review anime kaze tachinu. review anime the wind rises. ulasan film kaze tachinu. rekomendasi anime kaze tachinu.

Pendahuluan 

Kali ini Arif Keisuke akan membuat review anime Kaze Tachinu atau The wind rises. Anime movie ini merupakan rilisan dari studio ghibli. Mungkin bagi para penikmat anime bakal tahu bagaimana kualitas dari rilisan studio ghibli. Tidak terkecuali juga movie Kaze Tachinu atau the wind rises. Dengan menonton anime ini, kamu akan diberikan banyak inspirasi dan motivasi untuk terus berkarya dan menjadi orang berguna. 

Baca juga: Rekomendasi Anime Kisah Hidup Bersaudara Kakak-Adik yang Mengharukan 

Mungkin saja di sini ada yang sering hopeless atau merasa insecure atas kehidupannya, salah satu copingnya bisa dengan anime ini. Ceritanya yang luar biasa disertai dengan suasana masa lalu yang masih terasa membuat anime ini top. Yuk baca dulu artikel review anime kaze tachinu sebelum nonton film nya. 

Baca artikel ini dengan judul lengkapnya Menelaah Kisah Tokoh Habibie dari Jepang, Jiro Horikoshi  Review Anime Kaze Tachinu (The Wind Rises) sampai tuntas. 

Menelaah Kisah Tokoh Habibie dari Jepang, Jiro Horikoshi – Review Anime Kaze Tachinu (The Wind Rises)

Informasi Film 

review anime kaze tachinu. review anime the wind rises. ulasan film kaze tachinu. rekomendasi anime kaze tachinu.
Arif Keisuke – Kaze Tachinu. Sumber: Pinterest.ru
  • Judul Film : Kaze Tachinu (The Wind Rises) 
  • Genre : Drama, Historical, Romance 
  • Tahun Rilis : 20 Juli 2013 
  • Producers : Nichion  
  • Studios: Studio Ghibli 
  • Durasi : 2 jam 6 menit 
  • Sumber : Manga 
  • Rating : Lebih dari 13 tahun 

Informasi Penulis 

review anime kaze tachinu. review anime the wind rises. ulasan film kaze tachinu. rekomendasi anime kaze tachinu.
Hayaou Miyazaki – Sumber: Wikipedia

Hayao Miyazakimerupakan pria kelahiran Tokyo, pada 05 Januari 1941. Ia merupakan seorang animator, pendongeng, penulis naskah, sutradara dan pembuat film ulung. Dunia mengakui kehebatan Hayao Miyazaki ini. Beberapa anime yang diproduksinya selalu laku di dunia internasional. Ia memiliki almamater di Universitas Gakushuin di Tokyo. 

Lebih lengkap mengenai Hayaou Miyazaki bisa kamu baca di sini [Wikipedia

Sinopsis

Walaupun Jirou Horikoshi memiliki rabun jauh yang menyebabkan dirinya tidak bisa menjadi pilot, Ia tetap menjadi ahli pesawat. Jirou meninggalkan kampungnya untuk belajar ilmu pesawat di Tokyo Imperial University (Sekaran Tokyou Daigaku). Ia ingin membangun pesawat yang terinspirasi dari Giovanni Battista Caproni dari Italia. Kedatangannya di ibu kota bertepatan dengan Gempa Bumi Besar Kanto tahun 1923, di mana dia menyelamatkan seorang pembantu yang melayani keluarga seorang gadis muda bernama Naoko Satomi; Peristiwa bencana ini menandai awal dari lebih dari dua dekade keresahan sosial dan ketidaknyamanan yang mengarah pada penyerahan diri Jepang pada Perang Dunia II. 

Bagi Jirou, tahun-tahun menjelang produksi pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero-nya yang terkenal, akan menguji setiap serat keberadaannya. Banyak perjalanan dan pengalaman hidupnya hanya mendorongnya untuk terus maju⁠ – bahkan saat dia menyadari peran ciptaannya dalam perang dan kenyataan pahit dalam kehidupan pribadinya. Seiring berjalannya waktu, dia harus menghadapi pertanyaan yang tidak mungkin: dengan harga berapa dia mengejar mimpinya yang indah? (Sumber: MyAnimeList

Petikan Pesan 

Dalam anime ini kamu akan menemukan sebuah cerita inspiratif dari Horikoshi Jiro. Jiro merupakan seorang insinyur pesawat terbang terutama karyanya yaitu Zero. Kisah ini memang diangkat berdasarkan dunia nyata dengan tokoh yang sama. Pesawat Zero kita kenal digunakan pada perang dunia 2. Kala itu Jepang ingin menyerang pelabuhan Amerika Serikat di Pearl Harbour. Salah satu pesawat yang digunakan yaitu Zero. 

Perjalanan hidup yang inspiratif seperti ia memiliki rabun jauh dan sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang pilot, yang akhirnya menjadi insinyur pesawat. Dikisahkan Horikoshi sangat tekun belajar. Kamu bisa bayangkan literatur yang tidak sebanyak saat ini dan teknologi yang ada belum seperti sekarang. 

Ketika dia kuliah, Horikoshi bertemu temannya Honjo, sesama insinyur pesawat terbang. Ada yang unik ketika kuliah, Horikoshi sering makan ikan tenggiri dan bahkan mengamati tulang nya yang melengkung. Ini menginspirasi dirinya ketika membuat sayap pesawat dengan melengkung seperti tulang ikan tenggiri. 

Baca juga: Rekomendasi Anime Dengan Latar Cerita Masa Lalu dan Sejarah Keren 

Suasana Jepang saat itu ketika giat membangun dan semangat bushido dengan paduan khas jaman showa membuat anime ini terasa sangat khas sekali. Semangat anak kuliah di todai akan kamu rasakan. Sampai kegigihan Horikoshi ketika masuk bekerja di perusahaan Mitsubishi di Nagoya. 

Nilai yang bisa kamu ambil seperti pantang menyerah. Horikoshi pada pecobaan pertama dan selanjutnya menuai kegagalan menciptakan pesawat dengan kecepatan tinggi. Ia terus memperbaiki kesalahannya, bahkan sampai di sekolahkan ke Jerman dan benua lain. Yuk semangat juga bagi kamu yang saat ini dalam kondisi sulit, pasti ada jalan dan jangan lupa berdo’a supaya hatinya kuat. 

Selain itu pesan lain membuat sesuatu untuk aktualisasi meski digunakan orang untuk perang. Di saat terakhir ada pesan mengharukan. Horikoshi merasa pesawatnya tidak pernah ada yang kembali karena mereka seperti pisau bermata dua. Meskipun begitu, kegigihan dan kecintaannya terhadap pesawat tak pantang berhenti di tengah jalan. Ia tahu pesawatnya akan digunakan untuk berperang, tapi Horikoshi tetap melakukannya karena niatnya bukan untuk itu. 

Oh iya instrument-instrument yang mengiringi anime ini sangat keren, misalnya seperti overture dan lainnya. Ini membuat penonton tenggelam kepada suasana dan apa yang tokoh rasakan dalam film itu. 

Tidak ada kemenangan sejati dalam perang. There is no glory in the war. 

Film Lain Studio Ghibli 

  • Sen to Chihiro no kamikamushi  
  • Howl no ugoku shiro 
  • Tonari no totoro 
  • Mimi wo sumaseba 
  • Kakuriko Zaka kara 
  • Lainnya bisa kamu lihat di sini [Anime Studio Ghibli] 

Daftar Pustaka 

Penutup 

Oke untuk artikel review anime kaze tachinu sampai di sini saja. Cari inspirasi memang bisa di mana saja, salah satunya lewat anime. Jangan lupa bagiin juga ke teman kamu yang lain ya. 

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: Aripviker@gmail.com 

Kata Kunci : review anime kaze tachinureview anime the wind rises. ulasan film kaze tachinu. rekomendasi anime kaze tachinu. 

Menelaah Kisah Tokoh Habibie dari Jepang, Jiro Horikoshi – Review Anime Kaze Tachinu (The Wind Rises)
Tag pada:                            

Arif B Al F

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

2 gagasan untuk “Menelaah Kisah Tokoh Habibie dari Jepang, Jiro Horikoshi – Review Anime Kaze Tachinu (The Wind Rises)

  • Januari 22, 2021 pukul 12:03 am
    Permalink

    Jujurnya aku blm pernah nonton anime2 buatan studio Ghibli :). Tapi semua temen yg udah nonton, selalu rekomendasiin film2nya. Kliatannya aku memang hrs nonton dulu utk tahu suka ato ga. Ini juga alasan kenapa tiap kali ke Jepang, aku slalu skip museum Ghibli Krn takut ga nyambung Ama isi museum :D.

    Semoga aja dgn nontonfimnya, setidaknya kalo ke Jepang lagi aku bisa LBH nyambung pas msk museumnya 😀

    Balas
    • Januari 22, 2021 pukul 1:14 pm
      Permalink

      Iya kak memang keren anime dari Ghibli. Biar jadi referensi juga kak kalau ngobrol pas ke Jepang khususnya di museum Ghibli nya hehe.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: