Manfaat Shalat Malam

Bismillahhirrohmanirrohim, Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat sore semuanya, terima kasih telah menyempatkan diri berkunjung ke blog ini :). Bagaimana kabar puasanya tamat kan so pasti malu sama anak 5 tahun juga sudah kuat sampe magrib masa kita yang dewasa mau kalah :). Mari kita sama – sama tingkatkan kualitas ibadah di bulan suci ini, semoga bulan ini bisa menjadi titik tolak kita menjadi umat islam yang berkualitas dalam hal beribadah.

shalat-tahajud
Yuk tingkatkan tahajud !

Ayat dan Tafsir perintah shalat malam


17_79
Q.S. Al Isra 17 : 79

  • Tafsir Quraish Shihab : Bangunlah pada sebagian malam dan laksanakanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan atas salat lima waktu yang telah kamu laksanakan, dengan harapan agar Allah menempatkan kamu di hari kiamat pada tempat yang dipuji semua makhluk.
  • Tafsir Jalalayn : (Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu) salatlah (dengan membacanya) yakni Alquran (sebagai suatu ibadah tambahan bagimu) sebagai amal fardu tambahan bagimu secara khusus bukan bagi umatmu, atau sebagai tambahan di samping salat-salat fardu (mudah-mudahan mengangkatmu) mendudukanmu (Rabbmu) di akhirat kelak (pada tempat yang terpuji) di mana semua orang yang terdahulu hingga orang yang kemudian memujimu karena kamu menduduki tempat tersebut; yaitu kedudukan memberi syafaat pada hari diputuskan-Nya segala perkara. Ayat berikut diturunkan sewaktu Allah memerintahkan Nabi saw. untuk melakukan hijrah.

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?…” [Az-Zumar/39: 9].

Bagaimana sudah membaca ayat tersebut beserta memaknai tafsirnya ? Semoga dengan membaca ayat tersebut bisa diberi keberkahan oleh Allah SWT Amiinnn.

Keutamaan Shalat Malam


  1. Dilapangkan Rezeki : “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata…” [As-Sajdah/32: 16-17].
  2. Dicintai Allah SWT : Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu anhuma ia menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللهِ صَلاَةُ دَاوُدَ، وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ: كاَنَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُوْمُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَيَصُوْمُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا.

    “Shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Nabi Dawud Alaihissallam dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Dawud Alaihissallam. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari.”[19].

  3. Sebagai Pengabul permohonan :
    Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)
  4. Do’a dikabulkan :
    “Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar ” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no. 758)
  5. Diampuni dosa : Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan
    penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

Bagaimana apakah masih tidak tertarik dengan menjalankan shalat malam ? Tapi sahabatku sebelum itu ibadah kita harus ikhlas dan dibarengi dengan hati yang bersih (Tidak Riya atau Ujub). Jika belum bersih maka segeralah bertaubat selepas shalat malam.

  • Firman Allah SWT tentang ikhlas beribadah : “Padahal, mereka tidaklah disuruh melainkan supaya beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan agama untuk-Nya dalam menjalankan ajaran yang lurus, mendirikan sholat dan menunaikan zakat. Demikian itulah agama yang lurus.” (QS. al-Bayyinah: 5)
  • Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali (Q.s An-Nahl : 142)

Demikian yang dapat diberitahukan tetapi manfaat shalat malam tidak hanya sampai disitu masih banyak lagi bahkan tidak terhitung nikmat-Nya. Semoga amal ibadah kita diridhoi-Nya. Mari tingkatkan kualitas ibadah sahalat malam bersama Insya Allah 🙂

“Uushiikum bis-shalaati, wamaa malakat aimaanukum (peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu)” – Wasiat terakhir Nabi Muhammad SAW

Referensi :

https://almanhaj.or.id/
http://www.fadhilza.com
http://tafsirq.com/17-al-isra/ayat-79
http://www.membacalah.com

Untuk keutamaan shalat subuh bisa dibaca disini : https://keblim.wordpress.com/2014/02/27/keutamaan-shalat-subuh/

 

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

3 tanggapan untuk “Manfaat Shalat Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: