Sepenggal Kisah Kehidupan di Jakarta – Resensi Jakarta Sebelum Pagi Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 

oleh | 7 Jun 2022 | Buku

Pendahuluan 

Kali ini Arif Keisuke akan memuat artikel mengenai Resensi Jakarta Sebelum Pagi Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Kisah dalam buku Jakarta Sebelum Pagi sangat cocok bagi kamu yang hendak mengenal penggalan anak muda kalangan menengah warga Jakarta. Atau sekadar mengetahui memangnya bahasa Jaksel itu ada, nah buku ini sangat cocok bagi kamu. 

Selain itu, kamu bisa mengetahui juga kisah menarik dari jalan cerita buku ini. Buku yang mengisahkan tokoh utama berkeliling Jakarta di kala fajar dan pagi buta sangat saya rekomendasikan bagi kamu. Oh iya, artikel resensi buku Jakarta Sebelum Pagi ini berisi spoiler ya, meski tidak banyak tapi lebih baik kamu baca sebagai gambaran saja. 

Yuk langsung saja baca artikel dengan judul lengkapnya Sepenggal Kisah Kehidupan di Jakarta – Resensi Jakarta Sebelum Pagi Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie sampai tuntas ya. 

Sepenggal Kisah Kehidupan di Jakarta – Resensi Jakarta Sebelum Pagi Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 

Informasi Buku 

Resensi buku Jakarta sebelum pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, review buku Jakarta sebelum pagi, analisis buku Jakarta sebelum pagi, download buku Jakarta sebelum pagi, baca buku Jakarta sebelum pagi pdf.
Arif Keisuke – Jakarta Sebelum Pagi Cover
  • Judul Buku: Jakarta Sebelum Pagi 
  • Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 
  • Genre: Fiksi; Romance 
  • Bahasa: Indonesia 
  • Penerbit: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia) 
  • Kota Terbit: Jakarta 
  • Tahun Terbit: 2016 
  • Tebal Buku: 270 halaman 
  • ISBN: 978-602-375-484-7 

Tentang Penulis 

Resensi buku Jakarta sebelum pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, review buku Jakarta sebelum pagi, analisis buku Jakarta sebelum pagi, download buku Jakarta sebelum pagi, baca buku Jakarta sebelum pagi pdf.
Ziggy Sumber The Jakarta Post

Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, merupakan seorang penulis kelahiran Lampung pada tanggal 10 Oktober 1993. Meskipun seorang penulis populer, ia bukan kuliah di jurusan sastra namun di Fakultas Hukum Universistas Padjajaran Bandung. Menurutnya, jika kuliah masuk ke jurusan sastra ia takut kehilangan kebebasan menulis dan akan lebih rigid atau terstruktur. 

Ziggy memiliki minat menjadi penulis buku anak pada awalnya, ini bisa terlihat dalam gayanya menulis seperti penggambaran suatu tokoh, pengambilan latar dsb. Tetapi memang bukunya selalu menceritakan hal yang kompleks. Ziggy juga sempat menjuarai beberapa sayembara kepenulisan, misalnya Jakarta Sebelum Pagi mendapatkan Sayembara Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2014, Di Tanah Lada juara kedua 2015, dan 2016 menjadi juara DKJ kembali dengan buku Semua Ikan di Langit. Total kurang lebih buku yang Ia tulis mencapai 27 buku. 

Sinopsis (blurb) Buku Jakarta Sebelum Pagi 

“Jam tiga dini hari, sweter, dan jalanan yang gelap dan sepi . . . Ada peta, petunjuk; dan Jakarta menjadi tempat yang belum pernah kami datangi sebelumnya” 

Mawar, hyacinth biru, dan melati. Dibawa balon perak, tiga bunga ini diantar setiap hari ke balkon apartemen Emina. Tanpa pengirim, tanpa pesan; hanya kemungkinan adanya stalker mencurigakan yang tahu alamat tempat tinggalnya. 

Ketika-tanpa rasa takut-mina mencoba menelusuri jejak sang stalker, pencariannya mengantarkan dirinya kepada gadis kecil misterius di toko bunga, kamar apartemen sebelah tanpa suara, dan setumpuk surat cinta berisi kisah yang terlewat di hadapan bangunan-bangunan tua kota Jakarta. 

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya 

Resensi buku Jakarta sebelum pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, review buku Jakarta sebelum pagi, analisis buku Jakarta sebelum pagi, download buku Jakarta sebelum pagi, baca buku Jakarta sebelum pagi pdf.
Arif Keisuke – Jakarta Sebelum Pagi Sumber Unsplash

Buku Jakarta Sebelum Pagi mengisahkan sepenggal kehidupan warga kelas menengah Jakarta. Mungkin kalau istilah dalam handphone nyebutnya lebih ke upper intermediate menuju flagship. Bisa diliat dari lingkungan yang dipotret oleh Ziggy sebagai latar novel ini yaitu kantoran, apartemen, kafe, sudut kota Jakarta dan rumah pak Meneer. 

Tokoh-tokoh yang hadir dalam novel ini juga memiliki nuansa budaya Jakarta – lumrahnya dikenal bahasa jaksel, yang sangat kental. Dialog Emina misalnya secara keseluruhan menggunakan logat jaksel yang sangat kentara, campuran Indonesia dan inggris. Begitu juga dengan profesi tokoh dalam novel Jakarta Sebelum Pagi, seperti pekerja kantoran, web designer atau freelancer, pemilik kafe dan lainnya. Yang dalam pandanganku, profesi tersebut bukan berarti tidak ada di kota lain, tetapi lebih berpusat di kota-kota seperti Jakarta. 

“ . . . tapi kamu harus tahu kalau nggak ada orang lain yang bisa menanggung risiko dari perbuatan yang kamu pilih. Jadi, anak kecil nggak akan memberikanmu pengecualian” 

Emina – Jakarta Sebelum Pagi

Yang menarik dalam buku ini yaitu keunikan di setiap tokoh yang digambarkan Ziggy. Seperti mereka memiliki kepribadian atau karakteristik yang sangat berbeda satu sama lainnya tetapi unik. Ziggy menggambarkan karakter Emina sangat khas. Kepribadian yang awkward, cenderung absurd.

Pikiran Emina sering diutarakan tanpa canggung, dan kadang digambarkan oleh Ziggy merupakan sesuatu yang jenaka. Seperti ketika dilarang nyentuh atau ngeluarin bunyi tiba-tiba ketika dekat dengan Abel, pikiran-pikiran Emina terkesan sangat apik penggambarannya oleh Ziggy. Emina bisa menjadi teman yang tulus dan baik. Emina terlihat tidak pernah mendramatisi sesuatu. Ia tidak hipokrit, dan tulus pada apa yang dilakukannya. Meskipun begitu, tingkat literasi Emina sangat kental sekali, seperti menjelaskan beberapa kutipan dari buku khususnya dari luar negeri. 

Baca juga: Bagi Mereka yang Dipaksa Hilang dan Tetap Hidup dalam Hati Kami – Resensi Buku Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori 

Selain itu, tokoh khas lainnya yang unik yaitu Suki. Suki anak SD keturunan Jepang ini sangat dewasa sekali. Pendalamannya sangat kental kebijaksanaan budaya Jepang, termasuk tingkat kemonceran otaknya yang luar biasa. Tidak seperti anak pada usianya, Suki sudah mengalami berbagai hal di kehidupannya sehingga bisa seperti sekarang ini. Ia tidak bersama orang tuanya dan tinggal bersama kakaknya.

Karakteristik yang muncul dalam diri Suki juga cenderung seperti orang dewasa. Ia mengutarakan pikiran dan pendapatnya terkait suatu hal dengan cukup rumit dan kompleks. Setidaknya ketika menjelaskan asal muasal keterkaitan antara Pak Meneer dengan Emina, atau latar Suki bisa kenal dengan Abel. 

“ . . . semua yang tinggal di Ibu Kota dan sudah belajar untuk bersikap skeptis dan always keep their guards up: they always keep their guards up. Semua yang aneh itu mengancam. Orang yang baru itu harus dikarantina sebelum diizinkan masuk. Semakin tinggi pagar, semakin baik” – 

Nissa – Jakarta Sebelum Pagi

Tokoh lainnya yaitu Abel. Abel memiliki panic attack karena fobia suara dan sentuhan. Latar belakangnya karena korban perang di daerah asalnya dahulu. Sejatinya Ia merupakan tokoh yang sangat pendiam tetapi ketika berinteraksi dengan Emina jalan ceritanya menjadi lebih menarik. 

Secara keseluruhan buku ini mengkisahkan romansa antara Pak Meneer dengan sahabatnya, Emina dan Abel serta selingan kisah hidup Abel, Suki dan beberapa keseharian Emina bersama Para Jompo. Ceritanya sangat ringan dan mudah saya pahami ketimbang ketika baca Semua Ikan di Langit – Mungkin otakku saja yang pas-pasan haha. 

Kekurangan buku ini mungkin tidak ada serial lanjutannya atau kisah yang mendahuluinya hehe. Sangat mengalir sekali untuk kelas novel romans dengan karakter tokoh yang sangat unik.  

Setelah membaca buku ini saya jadi tergugah untuk terus meningkatkan literasi terutama termotivasi oleh Emina maupun pak Meneer. Selain itu juga, kemampuan Suki yang menjadi bijak dan penuh pemikiran semenjak masih kecil membuatku terus ingin menjadi diri yang lebih baik lagi.

Link Download dan Baca Buku Jakarta Sebelum Pagi Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 

Bagi kamu yang ingin mengunduh buku Jakarta Sebelum Pagi PDF, kamu bisa membaca buku ini di aplikasi online resmi seperti [Ipusnas]. Kalau kamu ingin membaca buku ini secara online dan tidak mau antri, saat artikel ini terbit sayangnya kamu tidak bisa membeli maupun membaca bukunya di Google Play Book atau Gramedia Digital. 

Bahkan mungkin bagi kamu yang kurang suka membaca buku online atau versi elektronik, kamu juga tidak bisa membeli buku ini yang baru karena sudah tidak produksi kembali. Mungkin bagi kamu yang beruntung bisa membeli buku ini dengan kondisi preloved atau meminjam ke perpustakaan terdekat kamu apabila ada. Yuk biasakan membeli buku resminya, meskipun itu bekas. Kamu juga bisa membaca buku gratis dari kanal resmi atau perpustakaan yang ada di sekitarmu. Tujuannya tentu untuk membantu penulis, penerbit, penjual buku dan pihak lain yang terlibat supaya tetap produktif dan tersenyum bahagia. Yuk stop membeli buku bajakan! 

Buku Lainnya Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 

  • Fantasteen: Lucid Dream (2013) 
  • Di Tanah Lada (2015) 
  • White Wedding (2016) 
  • San Francisco (2016) 
  • Air Mata Bulan: Malapetaka Dimulai (2016) 
  • Semua Ikan di Langit (2017) 

Daftar Pustaka 

Penutup 

Oke untuk artikel resensi buku Jakarta Sebelum Pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie cukup sampai di sini saja. Semoga memberikan gambaran bagi kamu yang belum membaca atau sekadar ingin bernostalgia dengan buku ini. Jangan lupa bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain siapa tahu jadi terinspirasi buat baca buku ini. Terima kasih 

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut ini: aripviker@gmail.com 

Kata kunci: Resensi buku Jakarta sebelum pagi karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, review buku Jakarta sebelum pagi, analisis buku Jakarta sebelum pagi, download buku Jakarta sebelum pagi, baca buku Jakarta sebelum pagi pdf. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: