Pengalaman Seleksi Daring Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada Tahun 2022

oleh | 6 Jul 2022 | Study dan Scholarship

Pengalaman Seleksi Daring Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada Tahun 2022

Setelah pengumuman substansi LPDP bulan Desember 2021, memang perasaan berbunga-bunga layaknya musim semi. Tapi perjuangan ternyata belum cukup sampai di sana. Masih perlu mencari Letter of Acceptence (LoA) yang unconditional dari kampus tujuan. Karena dulu daftar LPDP tanpa LoA jadinya kudu cari LoA. jadinya saya ikut seleksi magister psikologi UGM.

Memang penting ya? Ya kalau mau kuliah silakan dicari, tapi kalau tidak mari berdiam diri haha.

Pencarian LoA seberapa cepat realisasinya tergantung kamu daftar kampus. Intinya LPDP ngasih waktu 18 bulan (bisa pastikan lagi di booklet) semenjak lulus substansi. Kalau teman-teman yang mendaftar dari jalur afirmasi dan ikut program pengayaan bahasa, awal perhitungannya dari selesai program tersebut.

Ini bisa dipastikan lagi di booklet calon penerima beasiswa (CPB) ya. Di sana banyak keterangan yang jelasin bagaimana setelah lulus LPDP. Terkait LPDP mungkin saya akan bahas di tulisan lain sepertinya.

Oke balik lagi ke seleksi magister psikologi ugm, nantinya akan disingkat jadi mapsi. Seleksi mapsi UGM ini cukup menarik bagi saya, karena seluruh prosesnya kamu lakukan dari rumah saja. Ini tentu jadi keuntungan dong biar ga keluar biaya ke Jogja haha.

Baca juga: Kisi-kisi dan Pengalaman Mengikuti test Paps UGM Daring atau Online 2022

Cerita seleksi mapsi ini bagi saya khususnya tentu tidak lengkap tanpa melewati masa overthinking dulu haha. Sebagai lulusan psikologi, banyak sekali yang tanya kenapa ga ngambil psikologi profesi saja? Kamu kan lulusan psikologi, lumayan bisa ngambil profesi. Habis itu setelah lulus lebih banyak peluang cuan nya dari profesi ketimbang keilmuan. Kira-kira pertanyaan dan pernyataan setiap orang begitu. Sialnya, diri sendiri juga mengiyakan dan mempertanyakan hal itu. Parah sekali memang.

Singkat cerita, Fakultas Psikologi UGM ngadain bincang asyik secara virtual. Lazimnya pembukaan pendaftaran apa pun, mereka berusaha mengenalkan kepada calon pendaftar bagaimana sih kuliah pasca sarjana di UGM khususnya psikologi.

Serius deh, ini ngebantu banget buat teman-teman yang ingin lebih paham mengenai magister psikologi, termasuk magister profesi. Kamu bisa ikutan kegiatan sosialisasi mereka. Ya setidaknya bisa mengurangi beban overthinking mu atau malah menambah beban pikiran, bisa dipilih saja haha. Bagi saya pribadi tentunya mencerahkan. Untuk yang tahun ini bisa dilihat di kanal sini ya [Bincang Asyik Mapsi dan Mapro UGM].

Pendaftaran Magister Psikologi UGM

Sebagai informasi, pendaftaran mapsi ini mereka biasa mengadakan dua kali dalam satu tahun. Penerimaan untuk perkuliahan di semester Gasal/Ganjil biasanya dibuka bulan Mei-Juni. Kemudian untuk perkuliahan di semester Genap akan dibuka bulan November-Desember. Kamu bisa pantengin website mereka. Khusus mapsi awas jangan ketuker. Website mapsi ada di Pasca Psikologi UGM. Kalau yang Magister Psikologi itu untuk Magister Profesi Psikologi ya. Informasinya akan berbeda nantinya.

Untuk syarat pendaftaran rekan bisa melihat di website mereka saja. Ada beberapa catatan untuk pasca psikologi, kamu harus mengirimkan berkas tambahan ke email pasca. Berkas utama tentu kamu harus daftar di website UM.UGM.AC.ID, nah habis itu bisa dilihat di website mapsi syaratnya.

Proses pendaftaran mapsi UGM daftarnya doang memang sederhana. Tinggal buat akun, terus lengkapi borang termasuk dokumen, minta rekomendasi dosen dan bayar. Untuk rekomendasi dosen disarankan menggunakan email pribadi ya bukan email intitusi (kayak aaa@uinjkt.ac.id). Sementara biaya pendaftaran mengikuti seleksi mapsi, kamu wajib bayar Rp. 500.000. Kalau sudah semuanya, jangan lupa kunci data ya.

Oh iya, biasanya banyak sekali ini yang ditanyakan khususnya kamu yang lolos LPDP. Kamu bisa pilih jalur kerja sama program reguler. Artinya program reguler itu kamu mendaftar kelas reguler, bukan kelas karyawan. Sementara jalur kerja sama, artinya kamu sudah dinyatakan lulus substansi ya. Ini bisa dibuktikan dengan membuat surat pernyataan.

Setelah kamu mendaftar, pastikan nomor hp yang kamu cantumkan aktif dan nomor whatsapp jangan dulu diganti deh. Meski kamu buronan, mohon tetap pakai dulu yang itu. Karena nanti kalau sudah H-7 atau mendekati tes tulis dan wawancara, kamu akan diundang ke grup whatsapp oleh panitia. Jadi, tolong ya ini mah.

Tes kemarin untuk UGM serentak di tanggal 22 – 24 Juni 2022. Ga tahu kalau misalnya nanti, tanya saja coba.

Tes Interview atau Wawancara

Lah kok langsung interview? Ya mana saya tahu kok tanya saya~. Memang seleksi mapsi semester gasal kemarin setelah daftar administrasi, kita dites interview terlebih dahulu.

Setelah bergabung di whatsapp, lahir lah perkumpulan orang yang akan ikut seleksi mapsi dan program matrikulasi. Kok ada matrikulasi? Itu bagi mereka yang lulusan non psikologi juga dites masuk matrikulasi ya. Sabar~.

Total peserta seleksi mapsi kemarin kurang lebih 42 orang ditambah 20 orang lebih yang daftar matrikulasi. Denger-denger dari desas-desus bincang asyik kuota untuk tiap semester itu 40 orang. Itu juga kalau diterima semua, katanya sih mereka bahkan pernah hanya nerima 20-30 orang saja meski pelamar membludak. Kenapa? Ya mana saya tahu kok tanya saya~ haha.

Untuk tes interview sendiri, kemarin menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Sebelumnya, kita diberikan informasi jadwal wawancara di grup tadi ya. Ada informasi waktu, kelompok serta link yang akan digunakan nantinya. Proses dari seleksi wawancara sangat singkat, hanya 20 menit saja. Kalau pun melar paling tidak lebih dari 30 menit. Interviewer terdiri dari dua orang, dosen perempuan dan dosen laki-laki.

Beberapa pertanyaan yang saya ingat tentu cukup general ya mengingat waktu yang mepet. Pertanyaan seperti Perkenalkan diri secara singkat, Asal kampus, Kenapa tertarik dengan mapsi UGM, Kenapa Harus S2, Topik riset apa yang akan diangkat, biaya kuliah siapa yang nanggung dll.

Karena interviewer saya cukup hangat dan tidak mengintimidasi, beliau lebih ke intermezo menceritakan dosen saya pak Jahja Umar. Jadinya, banyak becandanya dan memang tidak seperti interview pada umumnya. Cair dan penuh tawa hehe. Ini seriusan ya. Tapi memang setiap orang pasti berbeda-beda, tapi tetap satu tujuan hehe. Bahkan ditanya kecebong dan kampret, karena topik riset saya toleransi beragama hahaha. Ini bercanda sih di sana biar cair saja kemungkinan.

Tes Tulis atau Substansi Akademik Psikologi

Setelah tes wawancara hari berikutnya, tanggal 23 Juni 2022 saya mengikuti tes tulis substansi psikologi. Berbarengan dengan panduan tes interview, kamu akan diberikan panduan juga untuk tes tulis ini. Tes tulis ini menggunakan portal web yang namanya eLOK UGM. Semacam kanal pembelajaran mirip Coursera atau Udemy dll. Kamu harus membuat akun di sana dan ikuti saja panduan dari berkas yang dikirimkan ya. Tentu juga, pastikan kamu mencoba simulasinya ya biar tak kaget pas hari H.

Tes tulis ini dimulai jam 07.15 WIB dengan verifikasi data terlebih dahulu. Jangan pernah terlambat, karena bisa saja didiskualifikasi nantinya. Tes ini akan berakhir jam 11.00 WIB. Mulainya sih jam 08.00 WIB ya tapi kamu harus hadir jam yang sudah ditentukan. Tak perlu menginstal aplikasi apa pun, kecuali kembali siapkan Zoom Meeting dan browser yang bisa akses website eLOK tadi.

Mereka akan ngasih token untuk simulasi sebelum hari tes dan token untuk tes di hari tes berlangsung ya.

Materi yang dites dalam tes tulis ini sebenarnya materi dasar psikologi mulai dari Psikologi Umum atau Dasar, Biopsikologi, PIO, Kepribadian, Metodologi Penelitian, Sosial, Perkembangan, Pendidikan dan Abnormal atau Patologi. Kurang lebih seperti itu. Ini materi dasar tidak jauh dari ini. Kamu wajib hatam intinya buku psikologi umum. Itu cukup buat ngisi soal sebanyak 60 butir tes tulis selama 90 menit.

Materi yang saya ingat sih Milgram, Gangguan apa, area di otak, metode penelitian eksperimen dan quasi, teori perkembangan lansia, Urie bronfenbrenner, organisasi, aliran psikologi dll. Tentu soal bakal berbeda ya, tapi seputaran itu.

Tidak cukup sampai di situ, ada tahap II yaitu tes menulis. Tes menulis bener-bener kamu harus mengomentari sebuah pernyataan. Tenang saja, yang diinginkan lebih ke bagaimana kamu membuat sebuah artikel essay yang logis. Argumen kamu itu seperti apa, apakah bisa dijelaskan dengan alasan yang logis atau bukan. Kemudian cara kamu mengejawantahkan argumen seperti apa. Kurang lebih minimal 300-500 kata kalau ga salah ya. Saya juga dua sampai tiga paragraf deh.

Satu soal lagi di tahap 2 yaitu kamu membaca artikel berbahasa Inggris, tepatnya paragraf sih, untuk dilakukan parafrase. Intinya mengutip kembali artikel tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Begitu sih, persiapkan saja. Tidak sulit kok sama saja kayak buat argumen terus kutip bacaan tersebut.

Pasca Tes

Sudah tinggal menunggu hasil wkwkk.

pengalaman seleksi magister psikologi ugm. Seleksi mapsi ugm. Seleksi daring mapsi ugm. mapsi ugm. cerita tes mapsi ugm.
Arif Keisuke – LoA Mapsi

Saya yakin rekan-rekan yang berniat mendaftar mapsi tentu punya tujuan dan perencanaan yang matang. Untuk itu, saya percaya pada rekan semua bakal bisa lolos di seleksi ini. Percaya deh, kalau teman-teman mempersiapkan diri dengan baik, hasilnya tidak akan mengecewakan. Susah dan capek? Iya pasti, tapi kebahagiaan akan kamu tuai nantinya.

Bobot nilai yang diperlukan untuk lulus tentu saya pribadi tidak mengetahuinya. Namun mereka bilang tidak hanya di tes interview dan tes tulis saja, di administrasi juga dipertimbangkan. Saya percaya diri lolos meski kemampuan saya pas-pasan, karena diberikan kesempatan untuk menerbitkan 3 artikel penelitian. Dua di sinta 2 dan satu lagi di sinta 4. Ini memang remeh, tapi bagi kamu yang bertujuan menjadi peneliti atau dosen, tentu ini sangat berarti.

Selain itu, dimaksimalkan juga di tes bahasa Inggris serta Paps ya karena kurang lebih ini juga akan dipertimbangkan. Tutur dari panitia seleksi di Bincang Asyik tempo lalu.

Semangat. Kalau kata kak Budi Waluyo Let’s break the limits.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut ini: arifbudimanalfariz@gmail.com

Kata kunci: pengalaman seleksi magister psikologi ugm. Seleksi mapsi ugm. Seleksi daring mapsi ugm. mapsi ugm. cerita tes mapsi ugm.

5 Komentar

  1. Olyn Silvania

    Arif, thankyou for sharing this. Relate juga dengan pengalamanku

    Balas
  2. okta

    Halo, Kak. Hari dan jam perkuliahan Mapsi UGM seperti apa ya, Kak? Apakah memungkinkan untuk bekerja?

    Balas
    • Arif B Al F

      Halo kak. Untuk kuliah reguler ya kak dari hari senin sampai kamis mulai dari jam 07.30-16.30 WIB sesuai jadwal mata kuliahnya. Untuk bekerja menurut pengalaman temen saya masih bisa asal sistem kerjanya remote dan fleksibel

      Balas
    • Dila

      Halo kak Arif makasih informasi dari tulisannya sangat membantu. Saya jg ada rencana mau daftar Mapsi UGM bulan Ini tgl 17-18 Juli ini akan ada seleksi. Apakah boleh kak saya bertanya-tanya perihal tes? Atas responnya saya ucapkan Terima kasih.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *