6 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Seorang Blogger

Pendahuluan

Menjadi seorang blogger masih banyak digandrungi banyak orang. Meskipun sekarang sudah ada vlog atau video blogger yang sangat trend di kalangan anak muda. Namun eksistensi blogger belum lah tersisihkan karena bisa menyediakan informasi yang lebih informatif dan komprehensif. Karenanya manfaat menjadi blogger tidak kalah oleh vlogger saat ini.

Disamping itu, menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar hobi, sekarang banyak orang yang bekerja freelance dengan menggunakan blog loh. Upah yang diterimanya pun variatif, bisa sebagai pendapatan pokok atau tambahan. Atau buat mahasiswa, ini bisa menjadi ranah melatih banyak skill dan uang tambahan loh. Yakin ga nih dengan manfaat menjadi blogger?

Simak juga cara membuat blog disini yuk [Dengan 6 Langkah Ini Kamu Sudah Punya Blog di Blogger Mudah dan Gratis]

Yuk langsung aja simak manfaat menjadi blogger lainnya jika kamu menjadi seorang blogger dalam artikel 6 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Seorang Blogger.

6 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Seorang Blogger

Blogger tentunya berkaitan erat dengan tulis-menulis, kemampuan menulis artikel kamu akan meningkat dengan menjadi seorang blogger.

Menulis
Mengasah kemampuan menulis. Source : Pexel

Dengan menjadi blogger di blog atau web milik sendiri tentunya kontribusi tulisan terbanyak ada di kamu. Mungkin pas pertama kali kamu akan bingung mau seperti apa tulisannya dibuat. Kamu akan mempertimbangkan banyak hal ketika nulis di blog, seperti seberapa menarik konten, cara menyajikan tulisan, promosiin ke temen, dsb. Karena kamu bebas menulis dengan bentuk apapun sesuai keinginanmu.

Baca juga: Kamu Mahasiswa Baru? Yuk Intip Keuntungan Tinggal di Asrama Tahun Pertama

Hal seperti itu akan terus kamu kembangkan demi mengenalkan blog sendiri ke orang lain. Tentunya kemampuan menulis seperti mengolah diksi, merangkai kalimat, berimajinasi, menganalisis masalah dan memasarkan akan kamu dapat ketika menjadi seorang blogger.

Bedanya dengan vlog, mungkin kamu akan terasah dalam menulis sedangka vlog bagaimana kamu mengedit video dan perlu peralatan yang lebih-lebih.

Menjadi seorang blogger kamu berkesempatan mendapat cukup penghasilan loh. Mulai dari kontes menulis blog, penghasilan iklan, review produk dsb

pexels-photo-210574 (1)
Bisa hasilin uang loh. Source: Pexel

Pernah denger freelancer? Nah salah satunya adalah bekerja menjadi seorang blogger. Kamu juga bisa lihat web atau blog ternama yang banyak sekali pengunjungnya atau berada di paling atas ketika kamu mencari di google. Itu merupakan lahan bagi datangnya penghasilan loh.

Baca juga: Bagi Kamu Calon Mahasiswa Baru, Pilihlah Jurusan Sesuai Dirimu

Disamping itu ada web yang menampilkan banyak iklan yang terkadang kita kesal wkwk, sebenarnya itu adalah penghasilan mereka. Sesekali boleh lah klik hitung-hitung nyumbang 😀 Ditambah bagi kamu yang suka menulis bisa mengikuti lomba blog seperti dari kemdikbud, kominfo dsb dengan hadiah jutaan rupiah, kebayang ga enaknya, ya gak sih?

Jangan salah, seorang blogger bisa memiliki jaringan yang sangat luas. Mereka terdiri dari komunitas blogger sampai ke pengunjung yang suka setia mengunjungi blog kamu

pexels-photo-209712
Akan menambah jaringan loh. Source: Pexel

Jangan dikira mereka akan bekerja sendiri, dan kesepian 😀 Dengan teknologi canggih ada banyak komunitas yang bisa kamu ikuti ketika menjadi seorang blogger mulai dari perkumpulan wordpress, blogger Jakarta dsb. Karenanya mereka akan memiliki jaringan yang luas dan tersebar, apalagi komunitas yang bersifat virtual juga pasti banyak deh.

Baca juga: Menyambut Kematian dengan Jiwa Bahagia, Resensi Buku Psikologi Kematian

Kalo blog kamu banyak pengunjungnya, mungkin kamu bakalan banyak ditanya sama pengunjung. Atau mereka akan request hal apa yang ingin mereka lihat atau unduh dari blog kamu. Mungkin kamu bisa nyari jodoh disana bagi yang jombs 😀

Berbanggalah kamu karena menjadi seorang blogger akan mengerti tentang SEO

pexels-photo-106344
Optimalkan SEO ketika jadi blogger. Source: Pexel

Kamu perhatiin ga ada aja web atau blog yang ketika kamu nyari sesuatu dia ada di paling atas terus? Nah itu ada rahasia atau triknya loh temen-temen, ya secara singkat itu bisa dinamakan SEO. Intinya kamu akan berusaha membuat konten berkualitas dan tidak mencurigakan sesuai dengan SEO. Ini supaya tulisan mu terinput di kolom pencarian.

Baca juga: Buat Kamu Pembelajar Bahasa Otodidak, Daftar Situs Belajar Bahasa Asing Gratis Bisa Jadi Rujukan

Bukan hanya itu, kamu juga akan mengoptimalkan tampilan blog/website kamu. Semakin mudah diakses dan indah akan lebih dicintai SEO, ciyee 😀

Kamu terlihat tidak gaptek, dan ini bisa kamu cantumkan di curriculum vitae atau CV mu sebagai skill dan pemilik sebuah blog

pexels-photo-905868
Nulis cv jadi lebih variatif. Source: Pexel

Yang satu ini tentunya bakal didapat. Kamu akan mungkin dimintai oleh temen kamu untuk membuat blog/website loh. Lumayankan kamu ga terlalu gaptek amat soal blogger. Disamping itu, ini bisa menjadi nilai tambah dalam CV kamu ketika melamar kerja. Ini mencirikan kamu paham dan menguasai soal teknologi dan internet. Kerenkan bisa leluasa menulis dan mengurus blog sendiri dan menjadi skill tersendiri loh.

Sarana menjadikan hobi yang positif dan bermanfaat bagi orang lain

pexels-photo-356056
Ga bakalan gaptek. Source: Pexel

Tidak dipungkiri memang, kita pasti ingin bermanfaat untuk orang lain karena anggapan atau bukan, ketika kamu bermanfaat itu akan kembali lagi ke kamu. Blogger akan membentuk kepribadianmu loh menjadi serasa memiliki sebuah blog, bersaing dengan web/blog besar lainnya, dan jika berbayar, mungkin kamu akan memikirkan cara bayar domain dan hosting untuk web kamu dan lebih giat mengurusnya.

Penutup

Nah, itu dia beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika menjadi seorang blogger. Meskipun tidak gampang menjadi seorang blogger yang handal, tapi jika kita rajin dan tekun bukan tidak mungkin blog kamu akan banyak manfaatnya bagi orang lain. Apalagi ketika ada yang komentar di blog, serasa gimana gitu wkwk. Ayo tunggu apa lagi mari blogger ria.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bisa mengirimkannya ke e-mail : aripviker@gmail.com.

Kata Kunci : Manfaat Menjadi Blogger, Cara menghasilkan uang lewat blogger, Keuntungan menjadi blogger, Mengoptimalkan blog dan website

3 Balasan pada “6 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Seorang Blogger”

  1. Pingback: Dengan 6 Langkah Ini Kamu Sudah Punya Blog di Blogger Mudah dan Gratis – Arif Keisuke

Tinggalkan Balasan