Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan membahasa artikel resensi buku Humor Therapy karya Bambang Suryadi. Kali ini, buku yang akan saya resensi hasil karya dosen psikologi konseling di kampus. Dalam buku ini, beliau memang konsen sekali dalam konseling terutama memberikan tips self-therapy dengan buku ini. Bagi kamu peminat konseling atau sering dicurhatin temen, buku humor therapy bisa jadi alat bantu bagi kamu loh, tentu saja baca dulu resensi buku humor therapy nya di sini.

Baca juga: Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow

Oh iya, buku ini unik sekali karena memadukan antara sifat ilmiah dan buku populer loh. Kamu akan mendapatkan sudut pandang psikologi mengenai humor itu bagaimana sih. Juga dilengkapi dengan alat ukur loh, cocok bagi yang ingin penelitian nih. Satu lagi, bagi kamu yang tertarik info psikologi sehari-hari bisa mengakses web ini [Bumi Psikologi].

Langsung saja baca deh artikel dengan judul lengkapnya Mengenal Humor untuk Kehidupan yang Lebih Positif – Resensi Buku Humor Therapy Karya Bambang Suryadi sampai tuntas ya!

Mengenal Humor untuk Kehidupan yang Lebih Positif – Resensi Buku Humor Therapy Karya Bambang Suryadi

Informasi Buku

resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy
Ini cover buku Humor Therapy dengan warna ciri khas psikologi.

Judul Buku : Humor Therapy; Perpaduan antara Teori dan Pengalaman Empiris

Penulis : Bambang Suryadi, Ph.D

Genre : Psikologi Konseling

Bahasa : Indonesia, Jawa (Dalam beberapa contoh humor)

Penerbit : RMBooks

Kota Terbit : Jakarta Selatan

Tahun : 2019

Halaman : 263 halaman

ISBN : 978-602-5931-24-6

Biografi Tokoh

resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy
Foto Pak Bambang Suryadi, Ph.D. Source: Fpsi-uinjkt.academia.edu

Bambang Suryadi, Ph.D merupakan seorang dosen di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pria kelahiran Sragen, 29 Mei 1970 memang terlahir dari keluarga guru. Rekam jejak pendidikan beliau juga dihabiskan di Gontor dengan konsentrasi pendidikan. Berikut riwayatnya yaitu SDN Blangu 1, MTs Gontor, MA Gontor, S1 IPD Pondok Modern Gontor.

Baca juga: Melatih Untuk Mengurangi Emosi dan Pikiran Negatif Secara Praktis – Resensi Buku Filosofi Teras

Setelah lulus sarjana dari Gontor, beliau melanjutkan kiprah studinya di Negeri Jiran. Untuk studi master, beliau mengambil kuliah di International Islamic University Malaysia (IIUM) jurusan Guidnce and Counseling di Department of Education. Pendidikan formal terakhir (S3) beliau dihabiskan di University of Malaya (UM), Kuala Lumpur jurusan Educational Psychology and Counseling di Faculty of Education.

Selain aktif di pendidikan formal juga, beliau aktif di beberapa organisasi sejak di pondok. Mulai dari Dewan Mahsiswa dan sekretaris Pimpinan Pondok. Selanjutnya aktif di International Institute for Islamic Thought Malaysia (IIITM), pengurus ICMI Kuala Lumpur dan masih banyak lagi. Dalam karir profesional, BS 406 (sapaan di kelas), pernah menjadi ketua Badan Standard Nasional Pendidikan (BSNP) periode Agustus 2017 – Mei 2019. Bacaan Lanjutan Biografi beliau di [Bambang Suryadi Profile] dan [Profile di UIN Jakarta].

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya

resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy
Tersenyumlah – Source: Pexels.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, buku ini terbagi menjadi dua seksi. Yang pertama penulis berusaha mempertahankan keilmiahan buku ini dengan menjelaskan humor dalam kajian ilmiah. Pembahasan yang ditawarkan berupa pengertian, jenis, manfaat dan perkembangan humor di Indonesia. Kemudian beliau menghadirkan bagaimana humor dalam perspektif Agama, Psikologi (terutama teori-teori yang ada) dan Perspektif kesehatan. Terakhir di sesi satu menjelaskan bagaimana terapi humor bisa diterapkan baik untuk individu atau kelompok.

Dalam bagian dua, penulis memberikan ragam pengalamannya ketika bersinggungan dengan humor. Alhasil, sesuai dengan judulnya, di bagian ini penulis memberikan beragam contoh jenis humor yang bisa dipakai pembaca. Humor yang ada dalam buku ini dibagi ke dalam beberapa kontek seperti kontek pendidikan, kesehatan, politik, sosial dan keluarga. Tentunya ini bisa jadi bahan referensi kamu yang hendak nyari topik obrolan dengan orang lain.

Baca juga: Makna Sebuah Keluarga dan Hidup dengan Boneka – Resensi Buku The Puppeteer

Di sini akan dibahas sedikit, kamu ketika membaca buku ini akan mengetahui humor itu beragam jenisnya. Contoh kongkret yang bisa kamu terapkan ketika selesai membaca buku ini, kamu bisa menganalisis komedian menggunakan humor jenis apa. Sedikit pengalaman saya, melihat komedian terutama dalam Stand up Comedy atau acara komedi lainnya kebanyakan menggunakan humor menyakiti orang lain atau ridicule humor. Menarik bukan?

Kemudian humor dalam beragam perspektif. Untuk agama yaitu Nabi Saw juga sering tersenyum dan melontarkan candaan. Ini ditulis juga oleh penulis dalam bukunya. Selain itu, kamu akan diberikan pemahaman humor dalam psikologi. Contohnya yaitu humor menurut pandangan psikoanalitik dengan tokoh Sigmund Freud, menyatakan bahwa humor merupakan bagian dari pelepasan syaraf yang berlebihan. Artinya pergolakan dalam diri, berupa energi-energi syaraf harus dibuang. Dengan teori ini humor bisa dikatakan sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri dari energi negatif tersebut. Dan masih banyak teori lainnya loh.

resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy
Hidup kudu colorful – Source: Pexels.com

Sedikit pesan atau manfaat yang ingin disampaikan penulis yaitu ditulis dalam bukunya bahwa humor aan meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut studi American Psychological Society (2009) tertawa bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi perasaan stres, serta meningkatkan fleksibelitas otot loh. Selain itu dalam sampulnya dituliskan setiap orang bisa membuat humor, dan humor membuat perasaan kamu menjadi rileks dan fresh.

Baca juga: Menjelajahi Peradaban Dunia dari Mesopotamia – Resensi dari Puncak Bagdad

Dengan buku humor therapy, BS 406 berusaha memberikan sumbangan bagi setiap orang yang memiliki emosi negatif, stres dan lainnya bisa direduksi dengan terapi humor ini. Bisa digunakan baik untuk preventif atau pengobatan diri dan orang lain.

Secara keseluruhan, buku ini layak dibaca oleh setiap orang. Karena manfaat yang didapatkan sangat positif bagi kehidupan dan keadaan psikis pembaca. Namun dalam buku ini, terutama bagian awal memang sangat membosankan terutama bagi kamu yang tidak berminat dalam psikologi. Di sini dijelaskan seperti sebuah makalah. Selain itu juga, penulis di bagian akhir dalam contoh humor ada yang memakai bahasa Jawa sehingga tidak bisa dimengerti oleh sebagian orang.

Link Download dan Baca Buku Humor Therapy

Untuk kamu yang ingin menikmti buku Humor Therapy secara Cuma-Cuma sepertinya belum tersedia di ipusnas atau kanal resmi lainnya. Namun jika kamu ingin membeli buku aslinya, kamu bisa membeli di toko terdekat dengan rumahmu atau bisa pesan dari toko online. Harga yang dipatok untuk mendapatkan buku ini sekitar Rp. 55.000 – Rp. 70.000.,

Baca juga: Bayangan Indahnya Cinta Pada Bangsa Indonesia Tidak Seperti Realitanya – Resensi Mellow Yellow Drama Karya Audrey Yu Jia Hui

Tempat lain yang bisa kamu kunjungi yaitu perpustakaan kampus terutama bagi mahasiswa psikologi UIN Jakarta ada di sana.

Buku Lain Karya Bambang Suryadi

  • Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis (2008)
  • Cara Berpikir Kreatif dan Kritis (2004)
  • Untuk karya tulis lain beliau, terutama berupa jurnal dan buletin, kamu bisa mengakses di laman berikut : [Google Scholar], [Research Gate] atau di [Profile di UIN Jakarta].

Daftar Pustaka

  • Suryadi B., (2019), Humor Therapy; Perpaduan antara Teori dan Pengalaman Empiris, Jakarta: RMBooks.

Penutup

resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy
Bebaskanlah diri dan psikis kamu – Source: Pexels.com

Oke, untuk resensi buku humor therapy hanya cukup sampai di sini saja. Semoga bisa terus tertawa dalam keadaan sesulit apapun, karena dengan tertawa keadaan psikis bisa sedikit terobati dan tidak berat. Kamu juga bisa menggunakan humor dalam buku ini untuk bertukar canda tawa dengan teman kamu loh. Stay Positive! Terima kasih.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut ini: Aripviker@gmail.com

Kata kunci: resensi buku humor therapy, humor therapy pdf, download buku humor therapy, review buku humor therapy