esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow

Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan membahas tentang sebuah buku yang cukup menarik untuk diikuti oleh manusia yaitu buku thinking fast and slow. Bagi kamu yang merasa ular yang viral akhir-akhir ini, singa atau kucing dan lainnya, bisa skip ke bacaan lainnya ya. Karena saya tidak tahu cara kerja otak kalian tentang cara berpikir dan mengambil keputusannya. Maap ya.

Lanjut, dalam buku thinking fast and slow ini, kamu akan disuguhkan dengan konsep-konsep kognitif dalam psikologi. Disamping, Kahneman menjelaskan perjalanan hidupnya juga baik ketika menjadi seorang psikolog ataupun menulis bersama Amos Travesky. Untuk itu, proses-proses kerja manusia terutama berkaitan dengan otak dan statistika dijelaskan disini.

Baca juga: Cerminan Perlakuan Pada Anak Spesial Dalam Sebuah Institusi Pendidikan. Resensi Buku Totto Chan Gadis Cilik Di Jendela

Bagi kamu yang memang tertarik memperdalam psikologi sekaligus ilmu perilaku ekonomi atau behavioral economic, kamu bisa baca artikel Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow dulu sampai akhir. Yuk mari baca lanjutkeun!

Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow

Informasi Buku

esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow
Buku Thinking Fast and Slow

Judul Buku : Thinking, Fast and Slow (Indonesia; Inggris)

Penulis : Daniel Kahneman

Genre : Perilaku Ekonomi; Psikologi

Bahasa : Indonesia, Inggris

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun : Terj. 2013; Original, 2011

Halaman : 624 halaman

ISBN : 978-979-22-9926-7

Biografi Penulis

esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow
Daniel Kahneman. Source: Flickr

Daniel Kahneman merupakan seorang psikolog Amerika keturunan Yahudi. Kahneman lahir pada tanggal 5 Maret 1934 di Tel Aviv. Pria 85 tahun ini merupakan seorang professor psikologi dan Public Affairs di Princeton University, professor psikologi di Universitas Hebrew, Jerusalem (1970-1978), Universitas British Columnia (1978-1986), dan Universitas California Berkeley (1986-1994).

Fokus bidang akademisnya yaitu dalam Psikologi kognitif, Judgment and decision-making, Behavioral economics, Hedonik psikologi dan Life satisfaction. Kahneman dikenal juga karena pemikiran dan fokusnya pada Bias Kognitif, Ekonomi Perilaku, Teori Prospek, dan Loss Aversion.

Baca juga: Menyambut Kematian dengan Jiwa Bahagia, Resensi Buku Psikologi Kematian

Penghargaan yang diraihnya yaitu APA Lifetime Achievement Award (2007), Nobel Memorial Prize in Economic Science (2002), Tufts University Leontief Prize (2010), APS Distinguished Scientific Contribution Award (1982), University of Louisville Grawemeyer Award (2003).

Untuk biografi lebih lengkapnya bisa kamu baca di beberapa website berikut ini: [Wikipedia]; [Princeton Website]; [Nobel Prize Website].

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya

esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow
Belajar untuk memilih dengan jernih. Source: Pexels

Ketika membaca buku ini, kamu akan diberikan pengantar berupa ada apa saja yang terlibat dalam pengambilan keputusan. Lebih tepatnya yaitu cara kerja akal budi manusia berdasarkan perkembangan kekinian dalam psikologi kognitif dan sosial terhadap suatu hal. Kamu akan difokuskan kepada bagaimana sistem berpikir yang bias dan berpikir logis, tidak terkena heuristik atau pandangan intuitif belaka.

Buku ini terbagi ke dalam 5 bagian. Bagian pertama, kamu akan mendapatkan pengantar berupa cara kerja otak yang diilustrasikan dengan tokoh bernama Sistem 1 dan Sistem 2. Secara umum, Sistem 1 bekerja atau beroperasi secara otomatis dan cepat, sedikit atau tanpa usaha mental yang dikeluarkan, dan biasanya tidak disadari oleh individu. Sementara Sistem 2 bekerja dengan mensyaratkan aktivitas yang membutuhkan usaha mental yang banyak, perhitungan rumit, pertimbangan berdasarkan statistik, pengalaman subjektif, dilakukan secara sadar dan lebih bernalar.

Baca juga: Kisah Seorang Guru yang Memiliki Idealisme dari Jepang. Resensi Buku “Botchan”

Gimana cukup paham dari pengantarnya? Dalam bagian berikutnya memang memerlukan pengetahuan dasar psikologi dan statistik hehe. Jadi saya mungkin tidak akan berpanjang lebar menjelaskan disini, mungkin akan dibuatkan artikel berikutnya mengenai ini.

Untuk bagian 2, judulnya yaitu Heuristik dan Bias. Bahasa mudahnya yaitu intinya cara berpikir dan mengambil keputusan, namun dengan informasi yang biasanya kurang lengkap, banyak dipengaruhi unsur emosional, kemudahan mengambil contoh kejadian, kurangnya data, mengeneralkan kejadian yang tidak mewakili, dan bersifat instuitif. Di bab ini, kamu akan diberikan penjelasan bagaimana kesalahan berpikir atau cara berpikir individu dengan dipengaruhi informasi yang kurang memadai, kemudian mengambil keputusan dengan cukup beresiko juga.

Baca juga: Resolusi Satu Tahun Penting Dibuat atau Tidak? Yuk Simak Penjelasannya Secara Psikologi

Kemudian dalam bagian 3, kamu akan mendapatkan materi berupa masih dalam kesalahan dalam berpikir yang terlalu cepat, bersemangat mempercayai hasil yang tidak ada korelasi dengan yang lain, ilusi dalam berpikir dan memutuskan sesuatu serta lebih mengarah kepada perilaku ekonomi. Kemudian di bagian 4 lebih menjurus kepada bagaimana mengambil keputusan dan menilai dalam perilaku ekonomi, terutama dalam mengambil saham atau lain sebagainya.

Untuk bagian terakhir yaitu dua diri. Karena saya belum sampai ke sini, saya tidak bisa menjelaskan apa yang ada dalam bagian ini. Sebagai pengantarnya saja yaitu keterkatian antara pengambilan keputusan, berpikir dalam diri manusia dihubungkan dengan kejadian dalam kehidupan. Sebagai contoh dengan kebahagiaan, pernikahan dan lain sebagainya. Bagaimana ilusi-ilusi pikiran mempengaruhi kehidupan adalah inti yang disampaikannya.

esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow
Bagaimana memutuskan sesuatu dengan pikiran yang benar. Source: Pexels

Buku thinking fast and slow memang merupakan buku yang tergolong berat, baik dari segi bahasa atau berat fisiknya hehe. Apalagi pembahasan dalam bahasa Indonesia, yang merupakan terjemahan, sangat berantakan sekali menjelaskannya. Kalau kamu mahir berbahasa Inggris, lebih baik membaca sumber aslinya saja.

Baca juga: Terapi Gestalt untuk Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup Masa Kini

Buku ini juga hanya saya anjurkan bagi kamu yang sedang atau sudah pernah kuliah, terutama mendapatkan dasar psikologi dan statistika penelitian. Karena, bahasannya yaitu menyinggung beberapa konsep dasar penelitian, seperti validitas, korelasi, regresi dan sebagainya. Untuk psikologinya yaitu konsep dasar, kerja otak (BIS dan BAS), dan banyak membahas psikologi kognitif.

Meskipun begitu, bagi kamu yang ingin mencari tahu sebenarnya sah-sah saja, terutama untuk menyadari bagaimana berpikir yang lebih jelas dan tidak mengalami bias berpikir. Seperti ketakutan yang hanya diciptakan sendiri, padahal data yang diolah dalam pikiran kurang memadai malahan lebih banyak emosionalnya. Atau juga ingin mengetahui cara kerja otak yang cepat dan lambat kapan dalam mengambil keputusan.

Link Download Buku Thinking Fast and Slow

Bagi kamu yang ingin membaca buku Thinking Fast and Slow dalam bahasa Indonesia, kamu harus mengeluarkan uang untuk membelinya di toko online atau toko terdekat kesayangan kamu. Taksiran harganya yaitu (ketika saya beli) sekitar Rp. 110.000.

Baca juga: Mengukur Tingkat Kebahagiaan dan Kesehatan Mental Diri Sendiri dengan Teori Jahoda

Namun kalau kamu memang ingin mencari yang berbahasa Inggris dan gratis, kamu bisa mengunjungi link berikut ini [Link Buku Thinking Fast and Slow]. Akan tetapi saya lebih menyarankan untuk membeli buku aslinya baik yang fisik atau elektronik. Untuk buku elektronik ini bisa kamu beli di google play book. Dimaksudkan demi mendorong orang lain untuk tetap berkarya dan menghargainya.

Daftar Pustaka

Wikipedia

Princeton

Nobelprize

Kahneman, D., Thinking Fast and Slow, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013

Penutup

esensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow
Cobalah berpikir jernih – Source: Pexels

Oke, untuk kali ini saya hanya bisa mengantarkan sampai disini saja. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang hendak membaca buku thinking fast and slow karya Daniel Kahneman ini. Intinya sih dalam buku ini menjelaskan bagaimana sistem kerja otak dan pikiran kita dalam memutuskan suatu tindakan dan bagaimana mengolah informasi yang dimiliki untuk memutuskan suatu hal dan menilai hal tersebut. Outputnya bagaiaman kamu akan bertindak dan bersikap.

Oh iya, bagi kamu yang merasa belajar hari ini dan mendapatkan pengetahuan baru, kamu bisa berbagi dengan kerabat, sahabat atau teman dekat atau juga keluarga, baik keluarga kamu atau keluarga dia, dengan menekan tombol share di bawah. Terima kasih.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk di publikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: aripviker@gmail.com

Kata kunci: resensi buku thinking fast and slow, review buku thinking fast and slow, download buku thinking fast and slow

Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow
Tag pada:                

Arif Keisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

2 gagasan untuk “Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: