Resensi sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi dari puncak baghdad, sejarah dunia dari islam

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan kembali memuat artikel mengenai resensi buku. Buku ini saya pilih sebagai rekomendasi bagi kamu dalam memahami sejarah dunia. Sejarah dunia yang bernafaskan pusatnya di Baghdad. Buku ini akan menjadi anti-tesis buku sejarah sekolahan yang cenderung ditulis dan berawal dari Yunani dan Eropa. Dalam buku ini kamu akan diberikan pandangan berbeda tentang sejarah dunia, selain itu juga akan menambah wawasan Pra-Islam, Islam dan saat ini.

Baca juga: Belajar Mecintai Saudara Sebangsa Indonesia – Resensi Mencari Sila Kelima Oleh Audrey Yu Jia Hui

Yuk bagi kamu yang memang tertarik menyelami, getirnya masa lalu kamu, masa lalu Islam dan dunia yang berpusat di lembah Sungai Tigris dan Efrat, kamu harus baca artikel Menjelajahi peradaban dunia dari mesopotamia; resensi dari puncak Baghdad. Buku ini sebagai bacaan lanjutan jika kamu membaca artikel sejarah islam saya sebelumnya.

Menjelajahi Peradaban Duni dari Mesopotamia – Resensi Dari Puncak Baghdad

Informasi Buku

Resensi sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi dari puncak baghdad, sejarah dunia dari islam
Buku sejarah dari sudut pandang lain dari biasanya

Judul Buku :  Dari Puncak Baghdad (Indonesia); Destiny Disrupted; A History of The World Through Islamic Eyes (English).

Penulis : Tamim Ansary

Genre : Sejarah

Bahasa : English (Asli); Indonesia (Terjemahan)

Penerbit : Serambi (Indonesia); Public Affairs (Amerika Serikat)

ISBN : 978-979-024-194-7

Baca juga:  Nestapa, Khianat dan Genderang Jihad di Abad Pertengahan – Resensi Ain Jalut; Melawan Mitos Hulagu

Biografi Penulis

Resensi sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi dari puncak baghdad, sejarah dunia dari islam
Penulisnya, Tamim Ansary. Source: Twitter.com

Tamim Ansary merupakan seorang penulis berdarah Afghan-American yang berfokus pada sejarah muslim dan seputar orang Afghanistan. Mir Tamim Ansary lahir tanggal 4 November 1948 di Kabul Afghanistan. Saat ini, beliau menjabat sebagai direktur San Francisco Writers Workshop dan sekarang tinggal di San Francisco.

Sebelumnya beliau merupakan kontributor kolumnis dalam sebuah ensiklopedia dalam website Encarta. Selain itu juga, Ansary banyak berkontribusi dalam penulisan pelajaran sejarah untuk sekolah menengah di negara-negara Barat. Salah satu yang ingin disampaikannya yaitu bisa melihat peradaban dunia tidak dari timeline, sudut pandang dan tone orang Barat, namun dari Islam.

Baca juga: Memahami Kejayaan Islam dalam Sejarah – Resensi Sejarah Islam yang Hilang

Buku atau karya lain Tamim Ansary yang telah diterbitkan diantaranya yaitu memoar West of Kabul, East of New York, The other side of the sky, the invention of yesterday: A 50.000-Year History of Human Culture, Conflict, and Connection, the  Widow`s Husband, Road Trips, Becoming an American in the Vapor Trail of The Sixties dsb.

Ulasan Buku dan Petikan Pesan

Resensi sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi dari puncak baghdad, sejarah dunia dari islam
Keadaan mesopotamia dulu kala. Souce; Grid.ID

Buku dari puncak Baghdad ini menjelaskan kondisi peradaban dunia dengan cara yang berbeda dari biasanya. Poin yang hendak dihadirkan oleh Tamim Anshary yaitu mengedukasi dan memberikan pandangan baru dari sejarah yang biasanya berpusat dari Barat atau Eropa. Disana dipaparkan peradaban dunia berpusat pada masyarakat antara Sungai Nil dan Sungai Oxus atau antara Samudera Atlantik dan Teluk Bengal, dimana terdapat beberapa perdaban dunia yang besar dan pengaruhnya bisa dirasa hingga kini.

Alur cerita yang diceritakan yaitu berawal dari peradaban jauh sebelum Islam lahir. Berangkat dari kehidupan bangsa Mycenaea, Kreta, Fenisia, Lydia, Yunani, Roma dan budaya kuat lain yang berbaur di daerah Mediterania. Kisah dalam buku ini dimulai dari interaksi bangsa di daerah tersebut dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan berikutnya untuk sekitar daerah Mediterania dan bagaimana mengubah dunia.

Baca juga: Belajar Tidak Menyerah dalam Menggapai Takdir – Resensi Alchemist Oleh Paulo Coelho

Sebagaimana nantinya akan muncul kerajaan besar yaitu Roma dan Persia. Setelah itu, muncul bangsa Arab (Islam) yang akan menjadi babak baru dalam persaingan dan penyebaran pengaruh di antara dua bangsa sebelumnya.

Selanjutnya banyak membahas bagaimana Islam benderang mulai dari laut selatan Spanyol memanjang melewati Afrika Utara, Anatolia, dataran Arab, daerah Asia Tengah dan sampai ke India, bahkan ke China. Kemudian, muncul perang salib dan serbuan bangsa Mongol ke berbagai penjuru mata angin. Terutama ke arah barat (Islam) yang dinakodai oleh Hulagu.

Buku ini kemudian menjelaskan bagaimana pengaruh perang salib (khususnya) untuk menyinari gelap gulitanya kehidupan masyarakat eropa. Kemudian sampai kepada pesatnya perkembangan mereka dan menurunnya hegemoni daerah timur.

Baca juga: Kisah Perjalanan Rumi Menjadi Sufi dan Anak Angkatnya Kimya dari Desa Sampai Bertemu Rumi, Resensi Buku Kimya Sang Putri Rumi

Resensi sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi dari puncak baghdad, sejarah dunia dari islam
Salah satu produk dari kerajaan Islam di India. Source: Pexel.s

Petikan pesan yang ingin disampaikan dalam buku ini memberikan gambaran atau wawasan kepada pembaca bahawa ada sudut pandang lain dalam melihat peradaban dunia. Saat ini, tidak hanya di Indonesia, ketika membahas pelajaran sejarah dunia, semuanya akan mengacu pada garis waktu, kronologi, sudut pandang dari orang Eropa.

Sebagai contoh, dalam sejarah dunia tidak dijelaskan lebih jauh pergolakan mengenai kenapa ditutupnya kota Konstantinopel. Bahkan setelah itu, fokus dari cerita yang disampaikan dengan penjelajahan masyarakat barat ke dunia Timur. Padahal, ada kejadian lain yang sedang terjadi terutama di sudut Mediterania dan dataran Mesopotamia. Yang mana disana telah terbentuk peradaban yang mempengaruhi kehidupan masa itu.

Baca juga: Resensi Buku “Dunia Sophie”

Poin penting lainnya yaitu, sebagai umat Islam seharusnya bisa menyadari dan mengambil pesan dari kisah terdahulu. Pesan yang bisa diambil yaitu bagaimana membangun sebuah kehidupan yang damai dan membawa kedamaian mulai dari Pantai Barat Laut Afrika sampai ke dataran India saat itu.

Selain itu, umat Islam tidak boleh minder dengan kejayaan masyarakat Eropa. Sesama manusia, tentunya kehidupan itu saling keterkaitan satu sama lain, tidak mungkin muncul secara tiba-tiba kemajuan tersebut. Salah satu buktinya yaitu sumbangan peradaban Islam yang sangat kaya dan memberikan kecerahan bagi Eropa saat itu.

Link Download Buku

Bagi kamu yang ingin membaca buku Sejara Dunia dari Puncak Baghdad versi bahasa Indonesianya, kamu bisa membeli baik di toko online atau juga di toko buku terdekat anda.

Namun bagi kamu yang tertarik membaca dalam bentuk elektronik dan berbahasa Inggris, kamu bisa berkunjung ke link berikut [Link Destiny Disrupted]. Akan tetapi saya menyarankan untuk membeli buku aslinya untuk terus mendorong orang untuk berkarya lebih banyak lagi.

Daftar Pustaka

https://en.wikipedia.org/wiki/Tamim_Ansary

Ansary Tamim, Dari puncak Baghdad: Sejarah dunia versi Islam, Jakarta: Serambi, 2017

Penutup

Resolusi 2019. cerita tentang resolusi 2019, lomba blog dumet school, resolusi kebaikan, cerita inspiratif resolusi
Percayalah akan selalu ada jalan untuk berbuat kebaikan. Source: Pexels.com

Oke untuk kali ini saya cukupkan sampai di sini saja. Semoga kamu bisa mengambil pelajaran dan kebaikan dari tulisan ini. Jika kamu merasa mendapatkan sedikit pelajaran, kamu bisa membagikan tuisan ini ke teman, kerabat atau juga keluarga kamu. Selain itu, semoga kita selalu diberikan kesempatan untuk terus belajar dan mempelajari sesuatu hal yang berguna dan bermanfaat bagi sesama. Terima kasih.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirmkannya ke alamt e-mail: Aripviker@gmail.com

Kata kunci: sejarah dunia versi islam, resensi buku tamim ansary, resensi buku dari puncak baghdad

Menjelajahi peradaban dunia dari Mesopotamia; resensi dari puncak Baghdad
Tag pada:            

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: