Kisah Seorang Guru yang Memiliki Idealisme dari Jepang. Resensi Buku “Botchan”.

Assalamu’alaikum. Selamat Pagi.

Sesuai dengan yang postingan sebelumnya yaitu resensi buku tentang Pendidikan, yaitu Totto-chan. Kali ini tema bukunya juga tidak jauh dari pendidikan. Jika pada toto-chan ketika dibawa oleh kuroyanagi-san dalam sudut pandang seorang siswa, kali ini Natsume Soseki memberi sudut pandangan dari seorang guru.

[Google Adsense]

Yang menarik dari buku ini adalah pernah menjadi bacaan wajib bagi para siswa, dan buku ini mungkin paling laris jadi bahan bacaan pada Jepang Modern. Buku ini memiliki latar ketika awal imperialism Jepang atau sekitaran 1800an akhir atau ketika Jepang berhasrat menguasai seluruh Asia Pasifik. Sehingga ciri khas dari buku ini adalah ada pandangan perang antara Jepang dengan lawan-lawannya.

Informasi Buku

botchan by goodreads

Judul Buku     : Botchan

Penulis        : Natsume Soseki

Penerjemah     : Indah Santi Pratidina (Indonesia)

Genre         : Pendidikan; Fiksi

Bahasa     : Jepang (Asli)

Penerbit     : Tahun 1906 Originally Published; Gramedia, 2009 in Indonesia.

ISBN         : 979-22-4417-4

 

 

 

 

 

Biografi Penulis

Natsume Soseki by Library Tohoku University

Natsume Soseki lahir pada tanggal 9 Februari 1867 dengan naman Natsume Kinnosuke di Edo, Tokugawa Shogunate. Natsume Soseki kuliah di Tokyo Imperial University jurusan Sastra Inggris, kemudian ia menjadi guru di sekolah pedalaman Pulau Shikoku, setahun setelahnya pindah ke Kyushu dan mengajar di SMA. Kemudian di tahun 1900 ia mendapatkan beasiswa ke Inggris dan menetap hingga 1903. Disana ia menderita gugup yang menyulitkan hidupnya. Kemudian pada tahun 1905 soseki menerbitkan karyanya yang pertama dengan judul Wagahai wa Neko de Aru (I am a Cat). Kemudian setelah itu Soseki banyak membuat karya di antaranya London To, Botchan.

Soseki di tahun 1901 menderita penyakit lemah saraf dan sakit lambung, dan akhirnya tahun 1916 wafat di Tokyo, Kekaisaran Jepang.

 

Ulasan Buku

Buku ini dituturkan dengan apik oleh Soseki, dimana seorang tokoh yang bernama Botchan lahir dari Edo. Diceritakan ketika masa kecil Botchan yang berada di Edo sampai dia harus memutuskan antara kuliah atau bekerja sesaat orang tua nya tiada.

[Google Adsense]

Cerita berlanjut saat Botchan menjadi seorang guru dan dikirim ke daerah pedalaman di suatu tempat di Shikoku. Ini serupa dengan kisah perjalanan Soseki yang pernah mengajar di Shikoku.

Soseki menyajikan tokoh Botchan dengan lugas dan langsung. Botchan yang memiliki sikap dan sifat keras kepala namun menjunjung keadilan terkadang susah bergaul dengan lingkungannya. Meskipun begitu Botchan sering berkata apa adanya.

Kekurangan dalam buku ini yaitu dalam terjemahan Bahasa Indonesia banyak padanan kata yang kurang tepat, sehingga harus dipahami lebih lama.

Link Download

Download Botchan (English Version) : [Google Drive]

Untuk yang versi Bahasa Indoensia bias langsung membeli ke Gramedia ataupun secara online di toko favorite anda, terima kasih.

Karya Lain dari Natsume Soseki

[google Adsense]

Tahun 1905    : Wagahai wa Neko de Aru, Rondon To, Kario-ko

Tahun 1906     : Botchan, Kusama kura, Shumi no Iden, Nihyaku-toka.

Tahun 1907     : Nowaki, Gubijinso

Tahun 1908     : Kofu, Yume Juu-ya, Sanshiro.

Tahun 1909     : Sorekara

Tahun 1910     : Mon, Omoidasu Koto Nado, Eijitsu Shohin

Tahun 1912    : Higan Sugi Made, Kojin

Tahun 1914    : Kokoro, Watakushi no Kojin Shugi

Tahun 1915    : Michikusa, Garasu Do no Uchi

Tahun 1916     : Meian

Sumber : (Wikipedia)

Sumber

Wikipedia/English/Natsume Soseki

Botchan: A Modern Classic.

Kyoto by Pinterest

Oke untuk kali ini hanya sampai disini saja. Saya hanya bisa menjelaskan secara singkat, soalnya sudah lama saya membaca buku ini dan sedikit lupa hhee. Tapi yang pasti buku ini konon menjadi bacaan wajib warga Jepang ketika masa sekolah. Dan bagi kawan-kawan yang ingin merasakan suasana Jepang pada masa Tokugawa atau era Meiji bisa langsung membaca novel ini. Di atas hanya ada link download Inggris, karena yang Indonesia saya hanya memiliki versi cetaknya.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di blog ini, kamu bias mengirimkan itu ke : aripviker@gmail.com

Facebook Comments

arifkeisuke

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: