Pendahuluan

Kali ini Arif Keisuke akan membahas artikel tentang resensi buku filosofi teras karya Henry Manampiring. Buku ini tentunya tidak akan membahas bagaimana asal-usul sebuah teras rumah ya, salah sama sekali. Buku filosofi teras memberikan panduan bagi kamu menjadi teras. Percaya ga? Lanjutkan saja.

Baca juga: Memahami Cara Berpikir dan Mengambil Keputusan dalam Otak – Resensi Buku Thinking Fast and Slow

Untuk menjadi teras (stoic;bahasa apapun itu) kamu akan diberikan beberapa tips dalam buku filosofi teras ini. Tujuannya untuk menurunkan emosi dan pikiran negatif kamu. So, bagi yang sering baper keblinger ga karuan dan suka tawuran (pemikiran dan kecemasan), mending disimak aja deh.

Oke, kalau kamu tertarik sedikit, medium atau juga severe bisa meneruskan dulu baca artikel Melatih Untuk Mengurngi Emosi dan Pikiran Negatif Secara Praktis – Resensi Buku Filosofi Teras, karya Henry Manampiring ini.

Melatih Untuk Mengurngi Emosi dan Pikiran Negatif Secara Praktis – Resensi Buku Filosofi Teras

Informasi Buku

baca filosofi teras gratis, resensi filosofi teras, download filosofi teras, resume filosofi teras
Ini kira-kira tampilan depan filosofi teras

Judul Buku : Filosofi Teras; Filsafat Yunani-Romawi Kuno Untuk Mental Tangguh Masa Kini

Penulis : Henry Manampiring

Genre : Pengembangan Diri; Motivasi

Bahasa : Indonesia

Penerbit : Kompas Media Nusantara

Tahun : 2018

Halaman : 312

ISBN : 978-602-412-518-9

Biografi Penulis

baca filosofi teras gratis, resensi filosofi teras, download filosofi teras, resume filosofi teras
Nih penulis bukunya, Om Piring. Source: Goodreads.com

Henry Manampiring merupkan seorang praktisi periklanan dan sudah menggelutinya selama kurang lebih 20 tahun. Pendidikan yang ditempuhnya mulai dari Sarjana Ekonomi Akuntansi Universitas Padjadjaran (S1). Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di program Master of Business Administration di Melbourne Business School, University of Melbourne.

Baca juga: Resensi Buku “Dunia Sophie”

Ia dikenal sebagai sesosok penulis asal Indonesia. Karya yang dihasilkan dari keaktifan menulisnya lumayan banyak. Seperti buku pertamanya yaitu Cinta (Tidak Harus) Mati pada tahun 2012 berhasil Ia terbitkan. Selain aktif dalam penulisan buku, beliau nyambi juga aktif di blog pribadi, yang biasa dikenal dengan the legend of phoenix. Kektifannya dalam penulisan baik blog atau buku, Henry Manampiring (dikenal Oom Piring) aktif mencuit di akun twitter “@newsplatter” sehingga dikenal beragam kalangan.

Ulasan Buku dan Petikan Pesannya

baca filosofi teras gratis, resensi filosofi teras, download filosofi teras, resume filosofi teras
Harus selalu positif dong dan reduksi emosi negatif. Source: Pexels.com

Pertama kali mendengar buku ini, pasti dalam pikiran yang akan dibahas yaitu mengenai filsafat ilmu. Namun setelah membaca, ternyata berbeda dengan apa yang dipikirkan. Yuk mari lanjut.

Buku ini menyajikan berupa kiat-kiat bagi kamu yang selalu memiliki emosi negatif, khawatir atau kecemasan, bahasa sekarangnya baperan. Sebagai contohnya yaitu Oom Piring memberikan gambaran bahwa di dunia ini kita harus menyadari bahwa segala suatu hal tidak akan menyesuaikan dengan harapan kamu. (Baca mengapa gagal move on dalam psikologi).

Lebih jelasnya gini, kamu mengharapkan hujan setiap hari, tapi dunia ini tidak akan mengikuti kehendak kamu untuk terus hujan sepanjang hari. Realistisnya, ketika kamu mengharapkan orang lain berbuat baik kepada kamu, mungkin setelah kamu berbuat baik kepadanya, tapi ternyata orang tersebut malah bersikap misal malah mengolok-ngolok kamu. Gimana rasanya? Atau ketika doi salah nyebut nama kamu malah nyebut nama mantannya, Gimana?

Baca juga: Mencari Jawaban Seputar Kehidupan dan Perjalanan Hidup – Resensi Buku Misteri Soliter

Pemilik akun newsplatter ini memberikan tips di dalamnya, bagaimana kamu menghadapi situasi demikian dengan tidak jadi baperan. Contohnya begini, ketika kamu presentasi di medsos dengan materi yang sudah disiapkan jauh-jauh hari dan kamu begitu yakin akan menerima respon positif, namun pendengar malah beropini negatif, bahkan menyerang pribadi kamu. Ketika dalam situasi seperti ini, Oom piring memberikan saran bahwa, apa yang orang lain lakukan, baik pandangan, opini dan perilaku mereka berada di luar kendali kamu. Kamu tidak mungkin mengubah cara pandang mereka sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

baca filosofi teras gratis, resensi filosofi teras, download filosofi teras, resume filosofi teras
Banyak harapan yang bisa dicapai, tapi tetap tenang. Source: Pexels.com

Singkatnya, ada dua hal dalam dunia ini yaitu hal-hal yang berada di luar jangkauan atau kendali diri kamu seperti: kekayaan, kesehatan, reputasi, keadaan dunia, dan opini orang lain. Sementara hal-hal yang berada di dalam kendali kamu yaitu pikiran, opini, persepsi dan tindakan kita sendiri. Ini artinya ketika kamu merasa khawatir, baper atau cemas, itu hanya terjadi dalam alam pikir kamu. Ini terkait dengan bagaimana kamu menilai suatu kejadian.

Baca juga: Belajar Mecintai Saudara Sebangsa Indonesia – Resensi Mencari Sila Kelima Oleh Audrey Yu Jia Hui

Jadi, Oom Piring memberikan saran lewat bukunya untuk memahami filosofi teras dengan berfokus pada hal-hal yang bisa kamu kontrol saja. Kamu bisa memaksimalkan pikiran, opini, persepsi dan usaha diri dengan maksimal dan positif. Hal yang berada di luar kamu seperti hasil sebuah capaian, famor, kekayaan atau perasaan orang lain tidak usah memusingkan hal tersebut. Karena bagaimanapun kamu tidak dapat memaksa supaya sejalan dengan kehendak kamu. Dengan begini, kehidupan kamu tidak akan lebih banyak mengeluarkan perasaan negatif (Baca bahaya stress di sini).

Kelebihan lain buku ini yaitu ditambahkan dengan wawancara dengan beberapa ahli dan milenial. Contohnya ada wawancara dengan psikiater, psikolog klinis, psikolog keluarga, pegiat stoa, yutuber dan aktivis dan lainnya. Ini membuat langsung mengonfirmasi ilmu dalam buku ini pada ahlinya.

Dalam buku ini Oom Piring mampu menuliskannya dengan apik dan praktis sehingga bahasanya mudah dipahami dan dicerna oleh beragam kalangan. So, bagi kamu kiranya sering baperdan merasa khawatir terhadap segala hal, buku ini menawarkan kiat-kita praktis untuk mereduksi dan melawan emosi negatif tersebut. Kamu mau bahagia kan? (Baca kriteria orang sehat mental menurut Psikologi)

Link Download Buku Filosofi Teras

Bagi kamu yang ingin membaca buku filosofi teras, kamu bisa membelinya baik di toko online atau toko terdekat dengan rumah orang, kamu lah. Uang yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp. 80.000-Rp. 100.000.

Baca juga: Makna Sebuah Keluarga dan Hidup dengan Boneka – Resensi Buku The Puppeteer

Namun bagi kamu yang ingin mencari e-book, buku ini belum tersedia di google play book atau juga di aplikasi i-pusnas. Untuk yang gratisnya, saya belum juga mendapatkan informasi lebih. Namun, saya menganjurkan untuk membeli buku aslinya. Ini berguna untuk mendorong dan mengapresiasi orang lain untuk tetap berkarya.

Buku Lain Karya Henry Manampiring

  • The Alpha Gilr`s Guide (2015),
  • 7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget (2014),
  • Cinta (tidak harus) Mati (2012),
  • The Alpha Girl`s Playbook (2016)

Daftar Pustaka

Goodread

Manampiring H., (2018), “Filosofi Teras”, Jakarta: Kompas

Penutup

Masih ada hari esok

Oke untuk artikel Melatih Untuk Mengurngi Emosi dan Pikiran Negatif Secara Praktis – Resensi Buku Filosofi Teras hanya sampai disini saja. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan sebuah gambaran bagi yang ingin membaca buku karya Henry Manampiring. Yuk berpikir positif terus dan mengurangi untuk mempersepsikan suatu kejadian dengan negatif. Be positive!

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang sifatnya membangun blog ini dan mungkin juga ingin mengirimkan artikel atau karyanya untuk dipublikasikan di website ini, kamu bisa mengirimkannya ke alamat e-mail berikut: Aripviker@gmail.com

Kata kunci: Resensi buku filosofi teras, review buku filosofi teras, download buku filosofi teras, baca buku filosofi teras