslim Civilisation from the past. Sejarah Islam yang Hilang; Menelusuri Kembali Kejayaan Muslim pada Masa Lalu

Penulis        : Firas Alkhateeb

Genre         : Sejarah, Non-fiksi

Bahasa        : Inggris; Alih bahasa (Mursyid Wijanarko)

Penerbit    : PT. Bentang Pustaka

ISBN        : 978-602-291-150-0

Baca juga: Nestapa, Khianat dan Genderang Jihad di Abad Pertengahan – Resensi Ain Jalut; Melawan Mitos Hulagu

Biografi Penulis

Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang.
Foto Firas Alkhateeb. Source: Islamicity.com

Penulis buku ini bernama Firas Alkhateeb. Beliau merupakan lelaki paruh baya yang bekerja sebagai peneliti sejarah islam di Universal School, Bridgeview, Illionis. Selain itu, beliau juga merupakan pendiri dari Situs Jaringan Lost Islamic History.

Baca juga: Kisah Perjalanan Rumi Menjadi Sufi dan Anak Angkatnya Kimya dari Desa Sampai Bertemu Rumi, Resensi Buku Kimya Sang Putri Rumi

Firas Alkhateeb menghabiskan studi Bachelor atau sarajannya dalam bidang sejarah di Univeristy of Illionis, Chichago. Saat ini beliau merupakan pelajar ilmuan tradisional islam.

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya

Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang.
Potret kehidupan sejarah. Source: islamicity.com

Buku sejarah islam secara diringkas menceritakan komunitas muslim secara ringkas dalam peradaban dunia dan mode yang mudah ditemui atau sederhana. Penuturan isi dan bahasa buku ini sangatlah sederhana. Meskipun bukan genre fiksi, Faris Alkhateeb mampu memilih diksi yang digunakan mudah dimengerti. Buku ini sangat cocok bagi kamu yang pertama kali membaca sejarah islam secara umum mulai dari sebelum kelahiran islam sampai 3 kerjaan kandas di tangan eropa.


Namun, jika kamu ingin mempelajari sejarah islam secara serius dan mendalam, buku ini bukan rekomendasi terbaik. Buku ini merupakan langkah awal untuk memperdalam setiap kejadian atau topik dalam sejarah islam. Penyajian buku ini memang ringkas, namun tetap berisi dan mengkisahkan keadaan beragam dimensi setiap lini masa.

Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang.
Hagiha Sophia merupakan warisan masa silam. Source: Thoughtco.com

Alur cerita ini seperti yang sudah disampaikan sangat runut dari Arab Pra-Islam. Dari sana, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan. Seperti bagaimana tepatnya implementasi Teori Ibn Khaldun tentang sebuah dinasti, yang mana generasi pertama merupakan kekuatan yang semangat dalam penaklukan. Keturunan selanjutnya tidak akan sama dengan sebelumnya yang mana telah terbuai dengan kenikmatan hidup dalam istana. Sehingga kerajaan-kerajaan Islam pada generasi ke tiga jika tidak terjadi perpecahan, mereka akan lenyap dari peradaban digantikan dengan yang lain. Akan tetapi, teori ini terpatahkan ketika Ottoman mengambil tampuh harapan dunia Islam ketika dalam kelumpuhan peradabannya.

Baca juga: Cerminan Perlakuan Pada Anak Spesial Dalam Sebuah Institusi Pendidikan. Resensi Buku Totto Chan Gadis Cilik Di Jendela

Pesan mendalam lainnya yang hendak disampaikan yaitu setiap Islam hampir hilang dari dunia ataupun melemahnya peradaban, tetapi mereka mampu menjadikan pusat peradaban kembali. Syarat yang harus dipenuhi adalah mampu memikirkan jalan keluar dalam permasalahan ketika jamannya dengan kombinasi masa lalu serta tuntunan islam. Ini dibuktikan dengan kebangkitan Ottoman dalam dunia muslim yang mana ketika itu Islam dilanda bencana besar. Ottoman mampu menyatukan antara paham Islam dengan gaya kerajaan politik mereka. Sehingga menjadi salah satu kerajaan besar terakhir dalam dunia Islam.

Yang hendak disampaikan Firas Alkhateeb adalah saat ini dunia islam dihadapkan dengan dua cara pandang dalam perpolitikan. Kebangkitan Saudi Arabia dengan paham mengembalikan cara Islam masa lalu dengan politik berjalan kelindan atau murni. Pandangan kedua yaitu mereka yang lebih moderat dengan mengkombinasikan paham nasionalisme dan sekulerisme. Kedua hal ini perlu dipikirkan dan ditemukan jalan keluarnya, hingga akan Islam mengambil tampuh kendali kembali dalam peradaban dunia seperti abad 1.400an.

Link Baca dan Download Buku

Bagi kamu yang memang tidak sempat untuk membeli buku ini, kamu bisa membaca online di [Baca Sejarah Islam Yang Hilan – Faris Alkhateeb].

Baca juga: Resensi Buku Dunia Sophie

Daftar Pustaka

Alkhateeb Firas, (2014), Terj. Mursyid Wijanarko, Sejarah Islam yang Hilang, Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Islam City, https://www.islamicity.org/by/firas-alkhateeb/

Penutup

Cerita menjadi seorang blogger, kisah menjadi blogger, makna hidup dari seorang blogger, manfaat menjadi blogger, suka duka menjadi blogger, mebangun blog, hidup menjadi blogger, menulis di blog
Pagi hari diidentikan dengan sebuah asa dan harapan baru, mari lebih baik. Source: Pexels.com

Oke, untuk kali ini hanya dicukupkan sampai di sini saja. Semoga kamu bisa lebih tertarik dan memiliki gambaran terhadap buku ini. Dengan mengenali buku ini kamu akan menemukan beragam pelajaran hidup yang dapat diimplementasikan di jaman ini. Bagaimana kejayaan muslim masa lalu bisa runtuh oleh kekuatan eropa, bisa diambil petikan pelajaran dan makna hidup.

Di samping itu, kamu akan mengetahui bagaimana pengaruh keruntuhan kerajaan islam terakhir dan kebangkitan beberapa paham yang mempengaruhi umat muslim saat ini. Selan itu juga, banyak sekali manfaat yang dapat diraih seperti pengetahuan runut sejarah Islam dsb. Semoga kamu bisa merenungkan kembali dari buku ini hingga mengambil manfaat darinya.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirmkannya ke alamt e-mail: Aripviker@gmail.com

Kata kunci: Download Buku Sejarah Islam yang Hilang, Buku Firas Alkhateeb, Baca buku Sejarah Islam yang Hilang, Rangkuman Sejarah Islam yang Hilang, Ringkasan Sejarah Islam yang hilang.

Memahami Kejayaan Islam dalam Sejarah – Resensi Sejarah Islam yang Hilang
Tag pada:            

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: