Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan membahas artikel resensi buku Mellow Yellow Drama karya Audrey Yu Jia Hui. Masih ingat dengan Audrey? Beberapa bulan yang lalu, penulis buku Mencari Sila Kelima ini sempat trending di medsos loh. Pemicu trendingnya  Audrey karena isu akan diangkat sebagai menteri oleh presiden, dan karena kejeniusan dan prestasinya itu. Namun apakah kamu tahu bagaimana perasaan Audrey selama ini di balik prestasinya tersebut?

Baca juga: Belajar Mecintai Saudara Sebangsa Indonesia – Resensi Mencari Sila Kelima Oleh Audrey Yu Jia Hui

Meskipun Audrey memiliki kecerdasan di luar rerata orang lain, itu tidak membuatnya hidup bahagia. Lewat buku Mellow Yellow Drama ini, Audrey mencurahkan bagaimana perjalanan hidupnya. Ia mendapatkan cinta pertama ketika masih anak-anak, namun cintanya itu pada bangsa Indonesia. Oleh karenanya separuh perjalanan hidup Audrey dipengaruhi oleh hal tersebut. Menarik kan? Baca dulu deh resensi Mellow Yellow Dramanya.

Oke, tanpa lebar kata langsung saja baca ke bawah artikel dengan judul Bayangan Indahnya Cinta Pada Bangsa Indonesia Tidak Seperti Realitanya – Resensi Mellow Yellow Drama Karya Audrey Yu Jia Hui sampai bawah ya.

Bayangan Indahnya Cinta Pada Bangsa Indonesia Tidak Seperti Realitanya – Resensi Mellow Yellow Drama Karya Audrey Yu Jia Hui

Informasi Buku

Resensi Mellow Yellow Drama, Review Mellow Yellow Drama, Download Mellow Yellow Drama, Mellow Yellow Drama PDF
Ini cover buku Mellow Yellow Drama

Judul Buku : Mellow Yellow Drama

Penulis : Audrey Yu Jia Hui

Genre : auto-Biografis; Fiksi

Bahasa : Indonesia

Penerbit : PT Bentang Pustaka

Kota Terbit : Sleman, Yogyakarta

Tahun : 2014 (Ed. Pertama)

Halaman : 242

ISBN : 978-602-291-032-9

Biografi Penulis

resensi buku mencari sila kelima, resensi buku audrey yu jia hui, sosok audrey yu jia hui, review buku mencari sila kelima,
Foto Audrey, Gadis Surabaya yang Cerdas Luar Biasa. Source: Liputan6.com

Audrey Yu Jia Hui atau nama kecilnya Maria Audrey Lukito merupakan penulis muda asal Indonesia, dengan kisah hidup yang cukup terjal sebagai gifted child dan keturunan minoritas. Audrey kecil dilahirkan tahun 1988 dari keluarga terpelajar. Orang tua Audrey yaitu Budi Lukito seorang insinyur dan pebisnis, sedangkan ibunya Natalia Angela Oenarta merupakan insinyur teknik kimia.

Baca juga: Nestapa, Khianat dan Genderang Jihad di Abad Pertengahan – Resensi Ain Jalut; Melawan Mitos Hulagu

Ketika masuk sekolah, Audrey menyelesaikan SD dengan kurun waktu 5 tahun, SMP 1 tahun dan SMA hanya sebelas bulan. Ketika beranjak 13 tahun, Audrey diterima di The College of William and Marry (WM), yang merupakan kampus tua dan ternama bagi anak-anak cerdas istimewa di Amerika Serikat. Ketika 16 tahun, Audrey meraih Sarjana Fisika dengan predikat Summa Cum Laude. Prestasi kognitifnya tidak hanya itu, ketika umur 10 tahun Audrey meraih skor 573 dalam TOEFL dan di usia 14 tahun meraih TOEFL sebesar 670.

Di samping prestasi akademiknya yang gemilang, Audrey memiliki cinta yang besar terhadap Indonesia. Dia berandai dengan kejeniusannya bisa berkontribusi terhadap Indonesia seperti para pahlawan yang dikaguminya. Karenanya, Audrey lebih memilih pulang setelah lulus ke Indonesia.

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya

Resensi Mellow Yellow Drama, Review Mellow Yellow Drama, Download Mellow Yellow Drama, Mellow Yellow Drama PDF
Hening dalam Keramaian – Source: Pexels.com

Ketika membaca buku ini, sebagian orang yang belum tahu akan mengira biografi tentang kisah merah muda. Dalam buku ini memang Audrey menuangkan kisah cinta pertamanya yang bertepuk sebelah tangan. Ia sangat menyesal sekaligus mensyukuri pernah mencintainya. Ya, cinta pertama Audrey yaitu kepada Indonesia.

Alur buku ini diawali dengan kisah masa kecil Audrey yang lahir di Surabaya, keturunan Tionghoa. Ia dibesarkan dari keluarga yang tidak kekurangan apapun, namun hanya kebutuhan psikis yang kurang. Audrey tumbuh menjadi anak kecil yang menjadi dewasa bukan pada waktunya.

Sehingga Ia sering kali dikucilkan baik oleh keluarga, teman dekat bahkan gurunya (di akhir tahun 1990an) karena sering bertanya terlalu sering. Namun dari sekolah pula, Audrey belajar dan mengagumi para pahlawan dan bangsa Indonesia.

Baca juga: Belajar Tidak Menyerah dalam Menggapai Takdir – Resensi Alchemist Oleh Paulo Coelho

Dari sini mulailah kekaguman dan cinta Audrey kepada Indonesia, dipengaruhi juga oleh cerita dari Ayahnya. Mekarlah rasa cinta yang menumbuhkan patriotisme Audrey kecil itu, yang bermura pada keinginannya menjadi tentara. Tentu, tujuannya untuk membela bangsa Indonesia.

Semangat patriotismenya makin hari kian meledak-ledak. Alhasil, orang lain selalu bereaksi buruk ketika Audrey mengungkapkan rasa cinta dan patriotismenya. Tidak hanya dari orang lain, tapi dari orang tua juga. Akibatnya ini yang membuat Audrey mengurung diri untuk belajar banyak hal dari buku.

Resensi Mellow Yellow Drama, Review Mellow Yellow Drama, Download Mellow Yellow Drama, Mellow Yellow Drama PDF
Perahu Ketenangan – Source: Pexels.com

Singkat cerita Audrey menemukan jalan untuk mendedikasikan dirinya untuk membela Indonesia, yaitu berprestasi di Amerika Serikat. Di sana Audrey memang sangat berprestasi bahkan mendapatkan penghargaan yang sangat prestisius di Amerika. Di sana juga Audrey bebas mengekspresikan patriotisme dan kecintaannya terhadap Amerika. Ia tidak menerima hardikan atau cercaan dari orang – orang sekitar.

Baca juga: Menjelajahi Peradaban Dunia dari Mesopotamia – Resensi dari Puncak Bagdad

Sekembalinya ke tanah air, Audrey berencana dengan antusias untuk mendedikasikan ilmu, kemampuan, masa muda dan cinta untuk bangsa Indonesia. Namun, Ia menyadari bahwa negerinya ini tidak seperti yang dibayangkannya. Slogan Bhineka Tunggal Ika dan asas Pancasila dilanggar oleh elit kelompok penguasa yang membuat Indonesia tetap berjalan kaki di samping negara lain yang sedang beralari.

Selain itu Audrey kembali mendapat perilaku buruk akan patriotismenya itu. Hasilnya, Ia hampir mengalami depresi. Masyarakat Indonesia tidak seperti yang diharapkannya, mulai dari sekelompok penguasa yang korup, konflik antar saudara sebangsa, dan intimidasi terhadap dirinya. Ini membuat Audrey pergi ke China, karena setelah belajar dari dokter yang mampu memahami hidupnya. Sampai akhirnya berujung pada sebuah solusi penemuan akan ajaran Taotisme, yang membuat hidupnya terisi harapan kembali.

Baca juga: Cerminan Perlakuan Pada Anak Spesial Dalam Pendidikan – Resensi Buku Totto Chan Gadis Cilik Di Jendela

Dari uraian di atas mengajarkan bahwa harus menghargai setiap perasaan baik anak kecil, muda atau dewasa. Memahami perasaan mereka, terutama yang memiliki kebutuhan khusus, membutuhkan usaha ekstra. Pemenuhan akan kebutuhan psikisnya tentu berbeda dengan orang lain. Dalam buku ini, Audrey mengkisahkan Ia merasa kesepian di tengah keramaian masyarakat. Artinya tidak dihargainya kebutuhan psikis Audrey oleh orang lain, terutama kecintaannya terhadap Indonesia. Bahkan Audrey sempat dibawa kedokter karena diangap terlalu aneh.

Selain itu juga, buku ini cukup mudah dipahami oleh setiap kalangan. Namun memang di akhir bagian buku ini Audrey menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin, tapi juga disertai terjemahannya. Ini perlu kemahiran berbahasa dalam memahami pesan yang ingin disampaikannya.

Link Download dan Baca Buku Mellow Yellow Drama

Bagi kamu yang ingin membaca atau mengunduh buku Mellow Yellow Drama PDF, kamu bisa membaca buku ini secara resmi di aplikasi Ipusnas. Di sana tersedia seluruh buku karya Audrey Yu Jia Hui. Apabila ingin mengunduhnya, kamu bisa juga membeli bukunya via playstore di sini [Play book Audrey Yu Jia Hui] seharga Rp. 30.000,.

Baca juga: Kisah Seorang Guru yang Memiliki Idealisme dari Jepang. Resensi Buku “Botchan”

Namun jika kamu tidak suka membaca buku dengan media elektronik, kamu bisa membeli buku ini di toko kesayangan terdekat kamu atau di toko online. Harga yang ditawarkan untuk buku ini yaitu sekitar Rp. 50.000 – Rp. 70.000. Yuk biasakan membeli buku resmi atau membaca dari kanal resminya untuk mendukung penulis tetap produktif!

Buku Lain Karya Audrey Yu Jia Hui

Daftar Pustaka

  • Arif Keisuke, Resensi Mencari Sila Kelima
  • Yu Jia Hui A., (2014), Mellow Yellow Drama, Sleman: Bentang Pustaka

Penutup

Resensi Mellow Yellow Drama, Review Mellow Yellow Drama, Download Mellow Yellow Drama, Mellow Yellow Drama PDF
Village Peace – Source: Pexels.com

Oke untuk artikel resensi buku Mellow Yellow Drama dicukupkan sampai di sini saja. Untuk pesan kali ini, harus bisa menghargai perbedaan. Dalam bahasan Psikologi ini ada konsep individual differences, individu itu berbeda-beda. Yuk saling memahami satu sama lain agar tercapai toleransi. Baik toleransi agama, bangsa, suku atau perbedaan lainnya. Karena berbeda adalah rahmat.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: Aripviker@gmail.com

Kata Kunci: Resensi Mellow Yellow Drama, Review Mellow Yellow Drama, Download Mellow Yellow Drama, Mellow Yellow Drama PDF