Buat Kamu Pembelajar Bahasa Otodidak, Daftar Situs Belajar Bahasa Asing Gratis Bisa Jadi Rujukan

oleh | 12 Des 2017 | Opini

Yosh, Assalamu’alaikum.

Pendahuluan

Waduh udah lama sekali rencana dengan realisasi posting artikel ini, memang ya menunda-nunda itu ga akan habis dan selesai apalagi kalau self-regulation nya rendah hehe. Sebenernya sudah lama saya pengen posting ini sejak artikel Daftar Situs Belajar Online Secara Gratis. Weleh malah curcol wkwk.

Oke, zaman now ini banyak sekali situs-situs bermanfaat yang dapat meningkatkan kualitas diri. Tinggal kita bagaimana mengaktualisasikannya dan ga males gitu aja hehe, terkadang saya juga males wkwk :D. Situs bermanfaat yang banyak nyediain informasi studi, beasiswa, belajar bahasa dsb. Termasuk artikel ini juga informasi wkwk. Tapi yang bagus itu yang menyediakan pelatihan bahasa, bahkan mereka menyediakan tutor yang bersertifikasi internasional loh, dan tentunya gratis hhee.

Saya boleh menerka, mengapa kalian ingin memperdalam bahasa ?. Jawabannya tergantung status orangnya. Jika dia Mahasiswa ongoing tujuannya untuk bisa melamar si dia , beasiswa Sarjana/Master/Doctoral ke Luar Negeri. Hayoo ngaku, karena saya juga begitu wkwk. Kalau yang udah fresh graduated pasti untuk menambah skill dalam meningkatkan kapasitas diri dalam bekerja hehe. Kalau yang terakhir ini yang punya motivasi internal, yaitu belajar bahasa karena suka, udah gitu aja. Saya mengutip tulisan bagus dalam mempelajari bahasa asing dengan empat prinsip ini.

Gambar 1 Dunia itu luas dan beragam. Source : Google

Daftar Tempat Belajar Bahasa Asing Gratis

Buat kamu yang terbiasa menggunakan smartphone, Duolingo bisa jadi aplikasi pilihan belajar bahasa asing kamu

Coba duolingo pasti seru. Source: Google.com

Duolingo merupakan platfrom yang berbasis aplikasi android untuk belajar bahasa. Dalam Duolingo kita diajak seperti bermain sebuah game loh. Menariknya, jika kita tidak bermain game tersebut sehari, kita akan dikasih notifikasi lewat internet loh. Dan kayak ada coach gitu untuk mempertahankan kekonsistenan kita dalam belajar bahasa.

Bahasa yang dipelajari beragam loh, mulai dari Inggris, Jepang, Yunani, German, Turki, dan masih banyak lagi. Namun, untuk penutur bahasa Indonesia baru ada untuk English, untuk belajar bahasa asing yang beragam bisa diseting dengan penutur bahasa Inggris. So kita sekaligus belajar dua bahasa kalau begitu.

Belajar disini mengasah dasar bahasanya memang, tapi ini bagus karena untuk percakapan sehari-hari boleh menjadi rujukan. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi persiapan tes juga untuk tingkatan dasar juga loh, Ganbare.

P.S. Aplikasinya bisa didownload di Playstore atau di APKpure

Masih dalam android, bagi yang suka Jepang bisa download aplikasi Kanji Study

Kanji study buat belajar kanji. Source: google.com

Belajar Bahasa Jepang tanpa kanji sama saja dengan makan tanpa nasi bagi orang Indonesia. Memang menjadi sebuah kewajiban mempelajari Kanji bagi pelajar bahasa Jepang, karena orang Jepang pake kanji. Memang tidak bisa dipungkiri kanji yang harus dihafal sangat banyak, tapi jika dirasa kita punya motivasi secara internal, mempelajari kanji pun serasa makan nasi bersama lauk favorit.

Di sini kita bisa belajar mulai dari kanji N5 dan bagimana kanji itu terbentuk, ini dinamakan radikalnya. Dengan begitu ketika kita lupa, kita bisa membayangkan dari dasar apa saja kanji tersebut terbentuk, mudah bukan ?. Sok di download di playstore atau relevan dengan Hp antum.

Untuk yang ingin membiasakan diri mendengar bahasa Inggris Amerika dan TOEFL bisa download BBC Learning English

Download BBC untuk latihan listening/ Spurce: Google.com

Banyak dari kamu mungkin tahu tentang aplikasi ini, tapi yang belum tahu sok download. Banyak ungkapan – ungkapan seperti idiom dan ucapan yang bermanfaat bagi konversesion sehari-hari. Modul belajarnya kayak radio gitu, tapi mereka membacakan atau bicara dalam bahasa Inggris gitu.

Bagi yang belum bisa menangkap apa yang dibicarakan jangan khawatir, disana terdapat teks nya secara terpisah kok. Untuk itu bagus, buat kamu yang ingin belajar atau mempersiapkan tes bahasa Inggris dengan membiasakan dengerin percakapan native bahasa Inggris secara langsung.

Untuk download bisa didapat di playstrore

Kalau masalah kursus bahasa Inggris yang didampingi oleh dosen universitas berkelas dunia, bisa mengunjungi Coursera seperti UCLA dsb

Tempat belajar gratis/ Source: Google.com

Dalam postingan sebelumnya coursera sudah saya bahas, namun kali ini khusus dengan program bahasanya. Program yang disponsori oleh universitas – universitas beken di dunia ini sudah cukup populer, bahkan jika kamu ingin mendapatkan sertifikat bukti mengikuti dan lulus kursus tersebut di sini tersedia loh. Kapan lagi kita belajar dengan profesor atau dosen dari universitas top dunia ? Engga salah untuk mencoba sebelum nanti merasakan kelas offline nya di ruangan bertatap muka, bertemu dahulu lewat internet.

Sistem belajarnya seperti program kursus lainnya, untuk didampingi tutor ada jadwalnya tiap tahun. Tapi kursus itu tetap dibuka untuk otodidak manteman. Langsung saja daftar dan ambil kursusnya disini

Situs yang menawarkan beragam bahasa asing EdX juaranya, Salah satunya persiapan TOEFL iBt dengan expert loh

Coba kamu kunjungi edX. Source: Google.com

Platform yang satu ini sudah banyak digandrungi oleh para pelajar loh, selain gratis kontennya banyak yang berkualitas pula. Bahkan dalam kursus bahasa Inggris, mereka tidak segan mendatangkan para ahli yang konsen di bidangnya. Contohnya ahli dalam bidang writing TOEFL, Reading TOEFL dsb. Untuk program bahasa Jepang juga ada, dimana diprakarsai oleh Waseda University. Tahukan Universitas itu bagi yang bercita-cita ke Jepang ? hehe :D. Selain itu banyak menawarkan juga bahasa Cina, Korea, Belanda loh. So check it out disini

Babbel memang berbayar, tapi di sana ada juga yang gratisnya juga

Coba deh kunjungi dulu. Source: google.com

Belajar bahasa dunia yang cukup banyak penuturnya bisa mengunjungi babbel. Ada juga belajar bahasa Indonesia disana loh. Untuk mengikuti pelajarannya kita harus daftar dulu menjadi membernya babbel.

Sementara untuk proses belajarnya hampir sama seperti duolingo dan 50 language di bawah ini. Dan basisnya bisa dikunjungi di websitenya disini

Belajar dengan audio dan gambar? 50 language bisa kamu manfaatkan

50 Language. Source: Google.com

Bagi kamu yang ingin nambah kosakata dan beberapa kalimat dalam bahasa asing boleh nongol disini. 50 Language punya beragam pelajaran bahasa loh. Untuk mengakses ke semuanya itu bisa kalian akses di laman websitenya disini. Namun, ada juga aplikasi yang kompatible dengan handphone agan sekarang, canggih kan ?. Proses belajarnya hampir kayak duolingo, kita menebak dan merangkai kalimat gitu. Hayu kapan lagi kita bisa belajar 50 bahasa secara gratis, tinggal kita konsisten aja dalam belajar pasti bisa. Namun jangan lupa juga berdo’a ya.

Di Indonesia, kursus bahasa Inggris dan persiapan TOEFL gratis, website Kak Budi solusinya

Schoolingme tempat belajar bahasa Inggris gratis. source: Google.com

Dari tadi kita menjelajah website dan aplikasi yang berbasis orang luar, maka kali ini kita pulang ke negeri tercinta. Di Indonesia juga ada yang menyediakan kursus gratis terutama program bahasa Inggris dan persiapan TOEFL loh. Barang kali dari kamu yang sudah tahu dengan Kak Budi Waluyo, nah beliau yang jadi Founder dari Sekolah TOEFL ini.

Disana kita harus konsisten mengikuti kelas tersebut. Prosesnya kita dikasih tugas dan diberi materi penjelasan serta nanti ada pertemuan online untuk membahas soal yang telah diberikan. Dan ada juga QOTD loh untuk murojaahmateri kita yang sudah-sudah. Dan satu lagi, disana ada tips – tips dan informasi tentang kuliah ke luar negeri loh, ada beasiswa juga. Oke segera daftar mumpung masih gratis disini, kalau engga kapan lagi ?.

Materi belajar bahasa Jepang dalam bentuk artikel, kunjungi belajar bahasa Jepang bersama

Website BBJB. source: Google.com

Bagi kamu yang ingin langsung belajar bahasa secara fragmatis sebagai mahasiswa, bisa mengunjungi website yang disediakan oleh salah satu penyiar miliki Jepang. Meskipun begitu, pengantar bahasa nya oleh orang Indonesia untuk orang Indonesia. Disana juga bisa download modulnya dalam bentuk pdf loh, dan juga di samping itu kita bisa download audio dari setiap pelajarannya. Jadi di sini juga kita bisa langsung mengenal budaya Jepang nya loh. Kalau dalam materi yang Kuon latar bisnis, ada pojok jotatsu no kotsu yaitu pojok pengenalan budaya Jepang. Jadi langsung saja kesini.

Penutup

Untuk belajar bahasa memang diperlukan tekad yang kuat dalam belajarnya, apalagi secara otodidak. Namun, disamping keruwetan itu, kita dituntut dan akan menjadi pribadi yang mandiri serta bisa melatih regulasi diri kita menjadi lebih baik. Terlebih bagi kamu yang belajar bahasa dengan tujuan mendapatkan beasiswa ke luar negeri, harus ekstra belajarnya karena para pesaing di luar sana mungkin berjuang sangat keras. So Persiapkan diri kita sebaik mungkin dengan memiliki bahasa asing yang beragam. Menurut penelitian, orang yang memiliki atau memahami lebih banyak bahasa asing atau bukan bahasa Ibunya akan lebih lama terserang penyakit demensia atau skizofrenia gitu.

Oke teman – teman untuk kali ini dicukupkan sampai disini, semoga apa yang kita harapkan bisa tergapai dan mendapat yang terbaik. Tentunya untuk mendapatkan itu semua, perlu effort atau usaha yang setimpal untuk meraih hal tersebut. But don’t worry and afraid to try to learn it, because all of it have many benefits for us, it just we cannot be aware to them. Ganbatte kudasai.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Belajar Bahasa Jepang Secara Praktis ? Baca Buku Ohayou Gozaimasu – Arif Keisuke - […] temen-temen yang lebih suka belajar dengan gaya online bisa baca artikel saya sebelumnya yaitu [Situs Belajar Bahasa Secara Online…
  2. Tempat Nongkrong Berkuaitas. Daftar Tempat Baca dan Download E-book Gratis. – Arif Keisuke - […] sesuatu secara gratis, bias nongkrong ke sini : Daftar situs belajar online secara gratis dan Situs belajar bahasa asing…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *