Pendahuluan 

Kali ini Arif Keisuke akan memuat artikel mengenai review anime mushishi. Bagi kamu yang suka dengan keindahan alam dan nuansa cerita kehidupan masa lalu, Mushishi cocok sekali. Terlebih tokoh dalam anime ini berkelana ke setiap penjuru negeri sebagai ahli mushi. Dengan nonton film ini, saya jamin kamu langsung ingin pergi jalan-jalan ke wilayah alam asri.

Baca juga: Pentingnya Pengakuan Eksistensi Hidup dan Kemanusiaan – Review Anime Zankyou no Terror

Selain menawarkan keindahan alam serta nuansa cerita masa lalu, ketenangan menjadi kunci anime ini. Konflik yang terjadi lebih sering pada fenomena kehidupan, bahkan banyak sekali pesan moral kehidupan yang ada. Namun tentunya, kamu harus bisa mengambil itu sendiri karena banyak pesan tertuang secara implisit. Tapi, baca dulu review animenya di sini sih hehe 

Yuk langsung saja baca artikel dan bagiin artikel merasakan kehidupan dan suasana masa lalu serta folklore – review anime Mushishi ke teman kamu ya. 

Merasakan Kehidupan dan Suasana Masa Lalu serta Folklore – Review Anime Mushishi 

Informasi Film 

review anime mushishi. Ulasan anime mushishi. Download mushishi sub indo. Nonton anime mushishi.
Arif Keisuke – Review Anime Mushishi Cover. Sumber: MyAnimeList
  • Judul Film : Mushishi 
  • Genre : Adventure, Slice of Life, Misteri, Sejarah, Supernatural, Fantasi, Seinen 
  • Tahun Rilis : Mushishi S1 (2005-2006); Mushishi Zoku Shou (2014); Mushishi Zoku Shou 2 (2014) 
  • Producers : Avex Entertainment, Aniplex, Kondansha, Delfi Sound dll. 
  • Studios : Artland 
  • Sumber : Manga 
  • Durasi : Mushishi 26 eps; Mushishi Zoku Shou 20 eps. (23 mins/epsiode) 
  • Rating : + 13 tahun 

Informasi Pembuat Manga 

Urushibara Yuki, merupakan pembuat manga Mushishi yang lahri di Perfektur Yamaguchi, Jepang pada tanggal 23 Januari 1974. Ia mendapatkan Excellence Prize for Manga pada tahun 2003 dalam acara Japan Media Arts Festival dan tahun 2006 mendapatkan Kodansha Manga Award untuk manga umum. Twitter [Urushi_Official

Sinopsis Mushishi 

Mushi: bentuk paling dasar dari kehidupan di dunia ini. Keberadaan mereka tanpa tujuan atau maksud apa pun selain menjadi keberadaan itu sendiri. Kehidupan mereka terlepas dari kata sifat baik dan jahat. Mereka hanya sekedar eksistensi dasar dari kehidupan. Mushi bisa juga ada dalam bentuk yang sangat banyak, bahkan tidak terhitung jumlahnya. Mereka juga memiliki sifat mampu meniru bentuk hal-hal dari alam seperti tumbuhan, penyakit dan bahkan menyerupai pelangi. 

Namun, ini merupakan sebuah definisi entitas mereka yang mendiami dunia Mushishi masih samar. Bahkan menurut para Mushishi sebutan mereka sebagai bentuk kehidupan sederhana itu terlalu berlebihan. Ini juga disebabkan karena informasi yang lebih detail terkait Mushi masih langka karena manusia tidak terlalu memedulikan keberadaan mereka. 

Ginko, seorang Mushisi, selalu merenungkan apa itu Mushi dan kenapa mereka bisa ada. Dengan alasan itu Ia menjadi mushishi dan melakukan perjalanan untuk memahami tempat mereka sehingga bisa mencari tahu tentangnya. 

Ulasan dan Petikan Pesannya 

review anime mushishi. Ulasan anime mushishi. Download mushishi sub indo. Nonton anime mushishi.
Arif Keisuke – Alam yang indah. Sumber: Unsplash.com

Anime ini menceritakan tentang perjalanan seorang mushishi berkelana ke seluruh negeri. Pengelanaan ini bertujuan karena jika mushishi terebut, namanya Ginko, berdiam diri malah akan kena masalah tempat tersebut. Pasalnya, Ginko merupakan mushishi unik yang kehadiran dirinya bisa menarik mushi mendekatinya. 

Setiap perjalanannya, Ginko bertemu dengan beragam orang dan beragam fenomena. Fenomena-fenomena yang ada terkait dengan mushi. Simpelnya mushishi itu kayak orang pintar, mushi itu hantu atau semacam itu lah. Secara harfiah mushi itu serangga, dan Shi itu artinya orang ahli. Kalau kamu bisa baca kanji, ini kanjinya 蟲師. Kalau dalam dunia per-Indonesiaan bisa dibilang dukun sih. 

Seperti yang sudah saya katakan, Ginko di setiap episodenya selalu berjumpa dengan beragam fenomena, terutama terkait Mushi. Sebagai contoh dalam musim terakhirnya Ginko bertemu dengan orang yang memiliki ingatan panjang. Orang tersebut bisa mengingat setiap kejadian dari masa lalu hingga sekarang.

Kebetulan ketika Ginko bertemu dengannya, orang itu menanyakan kabar kakek yang bersama Ginko di masa lalu. Namun Ginko menganggap orang tersebut aneh, alias so akrab. Akan tetapi setelah Ginko telaah ketika kaki orang tadi berubah menjadi kayu dan berbunga, Ia terjangkit sebuah mushi. Pemicunya memakan buah plum dari suatu pohon. 

Baca juga: Rekomendasi Anime yang Memiliki Pemandangan Indah Part 1 

Alhasil, ingatan pohon tersebut beralih ke orang itu. Puncaknya, ketika orang itu merasakan sensasi aneh, mengacu kepada apa yang dirasakan pohon tersebut di masa lalu, mampu menyelamatkan warga. Ia merasakan sensasi akan adanya bahaya mengancam desa. Kenyataannya memang terjadi gempa dan longsor yang menghancurkan desa itu. Namun, berkat orang tersebut, seluruh masyarakat tidak ada yang meninggal. 

If you throw your life away, you won’t even have the capacity to feel regret 

Ginko

Mushishi memang memiliki banyak episode tapi setiap episode itu tidak berkesinambungan. Mereka berdiri sendiri dengan jalan cerita yang berbeda. Meskipun begitu, ada beberapa episode yang saling berhubungan juga, seperti Ginko yang kembali menemui orang di episode sebelumnya. 

Anime ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan sebuah pengalaman hidup di masa lalu. Maksud saya, karena seluruh jalan cerita Mushishi ini fokus ke pedesaan dan masa lalu, sehingga cocok bagi kamu yang suka anime seperti ini. Latar pedesaan, pegunungan dan kehidupan masyarakat serba alami sesuai dengan zamannya, sungguh sangat ikonik. Selain itu, perjalanan Ginko berkeliling dunia, mungkin akan menambah motivasimu untuk travelling ke daerah pedesaan. Bagi anak senja mungkin akan menambah referensi gunung yang bisa dikunjungi hehe. 

Perkelanaan Ginko ke setiap pemukiman memberikan pelajaran hidup bagi kita di masa kini. Oleh karenanya, tayangan ini cocok menjadi pengantar tidur bagi anak-anak. Bisa juga sebagai bahan dalam membuat story telling. Ini karena penuturan anime Mushishi menggunakan gaya bercerita. Setiap episodenya diawali dan diakhiri dengan suara narator yang khas banget. Gaya wanita paruh baya dengan suara serak biasa menutup setiap episode. 

Daftar Pustaka 

MyAnimeList 

Penutup 

Oke untuk artikel review anime mushishi cukup sampai di sini saja deh. Jangan lupa bagiin artikel ini ke teman kamu yang lainnya ya. Hatur Nuhun.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini kamu bisa mengirimkannya ke alamat email berikut: aripviker@gmail.com 

Kata kunci: review anime mushishi. Ulasan anime mushishi. Download mushishi sub indo. Nonton anime mushishi.

%d blogger menyukai ini: