Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan memuat artikel mengenai review film survival family. Film dari Jepang ini menyajikan bagaimana realita kehidupan yang berbalik 360 derajat. Orang-orang harus mengundi nasib bertahan hidup di dunia tanpa adanya peralatan elektronik atau juga kendaraan bermesin. Kira-kira mirip sekarang ini (ditulis ketika terjadi pandemi covid-19 di dunia).

Baca juga: Rekomendasi Anime Kisah Hidup Bersaudara Kakak-Adik yang Mengharukan

Di film itu kamu akan menemukan betapa panik setiap orang karena kehidupan yang berubah drastis. Panic buying dimana-mana, pencurian bahkan sifat dorongan manusia agression muncul. Mirip kan? Bedanya, kamu disini dituntut untuk bertahan hidup, kalau terjadi pandemi ini bagaimana kamu menghindari kontak dengan orang lain.

Oke, kalau kamu tertarik dengan film ini bisa baca dulu artikel review survival family nya disini. Yuk baca artikel dengan judul lengkapnya Menantang Kemampuan Bertahan Hidup Tanpa Teknologi – Review Film Survival Family.

Menantang Kemampuan Bertahan Hidup Tanpa Teknologi – Review Film Survival Family

Informasi Film

Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang
Survival Family. source: Twitter.com

Judul Film : Survival Family (サバイバルファミリー, Sabaibaru Famiri)

Genre : Drama; Keluarga; Comedi

Tahun Rilis : 11 Feburari 2017

Pengarang : Hidehiro Ogawa, Takao Tsuchimto dan Shintaro Horikawa

Sutradara : Shinobu Yaguchi

Durasi : 117 Menit

Pemeran film : Wakana Aoi (Yui Suzuki); Fumiyo Kohinata (Yoshiyuki Suzuki); Eri Fukatsu (Mitsue Suzuki); Yuki Izumisawa (Kenji Suzuki) dll.

Tentang Sutradara

Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang
Shinobu Yaguchi ni gaes. Source: MyDramaList

Shinobu Yaguchi merupakan seorang sutradara dan penulis skenario ulung asal Jepang. Pria yang lahir tanggal 30 Mei 1967 (52 tahun) ini telah banyak menyutradarai dan menulis beragam adegan film. Spesialis filmnya yaitu dalam cerita yang zero to hero, dimana biasanya seseorang melakukan aktivitas yang tidak biasa, menghadapi banyak rintangan, tapi akhirnya sukses.

Baca juga: Rekomendasi Anime Dengan Latar Cerita Masa Lalu dan Sejarah Keren

Kebanyakan film yang disutradarai dan ditulis oleh Shinobu Yaguchi bertemakan comedi, jadi bisa banyak mengundang penonton. Salah satu film yang pernah digarapnya yaitu Waterboys. Film yang berfokus pada anak SMA yang berusaha membentuk klub renang. Film ini sukses dibuat serialnya dan film pendek. Daftar film lain yang dibuatnya bisa dilihat disini [List Film Shinobu Yaguchi].

Ulasan Film dan Petikan Pesannya

Seperti yang sudah diulas di awal, film ini fokus pada perjuangan hidup sebuah keluarga dalam situasi yang genting. Dalam pembukaannya, kehidupan berjalan dengan normal tersedia kebutuhan sehari-hari seperti barang elektronik yang ditengai listrik berjalan lancar. Air juga tersedia melimpah. Namun keluarga tersebut kurang suka dengan hal yang berbau organik dan serba praktis.

Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang
Foto ketika lagi krisis nih. Source: IDN Times

Singkat cerita, tiba-tiba pada pagi hari listrik di seantero Jepang mati, dan barang elektronik tida bisa digunakan. Alhasil ketika berangkat ke kantor, kampus dan sekolah harus berjalan kaki atau hanya naik sepeda. Tidak lama kemudian kantor mulai tutup, sekolah mulai diliburkan karena fasilitas yang berkaitan dengan barang elektronik tidak bisa dipakai. Sejalan dengan itu, masyarakat banyak yang menyadari untuk menyerbu toko swalayan, panic buying kali ya dengan harga yang mahal juga hehe.

Baca juga: Nonton Anime Ini Kamu Akan Dibuat Berpikir Menyelesaikan Misteri. 10 Rekomendasi Anime Misteri Paling Seru

Salah satu cara untuk bertahan hidup yaitu harus selaras dengan alam. Artinya harus mencari sumber air, dan melakukan pekerjaan manual seperti bertani, berternak atau melaut secara manual. Keluarga tersebut memutuskan untuk pergi dari Tokyo ke Kagoshima menggunakan sepeda (Jauh banget lihat di peta Jepang wkwk). Akan tetapi, perjalan tidaklah selalu mulus, banyak rintangan, konflik yang harus dilalui oleh keluarga yang setiap hari dimanjakan oleh kepraktisan.

Mulailah ketika memasuki hari seminggu, keadaan sama seperti wabah pandemi corona saat ini, jalanan lengang tanpa kendaraan, toko swalayan habis diserbu. Bedanya masih bisa berinteraksi satu sama lain.

Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang
Perjuangan menuju Kagoshima, Jauh gans. Source: Cultura.ID

Pesan dalam film ini yang ingin disampaikan yaitu harus selalu menghemat energi dan mensyukuri segala nikmat yang telah tersedia saat ini. Kemudahan-kemudahan dalam hidup tidak akan muncul tiba-tiba, dan keberadaan mereka sangatlah berharga. Terkadang manusia kurang bisa menghargai sesuatu yang sudah terbiasa dan dianggap sudah selumrahnya itu terjadi demikian. Padahal ketika tidak ada, hal tersebut sangatlah berharga.

Baca juga: Mengenal Anak Autis dari Sebuah Film. Review Film Kuchibiru ni Uta o

Kelebihan film ini yaitu bisa memberikan pesan yang sangat bagus untuk menjaga bumi ini. Film seperti ini sangat luar biasa, karena jarang sekali terpikirkan oleh orang lain. Dengan film ini diharapkan mampu untuk mensyukuri kehidupan, seperti adanya laptop, mesin cuci, kendaraan, atau alat lainnya. Serta harus bisa terus bertahan hidup dalam kondisi apapun, jangan meremehkan apapun yang ada di sekeliling kita.

Kekurangannya dalam beberapa adegan bisa dilihat terlalu jelas rekaan yang terlalu jelas dibuat tidak alamiah. Seperti memancing ikan di pantai dengan arus yang deras, dll.

Link Download Film Survival Family

Bagi kamu yang ingin mendownload film survival family bisa mengunjungi laman berikut ini via youtube berikut:

atau bisa nonton via aplikasi facebook secara langsung [Nonton Survival Family]

Baca juga: Keindahan Alam dan Kemandirian di Pedalaman Jepang – Review Film Little Forest Live Action

N.B. Link tersebut di luar tanggung jawab situs ini, melainkan murni hasil upload dari user di media sosial yang bersangkutan.

Daftar Pustaka

Asianwiki.com/Survival Family

Wikipedia/Shinobu_Yaguchi

Penutup

Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang
Biasakan untuk hidup susah, biar bisa bertahan hidup. Source: Pexels.com

Oke, untuk artikel review film survival family hanya cukup sampai di sini saja. Semoga kamu dan saya bisa mengambil manfaat baik dari film tersebut atau artikel ini. Yuk mari menghargai apa yang sedang terjadi, dan berusaha menikmati keadaan meski sesulit apapun itu. Pasti ada hikmat di balik kesushan tersebut.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: Aripviker@gmail.com

Kata Kunci: Review film survival family, nonton film survival family, download film survival family, rekomendasi dorama jepang