Kamu Kuliah Jurusan Psikologi ?. 8 Hal Ini Pasti Kamu Sering Dengar dari Orang Lain dan Mengalaminya.

Kuliah memang merupakan sebuah misteri bagi sebagian orang, termasuk jurusan-jurusan yang ada di dalamnya. Bahkan, banyak yang salah kaprah atau salah persepsi pada jurusan yang ada di perkuliahan. Minimnya informasi dan sosialisasi membuat hal demikian tidak terelakan. Jika ingin banyak baca kamu bisa nongkrong di sini [5 Tempat Nongkrong Berkualitas]


Termasuk jurusan psikologi yang tidak luput dari macam kesalahan anggapan dari orang-orang. Yuk mari disimak hal apa saja yang akan kamu dengar dari pembicaraan orang lain terhadap kamu.

  1. Kamu akan dianggap bisa meramal orang lain. Kamu itu dukun atau akademisi.
    hr-forecasting atmanco
    Meramal itu kerjaannya dukun. Source: atmanco

    Pernah ga kamu ngalamin hal ini ?. Mungkin agak jarang ya, tapi sesekali kamu bakal disuruh menebak bagaimana perilaku temen mu ke depannya. Atau kamu dianggap mampu membaca pikiran dan perasaan orang lain, ya gak ?. Kalau seperti itu kamu dukun atau akademisi 😀 . Kadang suka sedih kalua ada yang bilang jangan deket sama orang psikologi nanti bisa mengetahui yang tidak kamu tahu, hayo loh

     

  2. “Liat, anak psikologi juga masih galau”.
    pexels-photo-52608
    Anak psikologi ga boleh galau. Source: Pexel

    Yang ini memang terdengar sadis, karena kamu (anak psikologi) ga boleh galau . Mungkin karena kamu sedang belajar masalah hati jadi pastinya kuat eea. Tapi ibarat ini ga bener ya, sama aja kayak anak kedokteran ga boleh berobat atau sakit, bener gak sih ?. Untuk masalah stress dan sebagainya kamu harus baca ini [Stress Membunuhmu, Mengenal Stress]

     

  3. Yang paling sering adalah kamu bakalan ditanya dan dimintai trik seputar psikotes.
    Personality Pinterest
    Psikotes itu bukan tes loh. Source: Pinterest

    “Aku sering gagal di psikotes, kamu tahu ga caranya bisa lulus terutama soal kayak gini nih ?”.

    Nah kalau yang ini kamu mau bilang gimana, yang belajar psikologi juga belum tentu bakal lulus psikotes. Karena tergantung standard pemberi dan pengguna tesnya . Dan juga psikotes itu bukan sebuah tes ya, jadi ga ada istilah lulus atau tidak, yang ada cocok atau ga cocok, eh lebih sakit ya :D. So, kamu yang lagi psikotes juju raja karena itu menggambarkan diri kamu.

     

  4. “Kamu kuliah di psikologi ?. Bakalan jadi psikolog dong”.
    maxresdefault Youtube 2
    Jadi psikolog dong kamu ya ?. Source: youtube

    “Setelah lulus kerjanya apa ? jadi psikolog ya ?”

    Kalau seperti ini aamiinin aja, meski kalau ingin jadi psikolog tidak cukup hanya sarjana 1 . Kalau mau jadi psikolog terutama praktisi kamu harus ngambil Master di bidang praktek psikolog.

    Disamping itu, mungkin di antara kamu masuk psikologi juga bukan hanya ingin jadi psikolog tapi beragam alasa, seperti berobat berjalan, salah jurusan, dsb hayo loh ngaku aja ? 😀

     

  5. Disamping dianggap akan menjadi psikolog, kamu dianggap akan kerja menjadi HRD atau di RSJ.
    HRD Recruuiting Times
    Jadi bagian recrutement perusahaan. Source: Recrutingtimes

    Satu lagi yang menyangkut profesi, kamu bakal dianggap akan bekerja kalau engga menjadi HRD (Human Resource Development) di perusahaan atau menjadi tenaga kesehatan yang bersentuhan dengan orang di luar rata-rata. Psikologi bukan hanya tentang Psikologi industry, klinis loh ada juga pendidikan, perkembangan, social dsb. Jadi lapangan kerja itu luas yang penting kamu berhubungan dengan manusia, bukan jin karena ga ada psikologi jin 😀 .

     

  6. Ketika sudah bergabung dengan mahasiswa psikologi lainnya, kamu bakalan denger masuk psikologi buat terapi diri atau berobat berjalan.
    Therapy The New York Times Well
    Terapi berjalan sambil kuliah. Source: Well blog. The New York Times

    Kalau ditanya soal alas an masuk psikologi oleh kakak tingkat saat orientasi atau orang lain, pasti kamu bingung jawabnya kalau tidak punya alasan kuat. Ketika kamu denger orang lain, entah iseng atau beneran, tapi ada aja yang alasannya pengen berobat berjalan mengobati diri 😀 . Bagus sih sebelum nolong orang kamu memperbaiki diri dulu hehe.

    Apapun alasan kamu masuk psikologi yang penting kamu menikmati dan mensyukuri apa yang ada di psikologi.

     

  7. Belum juga jadi psikolog, kamu bakal diandalkan menjadi pendengar teman curhat.
    maxresdefault Youtube
    Dengerin dan dukung aja kalau ada yang curhat. Source: Youtube

    Sering ga kamu karena masuk psikologi buat jadi temen curhat temen kamu ?. Enggak papa sih kamu hanya perlu dengerin temen kamu dan kasih dukungan juga empati. Meskipun begitu, ini bisa jadi ajang buat latihan untuk jadi psikolog beneran yang banyak mendengarkan orang lain. So, yang ini lakuin aja tolong menolong dalam kebaikan ga dilarang kan ?.

     

  8. Paling sering lainnya yaitu kamu bakalan disuruh nebak kepribadian orang lain.
    Alzheimernews today personality
    Suruh aja psikotes. Source: alzheimernewstoday

    Nah ini yang paling ekstream lainnya, kamu bakal ditanya soal kepribadian orang lain. Jawabnya bingung memang. Kalau kayak gini kamu suruh aja tes kepribadian ke psikolog wkwk. Karena perlu diketahui sarjana psikologi tidak diajarkan untuk menebak kepribadian orang, dan juga kamu ga boleh gunain alat tes kepribadian itu hanya untuk psikolog dalam interpretasinya.


    Gimana pernah ngalamin ga ? . Sesekali pernah lah. Terkadang itu menjadi hal yang lucu bagi kita, namun kadang kamu dibuat bingung untuk jawabnya. Meskipun begitu, menjadi pr buat kamu membumikan psikologi.

    Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bisa mengirimkannya ke e-mail : Aripviker@gmail.com.

    Kata Kunci : Hal yang akan dialami ketika menjadi mahasiswa psikologi, Anggapan orang lain terhadap jurusan psikologi, kekeliruan orang terhadap psikologi

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Satu tanggapan untuk “Kamu Kuliah Jurusan Psikologi ?. 8 Hal Ini Pasti Kamu Sering Dengar dari Orang Lain dan Mengalaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: