Situs Belajar Online Secara Gratis

Assalamu’alaikum wr.wb.

Yo selamat malam, gutten aben, konbanwa, good evening, dan selamat malam semuanya :D.

Setelah berhijrah dari pengguna blog, sekarang alhamdulillah menjadi website untuk pertama kalinya, meskipun entah mau dibawa kemana website ini jadinya wkwkwk kayak armada aja ya. Oh iya mungkin website ini sepi pengunjung jadi siapa yang mau disapa hahaha krikk.

Oke dah siapapun yang datang dan dari manapun atau berapapun, mari lanjut ke bawah.

Sebelumnya udah pernah mengikuti ujian TOEFL atau TOAFL belum ? Kalau belum boleh dong kesini Pengalaman TOEFL dan TOAFL di UIN Jakarta.

 

Kali ini saya akan memberikan sebuah referensi bagi siapa saja yang ingin belajar apapun. Meliputi bahasa ataupun materi perkuliahan dengan kelas internasional tentunya dan gratisss. Tapi sebelum itu atau sebelum kita belajar alangkah baiknya kita tahu dulu arti yang sesungguhnya dari belajar, dan bisa dibaca disini Sudahkah kita Belajar ?. Karena mengapa ? biar kita tidak salah kaprah mengenai belajar itu sendiri, ataupun kita bisa menemukan metode belajar yang tepat.

Masuk kembali ke pembahasan, disana banyak sekali beragam program yang ditawarkan terhadap kita. Program tersebut meliputi TOEFL atau IELTS Preparation, dasar-dasar Psikologi, Math, Statistika, Philosophy dsb. Banyak banget program yang ditawarkan secara cuma-cuma, yang diperlukan adalah ada engga kemauan dalam diri kita untuk mengeksplore lebih dalam lagi. Yang paling mencengangkan adalah di sana dilengkapi oleh universitas-universitas top di dunia, seperti Universitas California, Irvine atau Barkeley, LA, Stanford Univrsity, Waseda Univeersity dsb. Pokoknya, jika kita masuk ke dalam kursus itu ya sama dengan belajar tingkat high gitu mirip orang international lainnya. Untuk tambahan pula, dalam kursus atau kelas atau program pembelajaran ini menggunakan pengantar bahasa Inggris. Lah susah atuh kak ? Bukan susah teman-teman, itu kita ditantang untuk belajar bahasa sekaligus belajar konten yang disampaikan oleh tutor maupun dosen. Jangan takut tidak bisa, (Baca : Sebab ketakutan atau Persepsi) hadapi saja. Mungkin itu hanyalah persepsi yang salah semata.

Tanpa basa basi lagi, langsung saja check out di bawah ya

  1. Coursera

Gambar 1. Source : Google

Coursera merupakan tempat untuk belajar seperti perkuliahan. Kalian bisa memilih pelajaran yang ingin dipelajari sesuai dengan kebutuhan. Saya sendiri pernah mengikuti beberapa courses di situs ini. Dan tentunya dengan gratis. Courses yang diikuti seperti “Writing Essay”, “Basic Psychology”, “Basic Statistic”, “Phylosophy”, etc. Pokoknya rekomended deh. Pengantarnya memang bahasa Inggris, namun di sediakan subtitle di setiap video beserta teksnya juga. Bahasa Indonesia juga tersedia dalam beberapa videonya loh. Tambahan lagi, pengantarnya saya pernah diajarkan oleh University of California, Irvine, Georgia Institute of Technology, University of Amsterdam dsb. Namun, jika teman-teman ingin memiliki sertifikat harus merogok kocek banyak hehe. Setiap kelas beda-beda pembelian sertifikatnya ya. So selamat mencoba hal yang baru ya. Oh iya N.B. Videonya bisa didownload ya secara utuh.

  1. Future Learn

Gambar 2Source : Google

Yang teringat jika mengupas situs yang satu ini yaitu adanya preparation gratis untuk belajar IELTS. Ya, bagi yang ingin mempelajari bahasa Inggris untuk test bisa loh ngambil kelas di sini secara gratis. Penyedia atau pengantarnya dari British Council. Tidak hanya itu yang disediakan. Di Future Learn ada banyak course yang bisa diambil, sama seperti di coursera. Namun perbedaannya ya mungkin konten yang ditawarkan, tetapi saya belum begitu tahu. Yang pasti bisa kalian coba deh.

  1. EdX



    Nah platform ini yang sedang saya ikuti. Ya edX. Saya mengikuti TOEFL Preparation disini. Pengajarnya begitu wah deh. Banyak banget kursus yang diberikan dalam website ini. Saya sendiri kemarin ngambil dua kursus yaitu practice speaking nihongo oleh Waseda University dan TOEFL Preparation. Lumayan loh gratis, daripada nongkrong enggak jelas mendingan kita nongkrong sambil ikut kelas-kelas yang berkelas ini. Yuk coba manfaatin apa yang ada.

  2. Khan Academy


Kalau Khan Academy itu support untuk anak sekolahan yaitu SMA gitu. Sebenarnya saya kurang tahu tentang website ini, yang pasti mereka membuat gratis. Saya hanya pernah mengikuti kelas programing disana namun engga selesai sih baru satu kali dan engga sempet buka lagi hehe. Pokoknya coba deh, seperti yang sebelum-sebelumnya keren itu. Bahkan dosen statistika 3 saya pernah memberikan kuliah menggunakan materi video ini, materinya tentang fundamental hypothesis.

  1. Udacity

Gambar 3 Source: Google

Untuk website ini saya belum pernah mengikuti kursus sama sekali, jadi tidak bisa dijelaskan panjang lebarnya gitu. Pokoknya disana ada kursus gratis dan ada juga yang berbayar. Memang mereka berbasis profit-education tapi open kok bagi yang tidak punya duit seperti saya wkwkwk. So kalau ada yang punya cerita tentang situs ini boleh kalian share ceritanya disini.

  1. Iversity

    Iversity merupakan penyedia layanan pendidikan yang berbasis di Berlin loh. Dan lagi-lagi saya belum sepenuhnya mencoba atau sama sekali belum mencoba untuk situs yang satu ini hehe. Namun sama seperti website atau situs yang lainnya yaitu cocok untuk yang lagi tidak punya duit mau ngapain.

  2. Novo Ed


    NovoEd ditemukan oleh Stanford University di Amerika itu loh. Yang top gitu. Di NovoEd saya juga masih buta tentang apa yang ada di dalamnya, namun pernah sekilas melihat. Disana terdapat beberapa kursus yang bisa diambil secara gratis. Info tentang mereka bisa dilihat di google atau wikipedia dsb. Disini dalam situs itu memang mengajarkan teori advance (untuk artikel mengenai teori bisa dibaca disini : Mengapa Teori Sering Berbeda dengan Lapangan)

  3. TEDx


    Nah untuk situs atau program yang satu ini beda dari yang sebelumnya. Mengapa ? Karena program ini sifatnya adalah seminar atau Stadium General lah kalau di kuliahan mah. Namun, dalam motonya yaitu spreading ideas itu banyak pelajaran yang bisa diambil dari website ini. Untuk mendapatkan videonya bisa kita mengunjungi websitenya secara langsung ataupun download di Youtube dengan channel TEDx.

Sebenarnya masih banyak lagi situs-situs yang meneyediakan kelas online gitu seperti open2 study, openlearning, Kadenze, Coursmos, Degreed, ataupun study.com dan masih banyak lagi. Namun yang dibahas kali ini hanyalah 8. Karena saya belum tahu dan belum mencari tahu. Kalau misalkan ada yang tahu dan pernah mengikuti boleh dishare di sini bareng-bareng siapa tahu bermanfaat bagi semuanya.


Oke teman-teman para pejuang pembelajar sekian yang bisa saya berikan atau shared nya, semoga bermanfaat saja bagi temen-temen yang tidak bisa mengikuti kelas secara offline. Dan untuk postingan selanjutnya ada pembahasan situs atau website penyedia belajar bahasa secara gratis. So stay tune on this website.

Apabila ada koreksi atau saran atau apapun bisa kamu tulis di komentar atau kirim email personal ke : aripviker@gmail.com :). 

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

4 tanggapan untuk “Situs Belajar Online Secara Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: