Resensi Misteri Soliter, Baca buku misteri soliter, download misteri soliter, buku jostein gaarder

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan membahas artikel tentang resensi buku kembali. Buku yang akan diresensi kali ini yaitu dari Jostein Gaarder lagi. Sebelumnya mungkin kamu sudah mengenalnya dari buku Dunia Sophie kan? Kalau belum ya kenalan dulu gih wkwk. Tema buku dari Gaarder tidak jauh dari bahasan tentang filsafat, pertanyaan seputar kehidupan atau juga seputar eksistensi kehidupan. Begitu juga dalam buku ini, mengisahkan seorang Bapak dan Anaknya yang melakukan perjalanan jauh, dari Norwegia ke Yunani menggunakan mobil. Selama perjalanan banyak sekali cerita tentang pertanyaan filsafat dan menyadarkan diri.

Baca juga: Menyambut Kematian dengan Jiwa Bahagia, Resensi Buku Psikologi Kematian

Yuk bagi kamu yang tertarik membaca seputar filsafat kehidupan, biar tidak melulu memikirkan si doi yang tak kunjung datang, dan bisa mengajak merenung untuk diri. Kamu bisa baca artikel Mencari Jawaban Seputar Kehidupan dan Perjalanan Hidup – Resensi Buku Misteri Soliter lebih lengkapnya di bawah ini.

Mencari Jawaban Seputar Kehidupan dan Perjalanan Hidup – Resensi Buku Misteri Soliter

Informasi Buku

Resensi Misteri Soliter, Baca buku misteri soliter, download misteri soliter, buku jostein gaarder
Resensi Buku Misteri Soliter – Jostein Gaarder

Judul Buku : Misteri Soliter; Filsafat Dalam Setumpuk Kartu Remi

Penulis : Jostein Gaarder

Genre : Filsafat; Novel

Bahasa : Indonesia (Misteri Soliter); Norwegia (Kabalmysteriet); Inggris (The Solitaire Mystery)

Penerbit : Mizan (Indonesia); H. Aschehoug & Co., (Norwegia)

Tahun : 2016 (Indonesia); 1990 (Norwegia)

Halaman : 484 halaman

ISBN : 978-979-433-903-9

Biografi Penulis

Membiasakan diri untuk berpikir - Pexels
Jostein Gaarder

Jostein Gaarder adalah seorang penulis asal Norwegia. Ia lahir pada 8 Agustus 1952 (65 tahun). Gaarder sering menulis novel yang bergenrekan literatur anak, fiksi, dan cerita pendek. Gaarder dikenal karena menulis buku fenomenalnya yaitu Sofies Verden atau Dunia Sophie tahun 1991. Buku ini telah diterbitkan dalam 60 bahasa di dunia. Ciri khas novelnya yaitu cerita yang ringan namun penuh makna untuk direnungkan.

Baca juga: Kisah Perjalanan Rumi Menjadi Sufi dan Anak Angkatnya Kimya dari Desa Sampai Bertemu Rumi, Resensi Buku Kimya Sang Putri Rumi

Latar belakang pendidikan Gaarder adalah di Oslo Cathedral School dan The University of Oslo dengan mengambil jurusan bahasa Skandinavia dan Teologi. Jostein Gaarder merupakan aktifis lingkungan, dia terlibat dalam promosi dari pembangunan berkelanjutan untuk setidaknya dua dekade. Dia berkontribusi lebih dari $ 1.5 million untuk isu lingkungan. Disamping itu, Gaarder aktif secara politik terutama pada nasib pengungsi Palestina, dan semangat mengkritik pendudukan Israel atas Palestina.

Serial Buku Jostein Gaarder Lainnya

Untuk karya lainnya sangat lah banyak diantaranya, yang saya rekomendasikan, adalah

Sofies Verden (Dunia Sophie) (1991)

Bibbi Bokkens Magiske Bibliotek (Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken) (1993).

Anna En Fabel Om Klodens Klima Og Miljo (Dunia Anna)

Appelsinpiken (Gadis Jeruk) (2014).

Baca juga: Cerminan Perlakuan Pada Anak Spesial Dalam Sebuah Institusi Pendidikan. Resensi Buku Totto Chan Gadis Cilik Di Jendela

Maya (1999).

Kabalmysteriet (Misteri Soliter) (1990).

Dukkeforeren (The Puppeteer) (2016).

Untuk buku yang lainnya bisa kamu baca di [Goodreads] dan [Wikipedia].

Ulasan Buku dan Petikan Pesan

Resensi Misteri Soliter, Baca buku misteri soliter, download misteri soliter, buku jostein gaarder
Membiasakan diri untuk berpikir. Source: Pexels.com

Buku misteri soliter ini memiliki ciri khas yang sama dengan buku dari Gaarder yang lain, yaitu seputar detektif kehidupan, filsafat, misteri dan sebuah perjalanan kehidupan. Alur yang digunakan dalam buku ini yaitu maju mundur, karena jalan cerita utama yaitu perjalanan Han Thomas dengan buku roti kadetnya berpetualang bersama Pa atau ayahnya dari Arendal atau Kristiansand menuju Yunani untuk menyelamatkan Ibunya yang tersesat di dunia mode.

Cerita kemudian berlanjut dengan pengantar mengapa mereka pergi ke Kreta, dan diisi dengan cerita-cerita Pa kepada Hans Thomas seputar kehidupannya dan ketertarikannya dengan filsafat. Cerita tersebut dibarengi dengan perjalanan mereka melintasi negara-negara Eropa. Ini terus berlanjut sampai tiba di suatu kota di Jerman, Dorf, yang mana Hans si tukang roti memberikan buku Soda Pelangi dan Pulau Ajaib kepada Hans Thomas.

Baca juga: Kisah Seorang Guru yang Memiliki Idealisme dari Jepang. Resensi Buku “Botchan”

Kemudian cerita bercampur dengan kisah di buku kecil yang dimiliki Hans Thomas. Dalam cerita Soda pelangi dan pulau ajaib, disana terdapat sebuah kehidupan yang terdiri dari kurcaci kartu remi. Mulai dari Wajik, Keriting, Sekop, Hati, Jack, Ratu, Raja masing-masing kartu. Masing-masing kartu tersebut sudah memiliki tugas dan fungsi hidup masing-masing, dan terus melakukan hal yang sama setiap harinya. Bahkan bentuknya juga agak mirip-mirip. Tetapi ada yang berbeda dari mereka yaitu Joker.

Takdir adalah ular yang kelaparan sehingga memakan dirinya sendiri. Orang yang memahami takdir juga harus menjalaninya.

Jostein Gaarder – Misteri Soliter

Joker memiliki tampilan diri yang berbeda. Dia memiliki lonceng yang terikat di tubuhnya. Selain itu juga, Joker sering menanyakan seputar eksistensi dirinya kepada kurcaci kartu remi yang lain. Aakan tetapi mereka tidak memahaminya dan menganggap Joker merupakan orang gila. Bahkan kurcaci lain tidak begitu tertarik untuk menyelidikinya.

Usut punya usutnya yaitu mereka sudah tergila-gila dengan minuman soda pelangi. Minuman tersebut membuat senang peminumnya, bahkan melupakan siapa dirinya dan darimana dia berasal. Oleh karenanya, Joker berusaha untuk menyadarkan seluruh kurcaci kartu soliter lainnya untuk memahami kehidupan.

Resensi Misteri Soliter, Baca buku misteri soliter, download misteri soliter, buku jostein gaarder
Perlu menyadari siapa diri kamu. Source: Pexels.com

Psan yang ingin diangkat dari buku ini yaitu untuk tidak berlebihan menikmati dunia ini. Dunia dalam buku ini diibaratkan dengan minuman soda pelangi. Semakin banyak kadar atau dosis yang diminum akan membutakan pemikiran dan keberadaan manusia. Akibat dari itu, kejadian-kejadian dan seluruh penciptaan di bumi akan dianggap hal yang lumrah, tanpa mau menyelidiki lebih jauh menjadi sesuatu hal yang menarik.

Ungkapan yang menarik dari buku ini yaitu manusia sudah buta dengan keadaan, mereka bekerja sesuai kebiasaan dan menganggap kejadian siang malam, bahkan dirinya merupakan suatu hal yang biasa atau tunduk kepada takdir. Karena mabuk dunia, menganggap sekitarnya sebagai “Aku”, dan kehilangan ketertarikan menenggelamkan diri memikirkan siapa dirinya.

Baca juga: Belajar Mecintai Saudara Sebangsa Indonesia – Resensi Mencari Sila Kelima Oleh Audrey Yu Jia Hui

Selain itu juga, kamu harus bisa memahami jati diri kamu. Jangan pernah tenggelam dengan apa yang sedang dikerjakan, atau mabuk dengan kebiasaan yang menjemukan.

Link Download Buku Misteri Soliter

Untuk membaca buku ini, kamu perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Misteri soliter belum tersedia secara online atau elektronik, terutama di tempat baca iPusnas. Atau juga kamu bisa membelinya di play store book dengan buku berjudul The Solitaire Mystery: A Novel About Familiy and Destiny.

Baca juga: Belajar Tidak Menyerah dalam Menggapai Takdir – Resensi Alchemist Oleh Paulo Coelho

Namun jika ingin membaca versi Indonesia, kamu bisa membelinya di penerbit Mizan atau toko buku terdekat kamu.

Daftar Pustaka

Wikipedia.

Gaarder J., Misteri Soliter, Jakarta: Mizan, 2016.

Penutup

Lingkungan asri bisa jadi strategi coping stres. Source: Pexels.com

Okee untuk kali ini saya cukupkan sampai disini saja. Kamu bisa mencari jati diri kamu di tempat kamu sekarang, bisa dengan mempertanyakan siapa diri kamu sebenarnya, apakah yang sedang kamu cari dan dari mana kamu berasal. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan memberikan sedikit manfaat dan pelajaran. Jika kamu belajar sesuatu hal yang baru atau merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikan ini kepada teman, kerabat atau juga keluarga kamu. Terima kasih.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: aripviker@gmail.com

Kata kunci: Resensi buku misteri soliter, buku misteri soliter download, baca buku jostein gaarder

Mencari Jawaban Seputar Kehidupan dan Perjalanan Hidup – Resensi Buku Misteri Soliter
Tag pada:                

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: