Ikut UM atau Ngulang Tahun Depan ?

Bismillahirrohmanirrohim. Assalamu’alaikum wr. wb.

Halo halo hai semua. Gimana kabar kalian yang bentar lagi pada lebaran teh ? Apa kalian termasuk orang yang ikut mudik ? Baca ini dulu deh kalo iya dan berencana mengurungkan niat untuk mudik Idul Fitri, Sarana Menyambung Tali yang Putus. Oh iya jangan lupa isi survei ini dulu ya biar ke daftar gitu “Survei Pengunjung” (siapa tahu dapet hadiah :p). Sudah dulu ya cakap – cakapnya yang ngalor ngidul pelbagai obrolan ringannya.

Ngulang atau ikut

Kemaren tepat tanggal 28 Juni 2016 pukul 14.00 WIB penentuan nasib ke depan buat para alumni hehe. Bagaimana hasilnya ? Semoga baik ya. Yang diterima di PTN impian saya ucapkan selamat anda akan kuliah tahun ini dan yang belum keterima juga saya ucapkan selamat (Lah koq selamat apanya ?). Maksudnya yang masih belum lolos bisa memikirkan secara matang – matang planning pilihan prodi supaya sesuai passion. Toh yang keterima tahun ini juga belum tentu memilih jurusan yang sesuai passion nya (Bayangkan aja deh kesibukan kelas XII gimana :p). Menentukan passion adalah perkara yang susah – susah gampang sih. Intinya jika kalian sudah mengembangkan potensi dalam diri maka bukan perkara yang sulit memilah jurusan kuliah, lain hal nya lagi dengan orang yang belum paham akan potensi dan minat dalam dirinya hhe..

Pilih prodi

Menurut data pendaftar SBMPTN tahun ini sebanyak 721.326 orang sedangkan yang diterima berjumlah 126.804 siswa. Dengan rincian 25.506 yang lolos merupakan penerima bidikmisi. Tahun lalu berjumlah 115.788 siswa (16,7%) dari 693.185 pendaftar. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu meskipun tidak signifkan.

Nah sebenarnya gue disini bukan sebagai penghibur (Jika loe ingin dapet hiburan gak ada :p) atau juga pemutus mental untuk kuliah. Gue cuman mau ngejembrengin baik buruknya ikut UM atau ngulang SBMPTN tahun depan. Sebenernya tuh kalo ana ngasih semangat pasti sulit diterima or bosen dengernya hehe. Rasa kecewa bakalan hilang koq jika loe pada niat dan tentunya istiqamah ganabari nasai !.

Ikutan Ujian Mandiri (UM)


Menurut data yang berhasil gue cari rata – rata UM itu seperti dianak tirikan dalam hal biaya karena langsung dipatok di kelompok UKT paling tinggi. Kecuali UI, UGM, UNNES dsb (gak tau tahun sekarang mah yang lain :d). Jadi saran saya sih coba tanya – tanya dulu ke panitia SPMB atau temen kalian yang udah kuliah di PTN tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan toh banyak beasiswa jika sudah masuk PTN asalkan mau berusaha (Bidikmisi juga termasuk untuk UM loh). Gue tadi bahas buat yang notabene budget menjadi permasalahan (seperti ane hehe :D), lain lagi kalau masalah biaya kalian itu udah bener – bener tersedia untuk 8 semester mendatang dan cost living. Itu mah langsung daftar aja kalau mau tinggal pikirin materi yang diujikan saja.

Ragam dari seleksi mandiri tergantung kebijakan PTN masing – masing ya ada yang lewat hasil SBMPTN/berkas (UNS, Unair, dsb), Test tulis (Simak UI, Utul UGM, SM Unnes dsb), dan Ujian gabungan dari beberapa PTN atau UMB PT (Usu, Unsri, Unmed  Oke di bawah ada beberapa PTN yang masih membuka Jalur Mandiri (SIMAK UI dan UTUL UGM udah lewat ya hehe admin sendiri gak lolos SIMAK :p).

#1. Seleksi Masuk Unnes (Universitas Negeri Semarang)

unnes

Untuk Unnes menggunakan test tulis ya info lebih disini : Penerimaan Unnes . Menurut kabar biaya kuliahnya sama dengan yang masuk dari jalur lain loh. Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni s.d. 14 Juli 2016

#2. Seleksi Masuk UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret)

UNS

UNS membuka jalur mandiri lewat hasil seleksi SBMPTN yang dicapai oleh kalian kemaren. pergi aja kesini cekidot  : SPMB UNS. Pendaftaran 20 Juni – 12 Juli 2016.

#3. Seleksi Mandiri UB (Universitas Brawijaya)

UB

Pendaftaran 20 Juni s/d 15 Juli 2016. Info lebih lanjut kesini ya : Selma UB

#4. PPMB Unair (Universitas Airlangga)

unair

Pendaftaran 13 Juni – 14 Juli 2016. More info : PPMB UNAIR

#5. SPMB Unsil (Universitas Siliwangi)

Unsil

Pendaftaran 28 Juni – 15 Juli 2016. Selengkapnya : PMB Unsil

#6. UMB PT

Logo-spmb4

Pendaftaran 16 Mei – 22 Juli 2016. Selengkapnya disini : SPMB atau Penerimaan SPMB

Ngulang SBMPTN Tahun Depan


ngulang

Nah tadi udah dikasih beberapa Ujian Mandiri yang kebanyakan daftarnya masih dibuka dan berakhir di bulan juli jadi jangan sampai kelewat ya catet jadwal pentingnya ingat !. Bagi yang berencana nunda kuliah dulu satu tahun persiapkan segalanya ya. Mulai dari mental yang kuat – banyak loh yang membuat mental loe runtuh ditengah perjalanan jika tidak dipersiapkan dari sekarang, mulai dari tekanan dari orang tua, temen yang udeh kuliah, pacar (jangan pacaran ya nak :p), atau tetangga yang dapat ngejudge- serta materi yang akan diujikan. Kebayangkan waktu satu tahun jika digunakan hanya untuk mempersiapkan SBMPTN dan loe juga terbebas dari yang namanya PR, ulangan harian, omelan guru (semoga tidak :p), UN dsb. Dengan setahun ini loe dapat menemukan atau ngelakuin apa yang belum loe lakuin tentunya hal yang positif yang dapat membantu menuntun (ciyee menuntun bahasanya) loe ke si passion itu dan mengasah softskill. Contohnya jika loe bingung mungkin di awal – awal rada semangat dan biasanya di tengah pada mumet – mumetnya, nah saat itu lakukan travelling untuk mem-fresh semangat kalian tentunya atau ikutan program pertanian luar negeri dah. Percaya deh menurut orang juga menunda satu atau dua tahun kuliah bukan hal yang buruk juga. Ada pepatah “Mundur satu langkah untuk lari seratus langkah”. Juga ada yang bilang loh kemampuan mahasiswa di tingkat 1 itu sebenarnya hanya diajarkan dasar – dasar kuliahnya aja samalah kayak waktu loe SMA dulu. Kalo masih belum percaya baca ini deh Awal Berjumpa dengan Zenius dan loe scroll ke bawah liat testimoninya. Oh ya jangan lupa banyak – banyakin do’a kepada-Nya dan minta restu dari orang tua, berusaha tanpa diringi do’a seperti tubuh kosong deh ga ada spritual2nya (Terserah deh maknanya gimana pokonya begitu :d)

Udah gitu aja deh sarannya hehe ingat ya ngulang lebih baik dari pada loe masuk maksain ke PTS -memang ada juga PTS yang kualitasnya di atas PTN- hanya ngasal milih jurusan. Dan tentunya itu hanya buang – buang waktu, jangan sampai loe ngabisin waktu untuk hal yang tidak loe sukai dah. Memang tidak salah masuk PTS juga tapi akan lebih bijak jika loe masuk PTS sesuai keinginan loe yang udeh mantep sama jurusannya.

“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim)

NB : Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan saja kirim ke e-mail : aripviker@gmail.com atau di komentar.

Sumber :

Website resmi PTN

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

5 tanggapan untuk “Ikut UM atau Ngulang Tahun Depan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: