Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Banget Kuliah di Megapolitan Jabodetabek.

Merantau memang tidak mengenakan, apalagi harus jauh-jauh dari rumah dalam waktu yang lama. Namun usaha dari merantau, apalagi dalam mencari ilmu, akan mendewasakan kamu. Terlebih lingkungan tempat merantau kamu dikelilingi oleh orang-orang hebat, kepribadian dan mental mu akan ditempa disana.


Ketika kamu pulang ke kampung, kamu bakal memiliki pandangan yang berbeda terhadap kampung kamu loh. Karenanya ketika kamu memutuskan untuk merantau ke luar kota, baik itu untuk kuliah, kerja atau yang lainnya harus mempertimbangkan tempatnya juga loh. Bagi kamu mahasiswa psikologi bisa baca ini [Kamu Kuliah Jurusan Psikologi ?. 8 Hal Ini Pasti Kamu Sering Dengar dari Orang Lain dan Mengalaminya.]

Bagi kamu yang ingin kuliah dan berniat merantau, yuk cari tahu alas an mengapa kamu harus merantau ke Jabodetabek di bawah ini.

  1. Kamu bakal ngerasain atmosfir kehidupan pusat Indonesia yang multikultural, bahkan pusat segala aktivitas dan fasilitas tersedia disana.
    pexels-photo-1043519
    Kehidupan kota yang multikultural. Source: Pexel

    Sebagai kota terpadat dan terbanyak di Indonesia, tentunya dong rasa toleransi mu akan diuji disini. Bukan hanya itu, di Ibu kota kamu ga bakalan bosan dengan kehidupan di Jakarta. Kamu hanya harus bermodalkan kemauan dan prinsip apa yang ingin didapat disana, pastilah tercapai.

    Jakarta memang panas, tapi banyak fasilitas pendingin di ruangan dan ruang terbuka sehingga mendukung untuk kenyamanan belajar loh. Karena menurut beberapa ahli ruang terbuka mendukung untuk niat, kondisi, semangat dsb dalam belajar.

     

  2. Merantau ke Jakarta kamu akan memiliki banyak acara karena banyak perkumpulan disana, mulai dari kegiatan kampus, organisasi ekstra sampai kegiatan sosial.
    pexels-photo-951236
    Banyak sekali orgnaisasi, perkumpulan, dan kegiatan sosial disana. Source: Pexel

    Untuk kamu yang suka dengan kesibukan acara-acara besar, kamu bisa datang ke Jakarta. Setiap harinya pasti ada acara diadakan. Kamu berkesempatan juga untuk menjadi volunteer acara-acara besar loh, lumayankan bisa menambah wawasan dan link pertemanan. Jika begitu kamu tidak akan lagi tertinggal informasi apapun. Sehingga kesempatan-kesempatan kerja dan lainnya terbuka lebar. Kebayangkan kamu hanya tinggal milih aja yang sesuai passion.

     

  3. Wilayah Jabodetabek merupakan kota industri, pekerjaan sampingan untuk menambah uang di kantong pun terbuka lebar.
    pexels-photo-681347
    Wilayah dengan industri terbanyak di Indonesia. Source: Pexel

    Semua orang pasti tahu Jabodetabek merupakan kota industri dan pusat perkantoran. Kesempatan kamu untuk magang disana sangat terbuka. Disamping itu, karena rata-rata orang tua di Jabodetabek itu pekerja, kamu berkesempatan untuk menjadi guru les privat loh. Ini popular di kalangan mahasiswa dan bisa nambah uang kuliah dan uang jajan.

    Bila kamu jiwa pengusaha, banyaknya warga Jakarta bisa jadi lahan empuk untuk jualan apapun. Selain itu, kamu bisa jadi driver ojek online loh. Asal kamu punya alat-alatnya hehe

     

  4. Hal yang terasa beda dengan di kampung yaitu banyak tersedia moda transportasi di Jabodetabek. Kamu bisa keliling Jakarta dengan ongkos minim.
    pexels-photo-374684
    Salah satu transportasinya yaitu kereta. Source: Pexel

    Kamu ga usah bingug ketika ingin bepergian kemanapun. Transportasi yang beragam di Jabodetabek mulai dari kereta listrik, transjakarta, ojek, angkot dll. Ongkosnya pun beragam ada yang bisa sangat murah untuk berkeliling Jabodetabek, asal kamu punya waktu dan siap dengan kemacetannya di jam sibuk saja 😀 .

     

  5. Buat kamu yang aktivis, gedung parlemen dan wakil rakyat lainnya berada di Jakarta. Ketika kamu menyuarakan keadilan tempatnya tidak terlalu jauh.
    mediaoposisi DPR
    Gedung DPR engga jauh. Source: mediaoposisi

    Kalau kamu seorang aktivis yang menyuarakan keadilan kepada wakil rakyat, kamu tidak akan memiliki jarak yang jauh dari pusat kantor wakil rakyat tersebut. Sehingga itu akan memudahkan kamu untuk memobilisasi massa lebih banyak lagi. Dan juga tentunya irit ongkos dalam berdemo.

     

  6. Jabodetabek merupakan kota terpadat di Indonesia, kebayangkan beragam orang yang ada di dalamnya termasuk banyak orang hebat atau pakar di bidangnya.
    pexels-photo-716281
    Bisa datangin ahlinya ketika seminar. Source: Pexel

    Sering ikut acara seminar ?. Nah jika kamu di jabodetabek, banyak orang-orang hebat berkumpul disana, mulai dari politikus, pengusaha, praktisi, ilmuan dsb. Contohnya Lembaga LIPI itu pusatnya berada di puspitek dan jabodetabek. Kebayangkan kalau kamu mau ngundang acara buat seminar begitu terhamparnya orang-orang hebat, ya gak ?.

     

  7. Mau cari referensi kuliah ? Ada perpusnas, perpus kemdikbud, toko-toko buka murah meriah, dan juga banyak book fair loh.
    pexels-photo-207742
    Masalah buku sangat lengkap. Source: Pexel

    Nah bagi kamu yang kuliah tentunya tidak asing dengan makalah dan laporan ilmiah. Untuk membuat itu semua, kamu harus punya bahan referensi yang mencukupi kan ?. Apalagi kamu lagi skripsi, daripada banyak buku yang harus kamu beli, kalau ada di perpus bisa kamu pinjam. Uang jajan pun bisa kamu gunakan lebihnya atau bisa buat nabung.

    Di Jabodetabek ada banyak sekali perpustakaan yang menyediakan koleksi buku lengkap loh, seperti Perpustakaan Nasional Indonesia, Perpustakaan Universitas Indonesia, dsb. Pokoknya banyak deh, ditambah transportasi yang sangat mudah dijangkau pula. Yakin ga ingin merantau ke Jakarta ?.

     

  8. Ketika penat, akhir pekanmu bisa diisi dengan jalan-jalan ke banyak tempat wisata di Jabodetabek loh.
    pexels-photo-346767
    Sesekali di akhir pekan kamu boleh jalan-jalan. Source: Pexel.

    Penat karena macetnya ibu kota dan banyak tuntutan di week day, kamu bisa gunain weekend untuk jalan-jalan di tempat wisata Jabodetabek. Kamu bisa olahraga di bundaran HI sampai Monas, ke kebun binatang ragunan, TMII, Wisata Dufan dsb. Atau kamu bisa pergi sedikit kea rah Bogor dengan panorama pegunungan yang dingin dan alam yang indah. Mantap kan ?.

     

  9. Jabodetabek memang mahal, tapi di sekitaran kampus kamu masih bisa hemat kok.
    pexels-photo-877701
    Tergantung gaya hidup kamu. Source: Pexel

    Terlepas dari itu semua, Jabodetabek memang dipersepsikan dengan biaya hidup yang mahal. Itu memang benar adanya, namun biaya hidup mahal hanya ada di sekitaran kantor dan pusat-pusat di Jakarta juga tergantung gaya hidup kamu. Peryaca ga percaya gaya hidup di sekitaran kampus, pedagang juga menyesuaikan dengan kantong mahasiswa loh. Ga percaya ? Kamu bisa buktikan sendiri hehe.

    Nations Online Project
    Jakarta. Source: Nations Online Project

    Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus kuliah ke Jakarta dan sekitarnya. Memang merantau merupakan hal yang berat, namun itu merupakan langkah awal untuk melebarkan pandangan kita terhadap kehidupan. Dan juga meskipun pemerintah menggencarkan untuk tidak memusatkan penduduk di Jabodetabek, tapi merantau untuk menuntut ilmu tidak salah kan ?


    Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bisa mengirimkannya ke e-mail : aripviker@gmail.com .

    Kata Kunci : Kuliah di Jabodetabek, Mengapa harus merantau ke Jakarta, Bagaimana rasanya kuliah di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang

Facebook Comments

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: